5 Tips Memilih Klinik Bayi Tabung Berkualitas

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

5 Tips Memilih Klinik Bayi Tabung Berkualitas

5 Tips Memilih Klinik Bayi Tabung Berkualitas

KEPONEWS.COM - 5 Tips Memilih Klinik Bayi Tabung Berkualitas Program bayi tabung saat ini sudah banyak diminati karena kesuksesannya mencapai kehamilan yang diinginkan. Namun, pemilihan klinik bayi tabung berkaitan erat dengan tingkat keberhasilan yang didapat...

Program bayi tabung saat ini sudah banyak diminati karena kesuksesannya mencapai kehamilan yang diinginkan. Namun, pemilihan klinik bayi tabung berkaitan erat dengan tingkat keberhasilan yang didapat selama menjalankan program kehamilan.

Biasanya proses seleksi dan persiapan program bayi tabung terdiri atas tanya jawab, pemeriksaan sistem reproduksi wanita, pemeriksaan dengan ultrasonografi, pemeriksaan hormonal, analisis sperma serta konseling seputar risiko dan keberhasilan terapi infertilitas.

Dalam memilih klinik bayi tabung, sebaiknya pastikan klinik tersebut mempunyai kualitas, berpengalaman, serta bisa memberi rasa nyaman, baik dalam melakukan konsultasi hingga pengobatan.

Nah, berikut merupakan beberapa langkah yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih klinik bayi tabung yang ideal bagi para pasangan suami istri, dikutip dari rilis Medical Travel News dari GO.CARE yang diterima VIVA, Rabu, 2 Januari 2019.

1. Akreditasi

Salah satu faktor penting dalam mempertimbangkan klinik fertilitas ialah akreditasi. Ya, apa pun tindakan pengobatan yang akan Kamu lakukan, khususnya bila dilakukan di luar negeri, akreditasi klinik atau rumah sakit menjadi penting karena merupakan sebuah indikator pelayanan kesehatan berbobot.

Akreditasi tersebut bisa berupa standar nasional dan internasional, seperti Joint Commission International (JCI), Canadian Organization for the Accreditation of Medical Institutions (CCHSA), Australian Council for Health System Standards (ACHS), Trent Accreditation Scheme (TAS) serta International Society for Quality in Health Care (ESQH)

2. Tingkat keberhasilan

Program bayi tabung tidak selalu berhasil pada setiap pasien. Perlu diingat bahwa tingkat keberhasilan program kehamilan, baik melalui program bayi tabung atau tidak, semua dipengaruhi oleh kualitas sperma dan sel telur pasangan. Tim dokter dan staf medis di klinik fertilitas hanya sebagai faktor pendukung keberhasilan berlangsungnya program kehamilan tersebut.

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program kehamilan yang terdapat pada klinik, Kamu bisa mencari tahunya melalui situs resmi klinik tersebut atau menanyakannya langsung kepada dokter atau staf medis klinik fertilitas.

Ilustrasi bayi

3. Dokter spesialis

image_title

Bayi Tabung Kebal dari Penyakit, Mitos atau Fakta?

image_title

Michelle Obama Ungkap Dua Putrinya Hasil Bayi Tabung

image_title

Okan Cornelius Akhirnya Pilih Program Bayi Tabung

Dalam memilih klinik fertilitas, tak bisa dimungkiri bahwa pasien perlu memilih dokter yang sudah berpengalaman dan mempunyai banyak jam terbang . Dokter akan membantu memantau perkembangan program kehamilan yang sedang Kamu lakukan. Selain itu, faktor cocok dan rasa nyaman saat berkonsultasi dengan dokter dalam jangka waktu yang lama juga menjadi pertimbangan dalam memilih klinik fertilitas.

"Ingat, setiap pasien itu berbeda. Apa yang Kamu baca melalui internet, grup chat dan blog perihal bagaimana seseorang sukses menjalani program bayi tabung mungkin akan berbeda dengan Kamu. Silakan ajukan banyak pertanyaan, ujar Dr Hannah Brown, Robinson Research Institute Postdoctoral Fellow di The University of Adelaide, seperti dilansir dari Huffington Post.

4. Fasilitas

Demi menyokong keberhasilan program kehamilan, tentu keberadaan banyak sekali fasilitas medis yang dimiliki oleh klinik fertilitas merupakan hal utama. Misalnya, mengetahui jenis pengobatan apa saja yang ditawarkan serta alat atau teknologi apa saja yang dimiliki oleh klinik fertilitas tersebut.

5. Faktor lain

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, ada beberapa hal penting lainnya yang juga perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan memilih klinik fertilitas yang tepat, yaitu lokasi keberadaan klinik fertilitas. Jikalau Kamu memilih klinik di luar negeri, sebaiknya pilih negara tujuan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari negara asal.

Apalagi program bayi tabung biasanya membutuhkan kunjungan beberapa kali. Kemudian cari review dari pasien sebelumnya agar dapat mengetahui komentar, ulasan, keluhan, evaluasi atau apa pun terkait klinik fertilitas tersebut.

Selain itu, Kamu juga wajib mencari berita terkait biaya pengobatan dan aksesibilitas. Perlu diingat bahwa Kamu mungkin akan lebih sering menemui dokter, mulai dari sebelum, saat dan setelah program bayi tabung. Oleh karena itu, penting untuk memastikan ketersediaan dokter spesialis dan layanan medis di klinik tersebut, termasuk saat hari libur.

Faktor lain yang wajib Kamu pertimbangkan ialah kecocokan dan kebutuhan Kamu sebagai pasien. Hal ini karena Kamu akan banyak melakukan kunjungan ke klinik tersebut untuk melakukan konsultasi, pemeriksaan, dan pengobatan sebelum, saat, dan sesudah program bayi tabung. (nsa)

Comments