6 Cara Ampuh untuk Detoks Racun-Racun di Usus

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

6 Cara Ampuh untuk Detoks Racun-Racun di Usus

6 Cara Ampuh untuk Detoks Racun-Racun di Usus

KEPONEWS.COM - 6 Cara Ampuh untuk Detoks Racun-Racun di Usus USUS manusia punya peran penting dalam proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan. Selain itu, usus juga bertugas untuk mengolah sisa-sisa makanan yang enggak dapat dicerna, hingga menampung fes...

USUS manusia punya peran penting dalam proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan. Selain itu, usus juga bertugas untuk mengolah sisa-sisa makanan yang enggak dapat dicerna, hingga menampung feses untuk kemudian dikeluarkan saat buang air besar.

Nah, saking pentingnya fungsi organ yang satu ini, kamu harus menjaganya agar kinerjanya berjalan dengan optimal. Caranya sederhana kok, bisa melalui konsumsi makanan sehat dan tepat untuk ususmu.

Dan berikut, Okezone mengutip dari rd.com mengenai makanan-makanan yang baik untuk membersihkan usus Kamu, Kamis (25/4/2019).

Rajin Konsumsi Buah Ini Bantu Cegah Diabetes Tipe 2

Pola makan harus diperhatikan

Sama seperti pilihan makanan berdampak pada jantung, otak, dan otot, mereka juga memengaruhi usus Kamu. Agar usus Kamu sehat, Kamu harus memasukkan makanan yang tepat, kata Dr. Valente

Apa yang dilakukan usus besar Kamu?

Meskipun usus kecil Kamu melakukan pengangkatan berat saat mencerna makanan, fungsi usus besar ialah untuk menyedot semua kelembaban dari makanan itu, kata Michael A. Valente, DO, spesialis bedah kolorektal di Cleveland Clinic.

"Usus besar Kamu menarik air kembali ke sistem Kamu untuk menghidrasi Kamu," tambahnya.

Dan, itu juga menyimpan dan membantu menghilangkan limbah alasan yang bagus untuk mencari makanan ini untuk membersihkan usus besar Kamu.

Biji chia

Dengan mengkonsumsi hanya 2 sendok makan biji chia akan memberikan Kamu 10 gram serat, sebanyak 40 persen dari kebutuhan harian Kamu. "Serat menggerakkan melalui usus besar Kamu dan membawa bahan kimia beracun dan zat lain seperti kolesterol keluar dari sistem Kamu," ujarnya Dr. Valente. Nutrisi dalam serat juga dapat mempengaruhi usus besar pada tingkat sel untuk menjaga terhadap penyakit.

Konsumsi brokoli, kembang kol, dan kangkung

Bicara perihal makanan yang membersihkan usus Kamu, beberapa sumber serat terbaik datang dalam bentuk sayuran.

Satu studi menemukan bahwa makan satu porsi sayuran hijau yang dimasak menurunkan risiko kanker usus sebesar 24 persen dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari itu.

"Karena tidak selalu praktis untuk melacak gram serat, dan metode yang lebih mudah merupakan memastikan dua pertiga piring Kamu berasal dari sumber sayuran kaya serat seperti brokoli, kembang kol, dan kangkung," kata Dr. Valente.

Hindari makan salmon, sarden, dan trout

Bagi orang yang mempunyai kanker kolorektal, mereka yang meningkatkan asupan omega 3 dari ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan trout mempunyai risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang menghindari ikan, menemukan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gut.

Lemak omega 3 dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker dan bahkan mempromosikan kematian sel kanker usus besar. Jangan lewatkan makanan detoksifikasi ini untuk membersihkan tubuh Kamu secara alami.

Bangkitkan Kreativitas Orang dengan Skizofrenia dan Gangguan Jiwa agar Bisa Berkarya

Sajikan yogurt

Produk susu fermentasi seperti yogurt mengemas probiotik sehat usus. Mengonsumsi banyak yogurt dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sebanyak 38 persen, saran penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer.

"Probiotik bakteri sehat juga dapat membantu mengurangi sebagian gas yang terkait dengan makan kacang dan sayuran yang mengandung zat penyembur," kata Dr. Valente.

(dno)

Comments