5 Tempat Wisata di Dekat Masjid Sheikh Zayed Solo, Ada Pabrik Gula Legendaris

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

5 Tempat Wisata di Dekat Masjid Sheikh Zayed Solo, Ada Pabrik Gula Legendaris

5 Tempat Wisata di Dekat Masjid Sheikh Zayed Solo, Ada Pabrik Gula Legendaris

KEPONEWS.COM - 5 Tempat Wisata di Dekat Masjid Sheikh Zayed Solo, Ada Pabrik Gula Legendaris Semenjak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (14/17/2022) lalu, Masjid Sheikh Zayed Solo masih juga dipadati oleh para pengunjung yang dibuat kagum dengan kemegahan bangunan tersebut....

Semenjak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (14/17/2022) lalu, Masjid Sheikh Zayed Solo masih juga dipadati oleh para pengunjung yang dibuat kagum dengan kemegahan bangunan tersebut.

Masjid yang disebut sebagai replika Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi ini digadang-gadang menelan biaya hingga Rp312 miliar dan seluruh biaya ini ditanggung oleh pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Presiden UEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) juga muncul dalam peresmiannya.

Bila Kamu tertarik untuk mengunjungi Masjid Sheikh Zayed Solo, ada juga beberapa tempat wisata di sekitarnya yang tidak kalah menarik untuk disinggahi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Dekat Masjid Sheikh Zayed Solo

Persiapan Pernikahan Sudah Beres, Kaesang Bakal Undang 3.000 Tamu di Resepsinya

1. Pura Mangkunegaran

Sama-sama berada di Kabupaten Banjarsari, Kamu bisa mampir ke Pura Mangkunegaran untuk melakukan kunjungan wisata bersejarah.

Bangunan satu ini telah berdiri semenjak tahun 1757. Kala itu, KGPAA MAngkunegara II memang menitahkan pembangunan yang memadukan gaya tradisional Jawa dengan Eropa.

Di dalam Pura Mangkunegaran, Kamu bisa melihat banyak sekali koleksi alat musik, perhiasan, wayang, dan peninggalan bersejarah lainnya.

2. Kampung Batik Kauman

CEK FAKTA: Presiden Turki Pilih Jabat Tangan Anies Ketimbang Jokowi Saat KTT G20, Benarkah?

Tertarik melihat cara pembuatan batik lebih dekat? Cobalah untuk mengunjungi Kampung Batik Kauman.

Di sini, Kamu bisa menyusuri gang-gang dengan bangunan khas yang kebanyakan merupakan showroom batik. Tidak hanya melihat atau coba membuatnya, Kamu tentu juga bisa membeli batik oleh-oleh khas Solo di sana.

3. Keraton Surakarta Hadiningrat

Jalan-jalan ke Solo rasanya tidak lengkap tanpa mengunjungi tempat satu ini. Di Keraton Surakarta Hadiningrat, Kamu bisa mengajarkan sejarah pada si kecil lengkap dengan benda peninggalannya.

Daerah Keraton Surakarta Hadiningrat ini mencakup Alun-Alun Kidul, ALun-Alun Lor, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sasana Sumewa, Kedaton, dan Kamagangan.

Bangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). [ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/YU]Bangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). [ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/YU]

4. Pabrik Gula De Tjolomadoe

Tempat wisata dekat Masjid Sheikh Zayed Solo selanjutnya ialah Pabrik Gula De Tjolomadoe. Sesuai dengan namanya, bangunan yang dibangun pada tahun 1861 ini awalnya merupakan pabrik gula. Namun, semenjak kurang lebih 20 tahun lalu, operasional pabrik gula telah berhenti.

Kini bangunan dengan desain Eropa itu telah diubah menjadi tempat wisata yang menarik bagi para wisatawan.

5. Grojogan Sewu

Rekomendasi tempat wisata dekat Masjid Sheikh Zayed Solo kali ini akan membawa Kamu ke tempat dengan udara sejuk dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, tepatnya di Grojogan Sewu.

Berlokasi di Karanganyar, air terjun satu ini masih cukup mudah diakses dengan sepeda motor. Tidak hanya mendengarkan gemuruh air dari alamnya secara langsung, di sini Kamu juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang tidak kalah cantik.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Comments