5 Tipe Kepribadian yang Mungkin Mengalami Insomnia

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Tipe Kepribadian yang Mungkin Mengalami Insomnia

5 Tipe Kepribadian yang Mungkin Mengalami Insomnia

KEPONEWS.COM - 5 Tipe Kepribadian yang Mungkin Mengalami Insomnia INSOMNIA membuat seseorang kesulitan untuk tidur dan terjaga semalaman. Bila berlangsung dalam jangka panjang, tentu berdampak negatif terhadap kesehatan. Mengingat banyak ahli yang menyarankan seseor...

INSOMNIA membuat seseorang kesulitan untuk tidur dan terjaga semalaman. Bila berlangsung dalam jangka panjang, tentu berdampak negatif terhadap kesehatan. Mengingat banyak ahli yang menyarankan seseorang tidur 8 jam per harinya.

Tapi tahukah Kamu, insomnia berkaitan dengan tipe kepribadian seseorang? Sebuah hasil penelitian baru yang diterbitkan di Lancet Psychiatry baru-baru ini menegaskan penderita insomnia cenderung mempunyai ciri kepribadian tertentu. Penelitian dilakukan oleh tim dari Institute of Neuroscience di Belanda.

Tim peneliti yang diketuai oleh Tessa Blanken mempelajari ciri-ciri kepribadian dan sejarah hidup 2.224 peserta penelitian yang didiagnosis dengan kemungkinan gangguan insomnia antara tahun 2010 sampai 2016. Tim peneliti juga menganalisis wacana hubungan insomnia dengan tipe kepribadian. Dari hasil penelitian diketahui lima tipe kepribadian yang berisiko mengalami insomnia.

Kepergok Minum Bir, Gelar Ratu Kecantikan di Malaysia Ini Dicopot

Tipe 1 ialah orang yang sangat tertekan. Tipe ini merasa sangat aktif tetapi mempunyai kecemasan sebelum tidur dan rentan terhadap depresi. Tipe kedua merupakan orang yang cukup tertekan. Tipe ini hampir mirip seperti tipe 1 tapi mereka cenderung lebih mudah mendapatkan emosi bahagia atau menyenangkan. Mereka kebanyakan mengalami insomnia karena stres sehingga masuk dalam kategori insomnia psikofisiologis.

Selanjutnya ada tipe 3 dimana orangnya sedikit tertekan dan tidak peka. Mereka biasanya merasa tidak bahagia dan mempunyai sifat pesimistis. Tipe 4 merupakan orang yang sedikit tertekan dan reaktivitas tinggi. Mereka tidak tertekan secara umum, tetapi sulit tidur bila ada masalah yang menyangkut kehidupan seperti keuangan atau hubungan. Mereka juga cenderung mengalami stress berat di masa kecil mereka.

Terakhir tipe 5 merupakan orang yang sedikit tertekan dan reaktivitas rendah. Mereka mengalami kesulitan tidur karena peristiwa kehidupan, tetapi mempunyai reaksi yang kurang intens terhadap peristiwa ini. Tipe kepribadian ini menunjukkan tingkat motivasi yang rendah.

: Bikin Ngiler, Salt Bae Suapi Neymar dengan Daging Iga

Tipe kepribadian tertekan yang diungkapkan dalam penelitian ini merupakan orang-orang yang mungkin sering merasa tidak tenang. Terdapat penjelasan ilmiah wacana kebutuhan otak akan ketenangan untuk tidur nyenyak di malam harii. Hal ini berkaitan dengan rasa aman pada tubuh.

Jikalau seseorang merasa tidak aman maka otak akan menghindari tidur. Apabila perasaan itu berlangsung dalam jangka panjang, maka otak akan terus terjaga sepanjang waktu dan menunggu bahaya berlalu. Kondisi inilah yang dikenal dengan istilah insomnia.

Seseorang yang perfeksionis juga cenderung mengalami insomnia. Karena dirinya terus memikirkan hal-hal yang harus berjalan secara tepat. Sehingga apabila ada yang tidak sesuai rencana, maka menempatkan orang tersebut pada perasaan tidak aman. Demikian seperti yang dilansir Okezone dari Health.

(tam)

Comments