5 Tips Bisnis dari Orang Terkaya 2018 yang Geser Posisi Bill Gates

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

5 Tips Bisnis dari Orang Terkaya 2018 yang Geser Posisi Bill Gates

5 Tips Bisnis dari Orang Terkaya 2018 yang Geser Posisi Bill Gates

KEPONEWS.COM - 5 Tips Bisnis dari Orang Terkaya 2018 yang Geser Posisi Bill Gates Jakarta - Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia 2018 menggeser posisi Bill Gates. Ia merupakan bos Amazon yang kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 90,5 miliar atau Rp 1.203 triliunan.Kesuksesan...
Jakarta - Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia 2018 menggeser posisi Bill Gates. Ia merupakan bos Amazon yang kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 90,5 miliar atau Rp 1.203 triliunan.

Kesuksesan Jeff Bezos tentu tidak terjadi dalam semalam. Pengalaman dan prinsip hidup pria 54 tahun ini berperan besar dalam meningkatkan nilai saham Amazon yang membuatnya jadi orang terkaya di 2018.

Dalam surat tahunannya kepada para pemegang saham Amazon beberapa waktu lalu, Jeff mengungkap sejumlah hal yang mengindikasi kesuksesan Amazon. Berikut lima di antaranya yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam berkarier maupun berbisnis.

5 Tips Bisnis dari Orang Terkaya 2018 yang Geser Posisi Bill GatesTips Usaha dari Orang Terkaya 2018. Foto: Thinkstock

1. Kesuksesan = Standar Tinggi
Dalam suratnya, Jeff Bezos mengatakan bahwa standar tinggi yang diberikan pada pelanggan merupakan salah satu kunci kesuksesan Amazon. Menurut Jeff, standar tinggi pun tidak sulit dicapai karena mudah diajarkan dan ditularkan. Yang perlu dilakukan ialah menyiapkan sebuah tim dengan orang-orang yang memiliki standar dan etos kerja tinggi.

"Bawa satu orang baru pada tim dengan standar yang tinggi dan mereka akan cepat menyesuaikan diri," ungkap Jeff.

"Ketika aku memulai Amazon aku memiliki standar tinggi pada penciptaan, pelayanan pelanggan, dan untungnya mempekerjakan orang. Tapi aku tidak punya standar tinggi pada proses operasinal, bagaimana menjaga agar masalah sudah teratasi tetap teratasi," tambahnya.

2. Cara Mencapai Standar Tinggi
Untuk menentukan dan meraih standar yang tinggi, perusahaan perlu memperhatikan sejumlah hal.

"Pertama kamu harus mengetahui apa yang bagus di wilayah tersebut. Kedua kamu harus punya ekspektasi realistis mengenai betapa sulitnya untuk mencapai hasil," kata Jeff.


5 Tips Bisnis dari Orang Terkaya 2018 yang Geser Posisi Bill GatesTips Usaha dari Orang Terkaya 2018. Foto: Thinkstock
3. Tinggalkan Power Point
Fakta menarik lain yang terungkap dalam surat tahunan tersebut ialah Jeff Bezos tak suka memakai Power Point. Ia lebih suka menggunakan memo enam halaman untuk menyebarkan ide dan berita. Sejumlah orang memang menemukan menulis dengan tangan justru membuat ide lebih mengalir.

"Memo yang baik ditulis dan diedit, dibagikan ke sejumlah kolega yang meminta pekerjaan mereka ditingkatkan, pinggirkan beberapa hari, dan edit lagi dengan pikiran yang lebih segar," ungkap Jeff.

4. Minta Bantuan
Demi mengembangkan perusahaan kadang diharapkan orang-orang baru atau seorang mentor. Dan diharapkan untuk bersabar dalam belajar ilmu dan pengalaman baru dari mereka.

"Di pelajaran pertama, coach memberi dia (sahabat Jeff) saran yang bagus. Dia bilang, 'kebanyakan orang berpikir mereka telah bekerja keras sehingga bisa menguasainya dalam dua minggu. Kenyataannya butuh enam bulan praktek dalam keseharian. Bila kamu pikir kamu bisa melakukannya dalam dua minggu akhirnya kamu akan berhenti'," tulis suami dari penulis MacKenzie Bezos tersebut.

5 Tips Bisnis dari Orang Terkaya 2018 yang Geser Posisi Bill GatesTips Usaha dari Orang Terkaya 2018. Foto: Thinkstock

5. Tidak Butuh Skill
Salah satu hal yang cukup mengejutkan dari surat Jeff merupakan pernyataannya bahwa kemampuan tak terlalu dibutuhkan dalam meraih kesuksesan. Namun kemampuan untuk melihat standar yang tinggi lah yang lebih dibutuhkan.

"Pelatih bola tidak perlu harus bisa main bola dan seorang sutradara film tidak harus bisa berperan. Tapi mereka berdua harus bisa menyadari standar tinggi dan mengejar ekspektasi realistis," tambahnya. (ami/hst)

Comments