5 Tips Agar Tidak Telat Bangun Sahur: Alarm Masih Perlu Jadi Andalan

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

5 Tips Agar Tidak Telat Bangun Sahur: Alarm Masih Perlu Jadi Andalan

5 Tips Agar Tidak Telat Bangun Sahur: Alarm Masih Perlu Jadi Andalan

KEPONEWS.COM - 5 Tips Agar Tidak Telat Bangun Sahur: Alarm Masih Perlu Jadi Andalan Makan sahur saat Ramadhan kerap menjadi tantangan bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah Puasa. Makan sahur biasanya dimulai semenjak pukul 3 pagi hingga setengah 5 sebelum subuh....

Makan sahur saat Ramadhan kerap menjadi tantangan bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah Puasa. Makan sahur biasanya dimulai semenjak pukul 3 pagi hingga setengah 5 sebelum subuh.

Bagi yang tidak terbiasa bangun sepagi itu, mungkin khawatir akan terlambat bangun sahur. Tapi, ada trik yang bisa dilakukan agar tidak terlambat bangun sahur. Dikutip dari Halodoc, berikut 5 tips bangun tepat waktu saat sahur.

1. Tidur Lebih Awal

Ilustrasi tidur. (Dok; Ruparupa.com)Ilustrasi tidur. (Dok; Ruparupa.com)

Mengubah waktu tidur bisa jadi hal yang sulit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Coba perlahan secara bertahap, dengan menggeser waktu tidur beberapa menit lebih awal. Misalnya, cobalah untuk tidur 15 menit lebih awal dari biasanya. Bila sudah terbiasa tidur 15 menit lebih awal, kurangi lagi 15 menit, dan begitu seterusnya.

Kultum Ceramah Ramadhan Singkat: Cara Menghilangkan Sakit Hati

Agar bisa tidur lebih awal, hindarilah mengonsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur. Juga bisa mengonsumsi susu hangat atau pisang yang bisa bantu cepat mengantuk. Selain itu, batasi cahaya minimal satu jam sebelum tidur. Cahaya yang dimaksud seperti cahaya dari lampu utama atau dari layar gadget.

2. Gunakan Alarm

Sebelum tidur, aturlah waktu alarm terlebih dahulu. Bila kamu merupakan tipe orang yang sering memencet tombol snooze saat alarm berbunyi, bisa mengatur waktu bangun 30 menit lebih awal dari waktu sahur. Satu tips jitu lainnya agar bisa berhasil bangun untuk sahur ialah atur volume alarm sedikit lebih kencang, pilihlah lagu atau ringtone yang bertempo cepat sebagai alarm, dan jauhkan alarm dari jangkauan. Sehingga tidak bisa dengan mudah mematikan alarm.

3. Hindari Makan Terlalu Banyak Saat Buka Puasa

Tahanlah diri untuk makan terlalu banyak saat berbuka puasa. Pasalnya, makan terlalu banyak saat berbuka akan membuat tubuh cepat mengantuk. Tetapi, bila langsung tidur setelah makan, itu akan memicu terjadinya refluks asam lambung. Kondisi ini menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Istana: Larangan Gelar Buka Puasa Bersama Hanya untuk Para Menteri dan Kepala Lembaga

Selain itu, makan terlalu banyak saat berbuka puasa juga akan kesulitan untuk bangun pagi di keesokan harinya. Bahkan, jadi malas untuk bangun sahur karena berpikir masih kenyang.

4. Jangan Berolahraga Larut Malam

Saat puasa, beberapa orang lebih memilih untuk berolahraga menjelang atau setelah berbuka puasa. Namun, olahraga yang dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur bisa membuat tubuh sulit tidur. Penyebabnya karena olahraga memicu perubahan komposisi hormon dalam tubuh. Aktivitas fisik seperti berolahraga bisa memicu pelepasan hormon adrenalin yang akan membuat kamu semakin terjaga.

5. Minum Air Putih

Ketika sudah bangun, agar tidak terlena kembali tidur sehingga jadinya malah melewatkan sahur, maka disarankan untuk segera minum air putih. Tujuannya untuk merehidrasi tubuh, sehingga pikiran dapat menjadi segar.

Tidur sepanjang malam bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi ringan dan hal itu bisa memengaruhi kinerja tubuh dan otak. Kebiasaan minum air putih segera setelah bangun bisa membuat tubuh segar kembali, seperti tanaman yang disiram air.

Comments