5 Tanda Sebuah Pernikahan Terancam Kandas

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Tanda Sebuah Pernikahan Terancam Kandas

5 Tanda Sebuah Pernikahan Terancam Kandas

KEPONEWS.COM - 5 Tanda Sebuah Pernikahan Terancam Kandas Tidak bahu-membahu layaknya tim Dalam pernikahan yang sehat, pasangan bekerja sama layaknya tim. Dari menjalankan urusan rumah tangga, membesarkan anak, sampai menyokong ambisi atau karier masing-masi...
Loading...

Tidak bahu-membahu layaknya tim

Dalam pernikahan yang sehat, pasangan bekerja sama layaknya tim. Dari menjalankan urusan rumah tangga, membesarkan anak, sampai menyokong ambisi atau karier masing-masing. Bila Kamu dan pasangan tidak lagi saling menyokong dan bahu- membahu menangani hal yang sepele dalam kehidupan sehari-hari, ini bisa menjadi tanda ada masalah dalam pernikahan Kamu, ungkap Elayne Savage, terapis pernikahan dan keluarga dari AS serta penulis buku Breathing Room: Creating Space to Be a Couple. Ada yang tidak beres ketika bekerja, berselancar di dunia maya, atau mengobrol bersama sahabat malah membuat Kamu lega, lepas dari beban keluarga. Ini tandanya Kamu atau dia sudah tidak terkoneksi dengan pernikahan itu sendiri dan ini berbahaya, kata Elayne.

(Depositphotos)

(Depositphotos)

Tidak saling menghargai

Salah satu aspek penting dalam penikahan ialah saling menghargai. Maka, pernikahan dalam kondisi rawan, ketika salah satu pihak atau bahkan kedua pihak tidak lagi saling menghargai atau menghormati. Perasaan kurang dihargai pelan-pelan akan membunuh mental pasangan Kamu. Lama-lama memicu kebencian, dendam, dan pertengkaran hebat. Dalam situasi ini, pernikahan Kamu bukan lagi bermasalah, tapi beracun. Ujung-ujungnya berakhir dengan saling menyerang, jelas Elayne.

Tidak bisa berkomunikasi secara terbuka

Sesungguhnya masalah dalam pernikahan dapat diselesaikan, kalau kedua pihak berkomunikasi secara terbuka dan jujur. Namun kalau Kamu atau pasangan sudah tidak bisa
berkomunikasi dengan sehat, misalnya komunikasi hanya berjalan satu arah, ini juga merupakan sinyal bahaya. Kurangnya komunikasi dan interaksi yang bersifat personal dalam pernikahan merupakan membuktikan buruk. Apalagi jikalau Kamu sudah benar-benar tidak bisa bicara apa adanya, dari hati ke hati. Artinya, hubungan Kamu bermasalah, ungkap pakar pernikahan dan hubungan percintaan dari AS, Dr. Charles D. Schmitz, Ph.D dan Dr. Elizabeth Schmitz, Ed.D.

Tidak ada intimasi

Saat pasangan sudah tak saling mendengarkan, otomatis intimasi lenyap. Ini tidak hanya wacana seks, tapi juga sentuhan-sentuhan kecil seperti elusan tangan, pelukan, kecupan kecil. Menurut Charles dan Elizabeth, sentuhan-sentuhan ini sebenarnya bagian dari komunikasi, yang justru menyentuh emosi. Saat sentuhan-sentuhan fisik sama sekali tak ada, ini menunjukan buruk dalam sebuah hubungan, jelas Charles dan Elizabeth. Rasakan dan kenali tanda-tandanya, lalu selamatkan pernikahan Kamu selagi masih bisa.

(val/bin)

Rekomendasi

Comments