50 Ribu Tandatangan Minta Setya Novanto Hentikan Kasus Penyebar Meme

Meme

Fun / Meme

50 Ribu Tandatangan Minta Setya Novanto Hentikan Kasus Penyebar Meme

50 Ribu Tandatangan Minta Setya Novanto Hentikan Kasus Penyebar Meme

KEPONEWS.COM - 50 Ribu Tandatangan Minta Setya Novanto Hentikan Kasus Penyebar Meme JAKARTA - Hampir 50 ribu tandatangan mendukung petisi di laman Change.org berjudul Segera Cabut Aduan dan Hentikan Kasus Penyebar Meme Setnov. Dukungan ini bentuk perhatian warganet atas dilaporkanny...

JAKARTA - Hampir 50 ribu tandatangan mendukung petisi di laman Change.org berjudul Segera Cabut Aduan dan Hentikan Kasus Penyebar Meme Setnov.

Dukungan ini bentuk perhatian warganet atas dilaporkannya akun-akun medsos penyebar meme oleh Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) ke polisi.

"Petisi di laman Change.org berjudul Segera Cabut Aduan dan Hentikan Kasus Penyebar Meme Setnov , mendapatkan hampir 50 ribu dukungan tandatangan dalam waktu 24 jam semenjak dimulai," ujar Dhenok Pratiwi - Campaigner Change.org Indonesia dalam keterangan tertulisnya kepada Tribunnews, Selasa (7/11/2017).

Di dalam petisi yang dibuatnya, Damar Juniarto, yang juga Koordinator Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFENet), mempertanyakan alasan Setnov mengkriminalisasi pembuat meme tersebut.

Padahal menyebarkan satir bukan tindakan kriminal. Semenjak kapan sebarkan humor bisa dipenjara? kata Damar.

Menteri Tjahjo Tugasnya Antar Menteri dan Pejabat Negara

Berikut kutipan petisinya di Change.org/MemeSetnov (https://www.change.org/p/divhumaspolri-segera-cabut-aduan-terhadap-penyebar-meme-sn-setyanovanto):

Tadinya Setnov ingin memolisikan 300 akun medsos yang menurutnya menghina dirinya dengan beragam meme dan postingan di medsos. Tapi akhirnya disaring jadi 32

Nah! Coba pikir, ini kan cuma bercandaan anak medsos... Apa layak yang begini dimasukkan ke penjara?

Tapi inilah peliknya pasal defamasi (pencemaran nama) yang ada di UU ITE dan KUHP. Dasarnya ini pasal kolonial yang dipertahankan untuk melindungi orang-orang berkuasa, jadinya yang warga biasa bisa dipenjara cuma karena ada penguasa yang baper.

50 Ribu Tandatangan Minta Setya Novanto Hentikan Kasus Penyebar Meme

Comments