6 Bahan Alami yang Dikira Bermanfaat Ternyata Malah Bahaya untuk Kulit

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

6 Bahan Alami yang Dikira Bermanfaat Ternyata Malah Bahaya untuk Kulit

6 Bahan Alami yang Dikira Bermanfaat Ternyata Malah Bahaya untuk Kulit

KEPONEWS.COM - 6 Bahan Alami yang Dikira Bermanfaat Ternyata Malah Bahaya untuk Kulit Jakarta - Tak sedikit wanita berpikir bahan-bahan alami akan lebih aman untuk perawatan kecantikan wajah. Nyatanya, hanya karena bahan tersebut tidak mengandung zat kimia bukan berarti kandungannya 10...
Jakarta - Tak sedikit wanita berpikir bahan-bahan alami akan lebih aman untuk perawatan kecantikan wajah. Nyatanya, hanya karena bahan tersebut tidak mengandung zat kimia bukan berarti kandungannya 100% aman digunakan pada kulit terutama bagian wajah yang dikenal lebih sensitif dibanding bagian kulit lainnya.

Seperti dikutip dari Women's Health, berikut ini bahan-bahan alami yang sering dipercaya memiliki manfaat ternyata malah membahayakan kulit wajah:

1. Lemon

6 Bahan Alami yang Dikira Bermanfaat Ternyata Malah Bahaya untuk KulitFoto: Thinkstock
Banyak wanita mengira perasan lemon selain memiliki khasiat saat diminum juga dapat bermanfaat kalau dioleskan pada wajah sebagai toner. Namun ternyata anggapan tersebut salah. Jus lemon yang tadinya dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan noda hitam pada wajah justru sebenarnya dapat membuat kulit menjadi iritasi dan lebih mudah terbakar sinar matahari kalau digunakan sebagai toner. Menurut Mona Gohara, M.D., selaku ahli kulit dari Danbury, CT, lemon yang bersifat asam dapat mengubah PH dari kulit sehingga kulit menjadi lebih sensitif.

2. Mayones

6 Bahan Alami yang Dikira Bermanfaat Ternyata Malah Bahaya untuk KulitFoto: ilustrasi/thinkstock
Beberapa wanita pernah mencoba masker mayones yang terbuat dari telur asli karena diuakini dapat menutrisi dan melembabkan kulit. Namun kenyataannya, mayones justru dapat menutup pori-pori dan membuat kulit wajah semakin bermasalah.

3. Alkohol

6 Bahan Alami yang Dikira Bermanfaat Ternyata Malah Bahaya untuk KulitFoto: Thinkstock
Jikalau kamu berpikir alkohol dapat meredakan kulit berminyak, maka buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Menurut dr. Gohara, menggunakan alkohol bisa membuat kulit wajah menipis sehingga rentan terhadap iritasi atau pembengkakan. Bila sudah terlanjur menggunakannya, maka kamu dapat membantu mengembalikan kesehatan kulit dengan menggunakan toner.

4. Baking Soda

6 Bahan Alami yang Dikira Bermanfaat Ternyata Malah Bahaya untuk KulitFoto: iStock
Tak sedikit wanita mencoba membuat scrub sendiri dengan bahan baking soda dan madu. Scrub alami tersebut diyakini dapat mengatasi jerawat.

Jikalau kamu pernah memakai scrub tersebut, jangan pernah menggunakannya lagi pada wajah. Karena menurut dr. Gohara baking soda bersifat alkali sehingga dapat mengubah PH kulit dan membuat kulit menjadi lebih tipis serta rentan terhadap bakteri.

5. Telur Mentah

6 Bahan Alami yang Dikira Bermanfaat Ternyata Malah Bahaya untuk KulitFoto: iStock
Selama ini penggunaan telur mentah sebagai masker dipercaya dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Namun menurut dr. Gohara telur mentah justru berisiko sebagai perawatan kulit karena mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan kalau tidak sengaja menelannya.

6. Kayu Manis

6 Bahan Alami yang Dikira Bermanfaat Ternyata Malah Bahaya untuk KulitFoto: Foodbeast
Penggunaan kayu manis pada wajah tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan iritasi. Gohara mengatakan penggunaan kayu manis pada wajah sama berisikonya dengan pemakaian perasan lemon dan baking soda karena sama-sama dapat mengubah PH pada kulit. (dtg/dtg)

Comments