6 Alasan perusahaan mesti gunakan software ini untuk mengurus karyawan

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

6 Alasan perusahaan mesti gunakan software ini untuk mengurus karyawan

6 Alasan perusahaan mesti gunakan software ini untuk mengurus karyawan

KEPONEWS.COM - 6 Alasan perusahaan mesti gunakan software ini untuk mengurus karyawan Perkembangan teknologi memudahkan perusahaan menjalankan aktivitas usaha. Bagi perusahaan berskala menengah dan besar yang mempunyai banyak karyawan, pemanfaatan teknologi menjadi keniscayaan. Terle...

Perkembangan teknologi memudahkan perusahaan menjalankan aktivitas usaha. Bagi perusahaan berskala menengah dan besar yang mempunyai banyak karyawan, pemanfaatan teknologi menjadi keniscayaan.

Terlebih kalau perusahaan tersebut sedang berkembang, tentu sangat melelahkan jikalau harus dilakukan secara manual. Bukan tidak mungkin bisa terjadi kesalahan dan membutuhkan waktu yang lama dalam mengelola aktivitas usaha tersebut.

Apalagi di masa krisis karena pandemi seperti sekarang, sudah saatnya perusahaan mengganti sistem manual ke software payroll. Payroll dalam administrasi merupakan sistem penggajian yang telah ditetapkan di dunia kerja, baik itu di perusahaan atau instansi. Bila sudah mempunyai software payroll tentunya akan lebih memudahkan kerja staf HRD.

Sebagai salah satu startup pionir software HR di Indonesia, kami sangat berkomitmen membantu perusahaan skala UKM maupun industri di Indonesia agar cepat bangkit dari keterpurukan karena pandemi Covid-19 ini. Kami sudah membantu ratusan perusahaan dalam menyelesaikan masalah administrasi HR mulai dari absensi online karyawan, otomatisasi payroll dan pajak pph21, elektronik slip gaji sampai penilaian performa kerja karyawan dalam 1 sistem." ujar Jimmy Chandra, CEO PayrollBozz.

Berikut enam alasan mengapa perusahaan sudah saatnya memakai software payroll mulai sekarang.

1. Penghitungan data lebih akurat

Software Payroll © 2020boomr.com

Kalau perusahaan sudah memakai sistem payroll, tidak akan was-was lagi terjadi kesalahan saat mentransfer gaji. Seluruh data karyawan akan tersimpan rapi dan akurat, bersama dengan angka gaji yang perlu ditransfer. Sehingga akan minim kesalahan.

Selain itu daftar kehadiran karyawan bisa dilakukan dengan mudah lewat fasilitas absensi online karyawan, termasuk juga lembur, cuti, dan lainnya juga terekam secara rapi. Gaji yang masuk akan sesuai dengan performa kerja yang diberikan. Jadi ke depan, tidak akan ada lagi yang namanya saling iri dengan rekan kerja.

2. Lebih efisien

Software Payroll © 20207shifts.com

Bayangkan saya, jikalau perusahaan masih memakai sistem manual. Berapa banyak rekening yang perlu ditransfer. Tentunya hal ini akan sangat memakan waktu. Dengan memakai sistem payroll, semua bisa ditangani lebih cepat. Gaji juga bisa tersampaikan ke rekening karyawan dengan lebih cepat.

Jadi tidak akan ada lagi keterlambatan gaji. Karyawan senang mendapatkan haknya tepat waktu, perusahaan merasa lega sudah melakukan kewajibannya dengan tidak ada kendala. Sama-sama diuntungkan.

3. Bisa melihat data secara eal time

Software Payroll © 2020sumopayroll.com

Alasan lain, perusahaan bisa melihat data secara real time. Baik itu lembur, cuti, kehadiran, dan lainnya. Sistem gaji dan kehadiran juga bisa langsung diolah dengan software payroll tanpa perlu memindahkannya. Tentunya ini akan sangat membantu pihak HRD. Selain itu perusahaan juga bisa melihat kapan saja dan di mana saja banyak sekali data yang dibutuhkan karena terintegrasi secara online. Bisa dibuka di laptop, PC, atau bahkan smartphone.

4. Arsip lebih tertata dengan api dan mudah dicari

Software Payroll © 2020ca.finance.yahoo.com

Dahulu data-data karyawan biasanya dicatat secara fisik dan diarsipkan ke banyak sekali tempat. Hal ini bisa berisiko data tersebut hilang atau tercecer. Belum lagi jikalau ada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran atau kebanjiran yang melanda tempat kerja, data-data dalam bentuk fisik bisa saja terancam. Maka dari itu perlu sekali software payroll.

Dengan memakai software payroll semua data karyawan bisa tersimpan dengan lebih rapi. Mulai dari biodata, jenjang karier, laporan penggajian, kontrak kerja, dan lainnya. Dengan begini akan lebih praktis dan juga aman. Nantinya jikalau dibutuhkan, tinggal klik saja.

Selain itu orang-orang yang tidak bertanggung jawab tak akan bisa mengutak-atik banyak sekali data di dalamnya. Karena hanya orang-orang tertentu saja yang mempunyai akses masuk ke dalamnya.

5. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Software Payroll © 2020paychex.com

Selain mempermudah pekerjaan dalam hal teknis, penggunaan software payroll juga akan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Perusahaan akan dinilai profesional dalam menangani karyawan. Secara tidak langsung akan meningkatkan nilai jual kepada para investor atau pun vendor. Perusahaan dianggap sudah mengikuti perkembangan yang ada, mempunyai pemikiran terbuka, dan mau mencoba hal-hal yang baru. Jadi hal ini akan meningkatkan peluang kerjasama dengan perusahaan lain.

6. Bisa menghemat pengeluaran perusahaan

Software Payroll © 2020

Saat masih memakai sistem manual, perusahaan memerlukan beberapa HRD untuk mengurus gaji. Jikalau sudah memakai software payroll, bisa ditangani 1-2 orang saja. Perusahaan tidak perlu lagi menggaji banyak orang. Dengan begini, software payroll juga bisa disebut sebagai investasi aset tidak tetap yang menguntungkan. Bisa mengerjakan banyak sekali tugas hanya dalam beberapa waktu saja. Dengan kata lain, software payroll sangat bermanfaat untuk perusahaan besar, juga bisa digunakan untuk usaha yang sedang berkembang.

Recommended By Editor

Comments