5 Tips Ajarkan Anak Puasa dan Memahami Ramadhan, Orang Tua Wajib Tahu!

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

5 Tips Ajarkan Anak Puasa dan Memahami Ramadhan, Orang Tua Wajib Tahu!

5 Tips Ajarkan Anak Puasa dan Memahami Ramadhan, Orang Tua Wajib Tahu!

KEPONEWS.COM - 5 Tips Ajarkan Anak Puasa dan Memahami Ramadhan, Orang Tua Wajib Tahu! Anak-anak yang belum akil baligh belum diwajibkan untuk berpuasa selama Ramadhan. Dikutip dari NU Online, ada tiga tanda anak dikatakan sudah akil baligh. Di antaranya, berumur lima belas tahun bagi a...

Anak-anak yang belum akil baligh belum diwajibkan untuk berpuasa selama Ramadhan. Dikutip dari NU Online, ada tiga tanda anak dikatakan sudah akil baligh. Di antaranya, berumur lima belas tahun bagi anak laki-laki dan perempuan, keluarnya sperma setelah berumur sembilan tahun pada anak laki-laki, dan menstruasi setelah berumur sembilan tahun bagi anak perempuan

Meski begitu, mengajarkan konsep berpuasa dan ibadah lainnya selama bulan suci Ramadhan bisa dilakukan semenjak anak belum akil baligh. Psikolog Anak Ayoe Sutomo, M.Psi., membagi tips mendampingi puasa pertama bagi anak dan cara memaparkan wacana Ramadhan.

1. Kenalkan konsep Ramadhan sedini mungkin

Anak dapat mengenal dan diikutsertakan dalam banyak sekali kegiatan Ramadhan semenjak usianya semuda mungkin. Akan tetapi, berikan infomasi perihal Ramadhan sesuai dengan usianya.

5 Tips Parenting Dampingi Anak Puasa Pertama

Ilustrasi Puasa - Puasa Dzulhijjah 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? (Shutterstock)Ilustrasi Puasa (Shutterstock)

Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak. Jelaskan bahwa di bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan berpuasa, salat tarawih, serta melakukan banyak sekali kegiatan sosial seperti membuatkan dengan sesama, saran Ayoe bersama Tokopedia.

Anak juga perlu diberi pengertian bahwa berpuasa selama bulan Ramadhan tidak hanya perihal menahan lapar dan haus, tetapi juga harus belajar untuk mendalami agama. Salah satunya dengan belajar mengaji.

2. Ajarkan puasa sesuai tahapan usia anak

Kemampuan anak untuk berpuasa sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh tahapan usianya. Maka dari itu, orang tua sebaiknya mengajarkan puasa kepada anak berdasarkan usia. Untuk anak di bawah usia 7 tahun, orang tua bisa memperkenalkan terlebih dahulu konsep dan kegiatan puasa selama Ramadhan.

Orang tua dapat mengajak anak usia 7-8 tahun untuk sahur. Buatlah kesepakatan selama belajar berpuasa. Kalau anak tidak kuat puasa hingga maghrib, maka beri opsi bagi anak untuk berbuka saat azan zuhur. Setelah itu, anak bisa lanjut puasa hingga waktu buka, kata Ayoe.

Shireen Sungkar Ungkap Cara Unik Ajarkan Anak Puasa, Bagaimana Sih?

Sementara untuk anak di atas 8 tahun, kesadaran menahan lapar dan haus saat berpuasa seharusnya sudah muncul. Anak juga sudah bisa diajarkan meningkatkan keimanan dengan rajin beribadah, termasuk mengaji dan melaksanakan salat sunah dan tarawih.

3. Siapkan makanan dengan nutrisi berimbang untuk sahur dan buka puasa

Makanan dengan nutrisi berimbang sangat penting agar tubuh anak tetap kuat selama bulan puasa. Orang tua bisa menyajikan makanan tinggi protein, seperti daging ayam atau sapi.

"Jangan lupa hidangkan makanan kaya serat, seperti buah dan sayur, untuk melancarkan sistem pencernaan anak," kata Ayoe.

Pastikan juga anak minum banyak air putih dan menghindari makanan gorengan, asin serta tinggi gula secara berlebihan.

Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)

4. Libatkan anak melakukan banyak sekali kegiatan dan beri apresiasi

Orang tua bisa bantu mengalihkan perhatian anak dari rasa lapar dan haus sekaligus mempererat hubungan melalui beragam rutinitas selama Ramadhan.

Mulai dari belajar mengaji, salat duha, mendongengkan kisah nabi hingga mengumpulkan baju atau mainan layak pakai untuk disumbangkan ke masyarakat yang lebih membutuhkan, saran Ayoe.

Ia juga menyarankan untuk memberi kebanggaan saat anak berhasil melakukan hal-hal kecil seperti bangun sahur, sikat gigi sebelum imsak dan kegiatan kecil lainnya. Orang tua juga dapat memberikan apresiasi kepada anak dengan memberikan mainan favorit anak.

5. Ajak anak belanja baju muslim untuk banyak sekali kegiatan Ramadhan

Ajak anak untuk belanja baju muslim secara online agar lebih semangat puasa. Anak juga akan senang ketika diajak memilih warna baju muslim yang akan dikenakan saat buka bersama di luar atau ketika keliling masjid untuk salat tarawih.

Comments