5 Tempat Wisata di Indonesia Ini Ternyata Sempat Hancur Usai Dihantam Bencana Alam

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

5 Tempat Wisata di Indonesia Ini Ternyata Sempat Hancur Usai Dihantam Bencana Alam

5 Tempat Wisata di Indonesia Ini Ternyata Sempat Hancur Usai Dihantam Bencana Alam

KEPONEWS.COM - 5 Tempat Wisata di Indonesia Ini Ternyata Sempat Hancur Usai Dihantam Bencana Alam Bencana alam seperti tsunami hingga gempa bumi seperti yang kita ketahui tak bisa diprediksi. Tak hanya rumah warga, sejumlah tempat wisata di Indonesia ternyata sempat hancur usai dihantam bencana al...

Bencana alam seperti tsunami hingga gempa bumi seperti yang kita ketahui tak bisa diprediksi. Tak hanya rumah warga, sejumlah tempat wisata di Indonesia ternyata sempat hancur usai dihantam bencana alam.

Ya, beberapa tempat wisata di Indonesia yang cukup populer ternyata sempat luluh lantak karena bencana seperti tsunami dan juga gempa bumi.

Lalu di mana saja tempat wisata Indonesia yang sempat lumpuh karena bencana alam ini?

Untuk daftar dan berita lebih lengkapnya, berikut kami himpun dari laman Keepo.me---Jaringan Suara.com, Rabu (12/1/2022) tempat wisata di Indonesia yang sempat hancur dihantam bencana alam.

Saking Kelamnya, 5 Tempat Wisata Ini Disebut Punya Nama yang Bikin Sedih

1. Pantai Anyer di Banten

Meski tidak dipicu gempa bumi, Pantai Anyer rusak parah setelah dihempas tsunami. Kondisi tersebut juga berdampak terhadap tingkat hunian hotel di sekitar pantai yang mengalami penurunan.

Pantai yang satu ini sebelumnya terlihat eksotis dan indah karena mempunyai pasir putih bertekstur halus dan air laut berwarna biru. Surfing dan snorkeling ialah beberapa aktivitas yang disukai para wisatawan dan masyarakat sekitar.

2. Jembatan Ponulele di Palu

Tak jauh dari Pantai Talise, ada Jembatan Ponulele yang merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia. Tempat ini terlihat sangat unik dan menarik terutama di malam hari karena disorot lampu warna-warni.

Kabar Baik, Kota Pelabuhan Miliki Destinasi Wisata Baru, Pantai Cemara di Balikpapan Timur

Sangat disayangkan, tempat ini hancur setelah adanya gempa dan tsunami. Selain lengkungan, bagian tiang penyangga jembatan yang menghubungkan Palu Barat dan Palu Timur ini juga rusak parah.

3. Gili Trawangan di Lombok

Warga setempat dan wisatawan turun dari kapal di Gili Trawangan, Kepulauan Gili, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (6/3/2021). [ANTARA FOTO/Aprillio Akbar]Warga setempat dan wisatawan turun dari kapal di Gili Trawangan, Kepulauan Gili, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (6/3/2021). [ANTARA FOTO/Aprillio Akbar]

Selain Gunung Rinjani, tempat lain yang juga terkena imbas bencana alam di Lombok merupakan Gili Trawangan. Sama seperti Bali, pulau ini selalu dipadati wisatawan asing. Tempat ini memang terlihat seperti pantai yang ada di Hawaii.

Para wisatawan bisa menikmati liburan tanpa harus khawatir akan polusi karena di Gili Trawangan tidak ada kendaraan bermotor. Daya tarik lainnya apalagi kalau bukan pantai indah dengan deburan ombak yang menenangkan.

4. Gunung Rinjani di Lombok

Gunung Rinjani ialah salah gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Cartenz. Mata kamu akan dimanjakan dengan lanskap pemandangan yang luar biasa saat berhasil sampai di puncaknya.

Namun keindahan gunung ini seketika hilang setelah diguncang gempa berkekuatan 7 SR pada 2018 silam. Jalur utama pendakian Senaru dan Sembalun yang ada di tempat ini pun langsung ditutup pasca terjadinya gempa.

5. Pantai Talise di Palu

Gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, berdampak pada Pantai Talise. Setelah gempa, tempat ini kemudian diterjang gelombang tsunami setinggi 100 kaki.

Sebelum hancur, Pantai Talise merupakan spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Tempat ini tak hanya disukai wisatawan asing, tapi juga penduduk asli Palu.

Itu dia tadi tempat wisata yang sempat luluh lantak karena bencana alam. Kini deretan tempat wisata tersebut telah bangkit kembali dan disambangi oleh wisatawan dari banyak sekali wilayah.

Comments