5 Tips Dasar Mengambil Foto Menggunakan Smartphone

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

5 Tips Dasar Mengambil Foto Menggunakan Smartphone

5 Tips Dasar Mengambil Foto Menggunakan Smartphone

KEPONEWS.COM - 5 Tips Dasar Mengambil Foto Menggunakan Smartphone Smartphone kekinian telah didukung dengan banyak sekali sensor kamera yang mumpuni untuk mengambil gambar dengan kualitas bagus. Namun, tidak semua pengguna smartphone bisa mengoperasikannya. Dilansir...
Loading...

Smartphone kekinian telah didukung dengan banyak sekali sensor kamera yang mumpuni untuk mengambil gambar dengan kualitas bagus. Namun, tidak semua pengguna smartphone bisa mengoperasikannya.

Dilansir dari Tech Spot, berikut ini tips mengambil foto terbaik dengan smartphone yang telah dirangkum tim tekno :

1. Kenali Auto Mode

Mengetahui cara kerja mode pemotretan otomatis pada kamera smartphone, dapat membantu pengguna mengambil foto yang bagus. Luangkan waktu untuk belajar ketika memakai ISO tinggi, kecepatan rana yang panjang, dan sesuaikan cara pengguna mengambil foto.

2. Gunakan postur tubuh yang baik

Menghindari hasil foto yang tidak jelas, pengguna harus mengetahui cara memegang kamera smartphone secara stabil. Merentangkan tangan terlalu jauh dapat membuatnya bergoyang ketika memotret.

Oleh karena itu, disarankan menggerakkan siku ke sisi tubuh untuk memberikan sedikit stabilitas. Namun, bila ingin stabilitas yang tepat, pengguna dapat memakai bantuan tripod.

Tren Traveling Bersama Ponsel atau Mobilemoon (Pixabay/Pexels)Ilustasi mengambil gambar dengan smartphone. (Pixabay/Pexels)

3. Jangan memperbesar objek gambar

Banyak smartphone kekinian telah menyediakan fasilitas 2x optical zoom. Namun, dalam tips ini bukan fasilitas tersebut yang dimaksud karena vendor smartphone telah memberikan pembesaran optik tanpa kehilangan kualitas gambar.

Sebaliknya, jangan pernah melakukan zoom digital atau mencubit layar smartphone untuk memperbesar gambar. Hal tersebut hanya akan memperbesar dan memotong output dari sensor sebelum foto diambil. Hasilnya, foto yang dibidik akan kehilangan kualitasnya.

4. Ambil banyak foto sekaligus

Disarankan mengambil beberapa foto berturut-turut dengan cepat karena hal itu memungkinkan pengguna untuk memilih hasil yang terbaik. Kalau hanya mengambil satu atau dua gambar, pengguna kemungkinan akan kehilangan momen dan hanya mendapat sedikit hasil foto.

5. Edit

Meski telah dibekali dengan sensor canggih, sebagian besar pengguna menginginkan hasil foto yang terbaik layaknya diambil memakai kamera profesional. Oleh karena itu, pengguna dapat mengeditnya memakai banyak sekali software ketiga seperti Lightroom. Pengguna dapat melakukan perubahan komposisi warna pada foto hingga ketajaman untuk menampilkan lebih banyak detail.

Comments