5 Tips Traveling Aman dan Ramah Lingkungan di Tengah Covid-19

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

5 Tips Traveling Aman dan Ramah Lingkungan di Tengah Covid-19

5 Tips Traveling Aman dan Ramah Lingkungan di Tengah Covid-19

KEPONEWS.COM - 5 Tips Traveling Aman dan Ramah Lingkungan di Tengah Covid-19 PANDEMI Covid-19 membuat banyak negara mengurung diri, membatasi pergerakan warganya demi menekan penyebaran virus corona. Karyawan banyak bekerja di rumah, tapi tak sedikit yang kehilangan pekerjaan....

PANDEMI Covid-19 membuat banyak negara mengurung diri, membatasi pergerakan warganya demi menekan penyebaran virus corona. Karyawan banyak bekerja di rumah, tapi tak sedikit yang kehilangan pekerjaan.

Setelah beberapa bulan Covid-19, pembatasan di banyak sekali negara mulai dilonggarkan, termasuk Indonesia. Sejumlah tempat wisata mulai dibuka dengan protokol kesehatan. Masyarakat mulai kembali bisa jalan-jalan atau traveling ke banyak sekali destinasi.

Namun, pelancong di tengah pandemi Covid-19 dituntut harus ramah pada lingkungan dan memperhatikan aspek kesehatan. Ini salah satu cara menghindar dari paparan virus corona. Lalu, apa saja yang harus dilakukan?

9 Tips Traveling ke Thailand untuk Pemula

Melansir dari Indonesia Travel, Selasa (24/11/2020), berikut 5 kiat perjalanan aman dan ramah lingkungan di tengah pandemi Covid-19 :

1. Jelajahi lingkungan sekitar

Melakukan perjalanan jarak pendek bisa menjadi cara yang bagus untuk melakukan perjalanan ramah lingkungan. Temukan tempat-tempat yang dekat dengan rumah Kamu, seperti kunjungi museum, berjalan-jalan di taman terdekat, pergi ke kebun binatang bersama keluarga, atau cukup jelajahi sudut-sudut lingkungan Kamu yang belum dijelajahi.

Namun, bila ingin berkelana sedikit lebih jauh, Kamu bisa berkendara ke tempat tujuan wisata lokal. Kemanapun Kamu pergi, pastikan untuk menjadi wisatawan yang terhormat. Penting untuk menghormati budaya lokal, norma sosial, dan aturan tempat yang Kamu kunjungi.

ilustrasi

Ilustrasi

2. Hindari plastik sekali pakai

Bukan rahasia lagi bahwa miliaran ton plastik telah diproduksi selama beberapa dekade terakhir yang benar-benar berbahaya bagi lingkungan, namun masyarakat masih cenderung menghasilkan sampah plastik setiap hari, termasuk saat liburan.

Baik Kamu membeli makanan yang dikemas dalam plastik di bandara, atau mengambil air kemasan setelah berjalan-jalan di sekitar kota, hal itu menyebabkan timbulan sampah plastik.

5 Tips Staycation Bareng Keluarga agar Terhindari Covid-19

Salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik merupakan dengan melakukan upaya sadar untuk menghindari plastik sekali pakai di mana pun dan kapan pun memungkinkan, terutama dalam hal makanan.

Jadi, kalau Kamu tertarik pada keberlanjutan selama perjalanan Kamu, Kamu dapat memakai alat makan sekali pakai Kamu sendiri, membawa sedotan Kamu sendiri yang dapat digunakan kembali, dan membawa tas belanja Kamu sendiri yang dapat terurai ke toko bahan makanan.

3. Siapkan sanitasi kit ramah lingkungan

Wabah Covid-19 telah meningkatkan kesadaran akan praktek sanitasi. Oleh karena itu, satu hal yang penting untuk dibawa dalam perjalanan normal-baru ialah perlengkapan sanitasi yang terdiri dari masker, semprotan desinfektan, dan pembersih tangan.

Namun, untuk menjadi pelancong yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, lebih bijaksana untuk memakai kit sanitasi ramah lingkungan yang terbuat dari bahan yang aman dan tidak beracun yang tidak merusak lingkungan dan mempunyai kemasan ramah lingkungan.

Dengan demikian, Kamu tidak hanya akan melindungi diri Kamu dari virus corona, tetapi juga membantu melindungi Bumi dari kerusakan lingkungan.

Comments