6 Bocah Paling Jenius di Bidang Teknologi

Unik

Ragam / Unik

6 Bocah Paling Jenius di Bidang Teknologi

6 Bocah Paling Jenius di Bidang Teknologi

KEPONEWS.COM - 6 Bocah Paling Jenius di Bidang Teknologi 1. Lim Ding WenDi tahun 2009 silam, seorang programer kecil berusia 9 tahun asal Malaysia dilaporkan telah berhasil menciptakan sebuah software virtual painting bernama Doodle Kids.Pada awalnya, Wen m...

1. Lim Ding Wen

Di tahun 2009 silam, seorang programer kecil berusia 9 tahun asal Malaysia dilaporkan telah berhasil menciptakan sebuah software virtual painting bernama Doodle Kids.

Pada awalnya, Wen menciptakan software ini hanya untuk menyenangkan hati adiknya saja. Namun tanpa disangka, software tersebut justru menarik perhatian perusahaan sekaliber Apple. Software Doodle Kids pun akhirnya lolos uji dan resmi melenggang di toko software iTunes dan Apple App Store.

Bocah yang kabarnya telah mempelajari bahasa pemrograman semenjak usia 7 tahun ini mengaku memahami banyak sekali bahasa pemrograman mirip Applesoft BASIC, GSoft BASIC, Complete Pascal, Orca/Pascal dan Objective-C. Wen sendiri kini tinggal di Singapura dan masih aktif mengembangkan beberapa software lain.

2. Zora Ball

Pasti tak ada yang menyangka kemampuan yang dimiliki bocah cantik dan imut satu ini. Di tahun 2012 kemarin, Zora Ball diakui sebagai pencipta software termuda yang pernah ada.

Di usianya yang baru menginjak 7 tahun, dia telah berpartisipasi dalam sebuah acara komunitas pengembang software yang diselenggarakan oleh University of Pennsylvania yaitu FATE Bootsrap Expo. Acara ini sebenarnya hanya boleh diikuti oleh peserta berumur minimal 12 tahun. Namun berkat kepintarannya, Zora pun diijinkan untuk turut serta.

Ia menciptakan sebuah software game yang edukatif bernama Ball. Software ini dipercaya dapat meningkatkan kemampuan matematis anak-anak berusia 7 hingga 12 tahun.

3. Steven Gonzales Jr

Memasuki umur 12 tahun, Steven Gonzales Jr didiagnosa mengidap penyakit Myelogenous Leukemia akut yang mungkin saja merenggut nyawanya. Dokter yang menangani penyakitnya mengatakan bahwa kesempatan hidup Gonzales tidak kurang dari 2% saja.

Namun vonis dokter tak membuatnya gentar, Gonjales Jr bisa melewati masa 100 hari kritisnya dan bertahan hidup. Dalam proses melawan kanker tersebut, Gonzales Jr berhasil menciptakan software game sendiri untuk membantunya melawan kebosanan di ruang isolasi selama pengobatan.

Game yang dia namakan Play Against Cancer itu bercerita wacana seorang tokoh superhero yang berperang melawan sel kanker yang diilustrasikan sebagai monster berwarna hijau. Tak hanya itu, dia juga berhasil ciptakan sebuah jejaring sosial khusus untuk pasien penderita kanker bernama The survivor Games.

4. Santiago Gonzales

Yang satu ini tak perlu diragukan lagi keahliannya dalam mengembangkan software. Santiago Gonzales yang berusia 14 tahun ini telah berhasil menciptakan kurang lebih 15 software bagi perangkat berbasis iOS. Menariknya, ke-15 software tersebut berasal dari kategori yang berbeda-beda, mulai dari game hingga edukasi.

Salah satu software besutannya yang paling populer dan banyak diunduh merupakan Super Slide Puzzle. Software ini memungkinkan pengguna untuk menyusun sejumlah foto dari smartphone mereka dan membentuk sebuah puzzle.

5. Zach Marks

Kiprah Zach di dunia pengembangan software dimulai ketika ia dilarang oleh orangtuanya untuk membuat akun Facebook. Karena, ketika itu Zach masih berusia 11 tahun sedangkan Facebook membuat peraturan pembuat akun minimal telah berusia 13 tahun.

Zach pun akhirnya berambisi untuk membuat sebuah jejaring sosial sendiri untuk anak-anak. Akhirnya, di tahun 2012 kemarin ia pun berhasil menciptakan jejaring sosial khusus anak-anak bernama Grom Social.

Di bulan Desember 2012, USA Today melansir bahwa Grom Social telah berhasil mendapatkan sekitar 2000 pengunjung dan sekitar 6000 halaman di dalamnya diakses setiap harinya.

6. Muhammad Yahya Harlan

Seorang bocah pemalu berusia 13 tahun dan masih duduk di kelas 1 SMP Sekolah Alam Bandung yang bernama Muhammad Yahya Harlan memperkenalkan situs jejaring sosial SalingSapa.com di tahun 2011 silam.

Putra dari Yan Harlan ini menjadi anak muda pertama dan termuda yang membuat situs jejaring sosial khusus muslim di Indonesia. Semenjak usia 2 tahun, Yahya memang menyukai komputer. Selain itu, ia juga suka akan robot.

Salingsapa.com ialah situs yang dibuat atas dasar kewajiban islam untuk bersilaturahmi. SalingSapa.com memang bertujuan untuk membantu mempermudah itu. Kelebihan dari jejaring sosial ini merupakan memiliki banyak sekali konten islami mirip fitur Al-Quran (di fitur ini kita bisa dipandu agar membaca Al-Qurannya baik dan benar), fitur Khazanah (fitur ini berisi wacana dakwah islami), dan fitur Radiosalingsapa (radio yang berisikan siaran islami).

Nah, itu tadi berita yang dikutip dariunikgaul.com

Comments