6 Cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

6 Cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih

6 Cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih

KEPONEWS.COM - 6 Cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih Perawatan wajah memang identik dilakukan kaun wanita. Padahal pria pun juga perlu memperhatikan dan merawat wajah. Bayangkan saja jikalau sudah berpakaian keren dengan kendaraan bagus, namun kondisi w...
Loading...

Perawatan wajah memang identik dilakukan kaun wanita. Padahal pria pun juga perlu memperhatikan dan merawat wajah. Bayangkan saja jikalau sudah berpakaian keren dengan kendaraan bagus, namun kondisi wajah kurang terawat, akan bisa cukup mengganggu bukan?

Namun, merawat wajah pria tentunya berbeda dengan perawatan wajah pada wanita. Jikalau perawatan wajah pada wanita dianggap lebih rumit, beda halnya pada pria yang bisa dibilang simpel.

Hanya membersihkan dan melembapkan saja tidak cukup menjaga kulit wajah pria menjadi sehat dan bersih. Dikarenakan pria mempunyai tekstur wajah tebal dan lebih kasar. Untuk menghindari kulit yang kusam, berjerawat, dan berminyak kamu perlu melakukan perawatan. Dengan penampilan yang cerah, ceria dan menjaga kesehatan tentunya akan menunjang rasa percaya diri dan penampilan keseharianmu.

Cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih sebenarnya bukan hal sulit lho. Kamu tak perlu ribet pergi ke salon dan mengeluarkan kocek yang dalam.

Berikut rangkum dari banyak sekali sumber, Jumat (8/11) beberapa cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih.

1. Rajin CTM.

6 Cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih freepik.com

foto: freepik.com

Seperti halnya wanita, cara merawat wajah pada pria juga perlu rajin CTM (cleaning, toning, dan moisturizing) membersihkan, mengencangkan dan melembapkan. Setelah seharian beraktivitas di luar, terkena polusi kendaraan, asap rokok dan polutan lainnya akan membuat kulit menjadi rusak dan tidak sehat. Selain itu pria cenderung mempunyai kulit lebih berminyak dan lebih tebal dari pada kulit wanita.

Nah, pembersihan sangat penting dilakukan untuk membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit yang mati. Gunakan pembersihan ringan yang membersihkan kulit tanpa memberikan efek kulit menjadi kering. Salah satu yang menyebabkan pria berkomedo merupakan karena malas mencuci muka sebelum tidur. Untuk mengencangkan kulit, kamu bisa memakai air sari mawar. Sedangkan memakai pelembap dapat membantu merawat dan mencegah kulit pecah-pecah, kusam, dan kering.

2. Memakai sunscreen.

6 Cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih freepik.com

foto: freepik.com

Sunscreen atau tabir surya tak hanya digunakan wanita saja. Sunscreen merupakan zat yang digunakan untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Karena sinar ultraviolet pada sinar matahari dapat merusak kesehatan kulit, tak terkecuali pada kulit pria. Cara merawat wajah pria selanjutnya yaitu dengan sunscreen.

Sunscreen juga berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit. Pilihlah sunscreen yang yang mempunyai kandungan SPF (Sun protector factor) tinggi. Caranya yaitu dengan sunscreen 10-15 menit sebelum kamu beraktivitas di luar. Selain pada wajah, juga oleskan pada leher dan area terlinga.

3. Memakai scrub.

6 Cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih freepik.com

foto: freepik.com

Meski pria tidak memakai makeup, namun tetap perlu melakukan ekfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati secara rajin. Karena bila sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan akan menyebabkan infeksi bakteri pada kulit kamu. Setelah melakukan CTM luangkan waktu untuk men-scrub atau menggosok kulit wajah guna menghilangkan kotoran pada pori-pori agar kamu terhindar dari kulit yang pecah-pecah.

Gunakan scrub wajah sekali seminggu agar wajah sehat dan berseri. Butiran-butiran pada scrub wajah yang lembut membantu menghaluskan kulit dan menghilangkan kusam.

Scrup umumnya dibuat untuk banyak sekali jenius kulit dari mormal, kering, dan berminyak. Sebaiknya jangan memakai scrub saat sedang berjerawat karena bisa membuat radang pada jerawat.

4. Jaga kebersihan jenggot.

6 Cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih freepik.com

foto: freepik.com

Sebagian pria cenderung mempunyai dan memelihara jenggot di wajah. Namun jangan sampai kamu menyepelekan kebersihannya. Menurut penelitian jenggot di wajah bisa mempunyai banyak kuman dibandingkan bulu anjing rumahan.

Cara terbaik menjaga kebersihan jengot yaitu dengan mencucinya dengan pembersih wajah. Pastikan setelah mencucinya, kamu keringkan dengan handuk wajah agar tidak lembap. Alangkah baiknya cukur atau gunting secara bersiklus agar kebersihannya tetap terjaga serta mendapatkan penampilan terbaik.

5. Perhatikan area mata dan bibir.

6 Cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih freepik.com

foto: freepik.com

Cara merawat wajah pria agar tetap sehat yaitu menjaga area wajah dan bibir. Biasanya kulit di area mata kekurangan keringat dan kelenjar minyak sehingga menyebabkan kerutan dan garis-garis halus. Sedangkan bibir terkadang juga cokelat dan pecah-pecah. Gunakan pelembap khusus mata dan lip balm untuk mengatasi masalah ini. Kamu bisa melakukan perawatan ini setiap pagi dan sebelum bangun tidur.

6. Mengonsumsi buah dan sayur.

6 Cara merawat wajah pria agar tetap sehat dan bersih freepik.com

foto: freepik.com

Selain perawatan dari luar, kamu juga perlu menutrisi kulit dari dalam, adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur. Banyak sekali nutrisi yang terdapat pada buah dan sayur bisa membuat kulit tetap sehat dan tidak mengurangi tingkat elastisitas. Kalau kamu mengonsumsi buah dan sayur, maka kamu akan terhindar dari keriput dan kulit kering.

Recommended By Editor
Loading...

Comments