5 Tips Liburan Hemat ke Lombok, Nomor 3 Paling Penting

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

5 Tips Liburan Hemat ke Lombok, Nomor 3 Paling Penting

5 Tips Liburan Hemat ke Lombok, Nomor 3 Paling Penting

KEPONEWS.COM - 5 Tips Liburan Hemat ke Lombok, Nomor 3 Paling Penting PULAU Lombok dikenal sebagai salah satu destinasi wisata terindah di Indonesia. Panorama alam di sana begitu memesona seakan tidak ada tandingannya. Maka tak mengherankan, banyak travelers yang ingin...

PULAU Lombok dikenal sebagai salah satu destinasi wisata terindah di Indonesia. Panorama alam di sana begitu memesona seakan tidak ada tandingannya. Maka tak mengherankan, banyak travelers yang ingin mengeksplorasi seluruh daerah ini. Namun mungkinkah menjelajahi Pulau Lombok ini dengan bujet terbatas? Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Kamu untuk mengeksplorasi daerah ini dengan bujet terbatas.

1. Sebelum Berangkat, Buatlah Itinerary

Tips pertama merupakan membuat rencana perjalanan secara detail. Mulai dengan mendata tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi. Pastikan destinasi tersebut tidak terlalu jauh jaraknya. Semisal, pergi ke bukit Merese dilanjutkan ke Pantai Seger dan Tanjung Aan.

Selain itu, Kamu harus mencari berita lengkap seputar Pulau Lombok beserta destinasi yang dituju. Tuliskan gambaran wilayah, biaya transportasi dan konsumsi di sana, beserta tata cara istiadat penduduk setempat. Terakhir, jangan lupa mencantumkan durasi waktu di masing-masing tempat wisata.

2. Tentukan Alat Transportasi yang Akan Digunakan

Ada dua kategori transportasi yang harus ditentukan, yaitu transportasi menuju Lombok dan saat berada di sana. Kalau Kamu berasal dari luar Pulau Lombok, Kamu bisa memilih antara jalur laut atau udara untuk mencapai kawasana ini. Tidak perlu takut masalah bujet karena untuk transportasi udara, Kamu bisa mendapatkan tiket promo murah dari online travel agent seperti Airy.

Setelah tiba di Lombok, sebaiknya menyewa sepeda motor. Cara ini bisa menghemat biaya karena Kamu hanya perlu bayar uang sewa. Biasanya, jasa penyewaan menunjukkan beberapa jenis motor dengan tarif terjangkau.

Menyewa mobil pribadi pun menjadi solusi ketika Kamu pergi ke Lombok bersama beberapa orang. Tarif sewa mobil biasanya dihitung per jam, per hari, atau per bulan; tergantung kebijakan pihak rental. Dengan demikian, Kamu tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga bisa leluasa mengunjungi tempat-tempat wisata di Lombok.

3. Pergi ke Lombok Saat Low Season

Low season merupakan momen sepinya tempat wisata dari kunjungan wisatawan. Ketika itu, kondisi objek rekreasi lebih tenang. Kamu pun bebas antrean panjang di loket ataupun berdesakan di kendaraan umum menuju destinasi. Waktu low season juga menjadi yang terbaik untuk traveling. Biasanya pun banyak promo tiket pesawat ke Lombok dan harga hotel yang lebih murah untuk akomodasi Kamu. Untuk rekomendasinya, Kamu bisa membuka website Airy.

4. Cari dan Pesan Penginapan Murah

Apa sih, inti liburan Kamu di Lombok? Pastinya menjelajahi destinasi indah di sana, bukan? Dengan niatan awal yang demikian, tentu waktu di Lombok lebih banyak dihabiskan di luar penginapan. Otomatis, fungsi akomodasi hanya untuk tidur, mandi, dan menitipkan barang.

Jadi, sebaiknya cari dan pesan penginapan murah saja. Kamu bisa susuri daerah Pantai Senggigi, Gili Trawangan, dan pusat Kota Mataram. Atau solusi lainnya, gunakan software traveling yang memberikan akomodasi bujet dengan jaminan fasilitas lengkap.

5. Pisahkan Bujet Berdasarkan Keperluan Kamu

Sebenarnya, hanya ada tiga komponen biaya yang harus Kamu keluarkan selama liburan. Biaya tersebut terdiri dari akomodasi, konsumsi, dan transportasi. Kalau ketiga hal ini tidak Kamu penuhi, biasanya banyak kendala ketika traveling.

Jadi, langkah pertama, masukkan dana berdasarkan komponen utama tersebut ke dalam amplop yang berbeda. Tuliskan keterangannya di bagian depan amplop agar tidak tertukar. Setelah anggaran tersebut dipenuhi, Kamu bisa menentukan bujet sisa untuk cadangan atau membeli oleh-oleh di tempat wisata.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat liburan ke Lombok. Jangan lewatkan tempat-tempat eksotis dan instagramable ketika berada di sana. Selain itu, pastikan perjalanan Kamu nyaman dan menyenangkan dengan mempersiapkan semua kebutuhan sebelum keberangkatan. Selamat berlibur!

(hth)

Comments