6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk, Mulai Madu hingga Nanas

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk, Mulai Madu hingga Nanas

6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk, Mulai Madu hingga Nanas

KEPONEWS.COM - 6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk, Mulai Madu hingga Nanas MENDERITA batuk bisa mengganggu aktivitas sehari-hari hingga menurunkan kekuatan tubuh. Tapi sebenarnya batuk juga berguna untuk membersihkan iritasi dan infeksi tubuh. Menurut laporan Medical News To...

MENDERITA batuk bisa mengganggu aktivitas sehari-hari hingga menurunkan kekuatan tubuh. Tapi sebenarnya batuk juga berguna untuk membersihkan iritasi dan infeksi tubuh.

Menurut laporan Medical News Today, ada banyak penyebab batuk, alergi, infeksi, dan refluks asam. Untuk mengobatinya perlu diketahui dengan jelas kandungan yang ada di dalam ramuan tersebut agar tidak menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Cegah Covid-19, Dokter Imbau Segera Menjauh dari Orang Batuk dan Bersin

Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk ringan.

1. Teh madu

Menurut studi, madu memberikan kelegaan paling signifikan untuk meredakan batuk daripada dekstrometorfan. Meskipun khasiatnya sedikit, madu banyak digunakan oleh para ibu saat mengobati anak yang batuk. Campurkan dua sendok teh madu dengan secangkir teh hangat. Konsumsi dua kali sehari. Jangan diberikan kepada anak di bawah 1 tahun.

2. Jahe

Jahe mempunyai antiinflamasi yang bisa meredaka batuk kering dan asma. Menurut studi, antiinflamasi pada jahe dapat mengendurkan membaran di saluran udara yang dapat mengurangi batuk. Tambahkan irisan jahe pada secangkir air hangat, dan tunggu beberapa detik sebelum diminum. Beri perasan lemon atau madu untuk meningkatkan rasa.

Batuk

5 Herbal Paling Ampuh Meredakan Batuk, Apa Saja?

3. Cairan hangat

Cairan hangat bisa memberikan efek meredakan bagi mereka yang pilek, batuk, sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan. Tetap terhidrasi penting sekali saat terkena batuk. Cairan hangat ini bisa berbentuk air putih hangat, kaldu bening, teh, dan jus buah.

4. Uap

Uap bisa digunakan untuk jenis batuk berdahak. Berendamlah di air panas dan biarkan uapnya mengisi kamar mandi. Atau bisa juga dengan menghirup uap dari mangkuk air panas yang dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih.

Comments