5 Surga tersembunyi di Morotai, pangkalan Sekutu di Perang Dunia II

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

5 Surga tersembunyi di Morotai, pangkalan Sekutu di Perang Dunia II

5 Surga tersembunyi di Morotai, pangkalan Sekutu di Perang Dunia II

KEPONEWS.COM - 5 Surga tersembunyi di Morotai, pangkalan Sekutu di Perang Dunia II Pulau Morotai yang terletak di Provinsi Maluku Utara, mempunyai sejarah panjang dalam Perang Dunia II. Pulau ini merupakan bekas pangkalan Sekutu. Letaknya yang strategis membuat Morotai menjadi rebut...
Loading...

Pulau Morotai yang terletak di Provinsi Maluku Utara, mempunyai sejarah panjang dalam Perang Dunia II. Pulau ini merupakan bekas pangkalan Sekutu. Letaknya yang strategis membuat Morotai menjadi rebutan antara tentara Jepang dan Sekutu.

Tak mengherankan bila banyak sekali peninggalan perang seperti amunisi, landasan pacu, meriam, hingga bangkai kapal perang ada di sini. Bahkan, jasad salah satu Jenderal Besar Amerika Serikat, Mac Arthur dikuburkan di pulau ini.

Tak hanya sejarahnya, Morotai juga dikenal karena keindahan panorama alamnya. Jikalau pulau eksotis biasanya hanya mempunyai pantai dan area snorkeling yang indah, Morotai mempunyai banyak surga tersembunyi yang jarang dimiliki pulau lain.

Air laut yang jernih bakal membuat pengalamanmu menyelam di sini makin berkesan. Paling menarik, kamu bisa menyelam dan melihat bangkai kendaraan Perang Dunia II, seperti tank, pesawat tempur, maupun jeep di kedalaman 15-40 meter.

Dengan perpaduan keindahan alam dan sejarah Perang Dunia II, Morotai ialah pilihan terbaik traveller yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus belajar sejarah. Morotai memang cocok bagi traveller yang menginginkan lebih dari sekadar pulau eksotis.

Seperti apa sih surga tersembunyi di pulau yang terletak di timur Indonesia ini? Disarikan, Kamis (11/10), ini lima surga tersembunyi Morotai yang bikin penasaran.

1. Museum Perang Dunia II.

foto: tagpariwisata.com

Di Kota Daruba berdiri sebuah museum kecil yang penuh artefak Perang Dunia II, dan replika peralatan perang yang tenggelam di Morotai. Pemerintah Amerika Serikat juga berkontribusi terhadap koleksi museum ini dengan menyumbang banyak sekali foto, dokumen, dan pernak-pernik Perang Dunia II. Di sana kamu bisa belajar sejarah Perang Dunia II lewat diorama, termasuk pendaratan Sekutu.

2. Tanjung Gorango.

foto: pambapontar.blogspot.com

Tanjung ini terletak di antara Desa Gorua dan Korago. Sekali menjejakkan kaki di sini, kamu bakal takjub dengan kejernihan airnya. Bak kaca, kamu bisa langsung melihat dasar pantai dengan mudah. Perpaduan birunya laut dan putihnya pasir bakal jadi background Instagram yang eye catching. Bersantai sejenak ditemani semilir angin laut di Tanjung Gorango bisa melepas semua penat yang ada.

3. Air Terjun Leo Leo.

foto: tips-wisata-indonesia.blogspot.com

Pengen menikmati air terjun yang masih alami dan asri? Air Terjun Leo Leo ini cocok buatmu. Untuk kamu penantang adrenalin, bisa mencoba melompat dari bibir air terjun berketinggian 10 meter itu ke dasarnya. Bermain menyatu dengan alam bisa membuatmu sejenak melupakan semua lelah.

4. Pantai Gorua.

foto: pedomanwisata.com

Tak hanya alamnya yang indah, warga Morotai juga sangat ramah lho. Hal ini terbukti di Pantai Gorua, dekat dengan Tanjung Gorango. Di pantai ini kamu bisa berinteraksi dengan warga yang ramah menyambutmu. Keindahan pasir putih dan keramahan warga pada traveller, membuat Morotai menjadi salah satu spot paling populer.

5. Lapangan Pante, Kampong Wamama.

foto: goindobali.wordpress.com

Ini nih yang cuma ada di Morotai. Diving spot Lapangan Pante ini memberikan atraksi yang unik. Di sini, kamu akan bertemu dengan bangkai pesawat terbang, tank, jeep, dan peninggalan Perang Dunia II lainnya. Bangkai kendaraan ini sekarang jadi koral yang indah, rumah aneka jenis ikan. Spot diving Lapangan Pante memang jadi surganya ikan dan para diver di Morotai.

Bagaimana Sobat, tertarik dengan keindahan alam dipadu dengan peninggalan Perang Dunia II di Morotai? Sebagai 'pemanasan,' kamu bisa menikmati dulu kisah Febrian menjelajahi Morotai demi pujaan hatinya, Adisty.

Berbekal foto Instagram, Febrian mengelilingi Indonesia demi bertemu si cantik tersebut. Penasaran seperti apa kisah mereka? Yuk, tonton episode pertama Ukiran Jejak 2 di bawah ini sebelum meluncur ke kuis dan kompetisi yang memberikan banyak sekali hadiah menarik, salah satunya berlayar ke Labuan Bajo!

Nah, jangan lewatkan kesempatan mendapatkan merchandise kerajinan khas Indonesia atau hadiah menarik lainnya buat 10 juara terpilih setiap episode dengan ikutan kuis Gesekan Jejak 2. Kamu tinggal jawab pertanyaan di kolom komentar Instagram @Indonesia_kaya dengan menyertakan tagar #GoresanJejak2. Ada kompetisi video juga yang berhadiah berlayar dengan cruise mewah ke Labuan Bajo buat 4 juara, lho!

Mau tahu lebih detail caranya gimana? Langsung meluncur ke sini yuk! Buruan ikutan, Sobat!

Comments