5 Tips Memperbaiki Komunikasi yang Buruk dengan Pasangan, Jangan Kasar!

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

5 Tips Memperbaiki Komunikasi yang Buruk dengan Pasangan, Jangan Kasar!

5 Tips Memperbaiki Komunikasi yang Buruk dengan Pasangan, Jangan Kasar!

KEPONEWS.COM - 5 Tips Memperbaiki Komunikasi yang Buruk dengan Pasangan, Jangan Kasar! Komunikasi menjadi faktor yang paling penting dalam menjalani hubungan asmara bersama pasangan. Bila komunikasi tidak dibangun dengan baik, itu bisa menjadi salah satu pintu utama hubungan hancur. Per...

Komunikasi menjadi faktor yang paling penting dalam menjalani hubungan asmara bersama pasangan. Bila komunikasi tidak dibangun dengan baik, itu bisa menjadi salah satu pintu utama hubungan hancur. Permasalahan komunikasi sering kali dianggap sepele padahal ini merupakan cara agar pasangan dapat saling mengerti satu sama lain.

Komunikasi yang tidak baik akan memicu konflik yang bisa mengakhiri hubungan. Oleh karena itu, bagi pasangan yang sadar akan permasalahan komunikasi yang memburuk ini, lebih baik segera berinisiatif untuk memperbaiki komunikasinya. Lantas bagaimana tips dalam memperbaiki komunikasi yang buruk dengan pasangan?

1. Memahami apa yang terjadi pada diri sendiri dan pasangan

Bila Kamu mengalami permasalahan komunikasi yang buruk dengan pasangan, sebaiknya coba kenali dulu apa yang menjadi penyebab utamanya. Kemungkinan ada faktor yang menyebabkan hubungan Kamu semakin renggang. Maka dari itu, diskusikan bersama pasangan mengenai permasalahan tersebut.

Ini 5 Alasan Kamu Perlu Jaga Jarak Sejenak dari Ponsel, Bisa Lebih Sehat Lho!

2. Memberikan komentar positif satu sama lain

Kamu dapat memulai untuk saling memberikan komentar positif satu sama lain agar hubungan dapat lebih baik. Komentar positif akan membuat suasana hubungan Kamu akan menjadi positif dan membangun kembali kedekatan dengan pasangan.

3. Selalu menjadi pendengar

Komunikasi tidak hanya soal berbicara dengan pasangan, namun menjadi pendengar yang baik. Memperhatikan hal-hal kecil pun akan membuat hubungan Kamu membaik.

Dengarkan setiap kata yang dia ucapkan dan berikan tanggapan yang bisa membuat dia tersenyum. Namun, menjadi pendengar yang baik tidak mudah. Kamu perlu belajar menurunkan ego saat melakukannya.

7 Alasan Cowok Pacaran dengan Cewek Lebih Tua, Suka yang Lebih Berpengalaman?

Ilustrasi pasangan bertengkar (Freepik/drazenzigic)Ilustrasi pasangan bertengkar (Freepik/drazenzigic)

4. Selalu santun dan ramah dalam berkata-kata

Saat berkomunikasi, pastikan untuk selalu berkata dengan lembut dan ramah kepada pasangan. Hindari setiap komunikasi dengan jeritan dan bentakan yang malah membuat hubungan dapat memburuk. Kendalikan emosi Kamu dalam menghadapi setiap permasalahan dan komunikasikan dengan baik bersama pasangan.

5. Sempatkan untuk bertemu

Komunikasi yang memburuk bisa terjadi karena jarang bertemu. Bagi pasangan long distance relationship (LDR), perlu berusaha memperbanyak komunikasi melalui pesan singkat maupun pesan video secara intens

Kunci dari tips memperbaiki komunikasi yang buruk dengan pasangan ialah kesabaran. Turunkan ego dan selalu cari cara untuk membangun komunikasi yang lebih baik.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Comments