5 Tips Tingkatkan Performa HP Android, Lebih Ngebut!

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

5 Tips Tingkatkan Performa HP Android, Lebih Ngebut!

5 Tips Tingkatkan Performa HP Android, Lebih Ngebut!

KEPONEWS.COM - 5 Tips Tingkatkan Performa HP Android, Lebih Ngebut! Ilustrasi HP Android. (Pixabay) Cari tahu bagaimana meningkatkan performa HP Android untuk lebih ngebut lagi? Ikuti tips dan tutorial HP Android yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini. Beberapa pe...

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Cari tahu bagaimana meningkatkan performa HP Android untuk lebih ngebut lagi? Ikuti tips dan tutorial HP Android yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Beberapa pengaturan dalam HP Android dapat membantu perangkat berjalan dengan lancar, namun pengguna harus mengetahui terlebih dahulu pengaturan mana saja yang bermanfaat.

Dilansir dari CNET, Selasa (14/6/2022), berikut ini lima tips untuk meningkatkan performa HP Android lebih baik secara keseluruhan:

1. Nonaktifkan kecerahan layar otomatis

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Pengguna dapat menonaktifkan kecerahan layar otomatis atau kecerahan adaptif dan mengaturnya ke tingkat kecerahan di bawah 50 persen, karena semakin terang layar, maka semakin banyak daya baterai yang digunakan.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan dan cari opsi Tampilan atau Kecerahan untuk menonaktifkannya.

2. Gunakan Adaptive Battery dan Battery Optimization

Ilustrasi Baterai. (Engadget)Ilustrasi Baterai. (Engadget)

Fasilitas-fitur ini berfokus pada mempelajari cara pengguna memakai HP Android, termasuk software mana yang sering pengguna gunakan, lalu mengoptimalkan software dan jumlah baterai yang digunakan.

Beberapa HP Android akan mempunyai bagian pengaturan khusus baterai.

Smartphone pengguna mungkin juga mempunyai pengaturan pengisian daya adaptif, yang dapat memantau seberapa cepat baterai HP mengisi daya dalam semalam untuk menjaga kesehatannya.

3. Gunakan Dark Mode

Google sematkan fitur dark mode ke aplikasi Google Docs. (Google)Google sematkan fasilitas dark mode ke software Google Docs. (Google)

Cara lain untuk meningkatkan masa pakai baterai sekaligus membantu menjaga kesehatan mata merupakan dengan memakai dark mode.

Menurut Google, dark mode tidak hanya mengurangi ketegangan yang disebabkan oleh tampilan smartphone pada mata pengguna, tetapi juga meningkatkan masa pakai baterai.

Pasalnya, membutuhkan lebih sedikit daya untuk menampilkan latar belakang gelap pada layar OLED daripada latar belakang putih.

Untuk mengaktifkan dark mode, buka Pengaturan dan cari Dark Mode, Dark Theme, atau Night Mode.

4. Aktifkan Do Not Disturb

Mode Do Not Disturb di Asus ZenFone Max Pro M2. Mode Do Not Disturb di Asus ZenFone Max Pro M2.

Pengguna dapat mengaktifkan fasilitas Do Not Disturb jikalau tidak ingin ada notifikasi yang mengganggu di jam-jam tertentu.

Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Sounds (Suara) atau Pemberitahuan > klik Do Not Disturb atau nama serupa.

Dengan memakai fasilitas ini, pengguna dapat mengatur rentang jam kapan pengguna ingin mematikan notifikasi smartphone dan gangguan lainnya.

Jangan khawatir, notifikasi apa pun yang masuk saat mode Do Not Disturb diaktifkan akan tetap pengguna terima ketika mode dinonaktifkan kembali.

5. Persiapan kalau kehilangan smartphone

Find My Device. (Google Play Store)Find My Device. (Google Play Store)

Pengguna tetap harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk, seperti smartphone yang hilang atau dicuri.

Oleh karena itu, pengguna dapat mengaktifkan Find My Device di Google atau Find My Mobile pada perangkat Samsung.

Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan dan cari opsi Find My Device yang umumnya berada di bagian Keamanan.

Setelah diaktifkan, pengguna dapat mengakses android.com/find dari PC atau perangkat seluler apa pun dan masuk ke akun pengguna.

Bagi pengguna Samsung dapat mengunjungi findmymobile.samsung.com untuk menemukan smartphone yang hilang.

Itulah lima tips meningkatkan performa HP Android dengan lebih baik. Semoga tips dan tutorial HP Android di atas berguna. ( Lintang Siltya Utami).

Comments