5 Sayuran Penurun Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

5 Sayuran Penurun Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

5 Sayuran Penurun Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

KEPONEWS.COM - 5 Sayuran Penurun Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes PENDERITA diabetes sangat memperhatikan asupan makanan setiap harinya. Mereka disarankan mengurangi konsumsi gula karena dapat memperburuk kondisi kesehatannya. Tapi, gula tetap dibutuhkan penderita d...

PENDERITA diabetes sangat memperhatikan asupan makanan setiap harinya. Mereka disarankan mengurangi konsumsi gula karena dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

Tapi, gula tetap dibutuhkan penderita diabetes untuk menyeimbangkan kesehatan. Catatan penting yang harus dipahami ialah memastikan kadar konsumsi gula hariannya terjaga dengan baik dan sesuai dengan anjuran dokter.

Masih Banyak Anak Meninggal karena Diabetes, Harus Ada Software Layanan Kesehatan

Adanya aturan ketat seperti itu membuat penderita diabetes mempunyai beberapa pantangan dalam segi asupan makanan. Meski begitu, tidak kemudian membuat hidup penderita diabetes akan susah karena banyaknya larangan.

Ya, masih ada beberapa sayuran yang boleh dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan gulanya rendah dan ini memberi manfaat baik sebagai penurun gula darah.

Dikutip dari laman Healthline, Rabu (1/9/2021), berdasarkan review dari Dokter Grant Tinsley, berikut beberapa sayuran yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan sangat bisa dikonsumsi penderita diabetes dengan takaran yang tidak berlebihan.

Brokoli. (Foto: Shutterbug75/Pixabay)

1. Brokoli

Brokoli yang dicincang menghasilkan zat aktif bernama Sulforaphane yang mempunyai sifat penurun gula darah. Tidak hanya dicincang, brokoli yang dikunyah pun mengeluarkan zat aktif tersebut.

"Studi mengungkapkan bahwa ekstrak brokoli kaya akan sulforaphane yang mempunyai efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi gula darah, serta penanda stres oksidatif," terang laporan tersebut.

Pasien dengan Kegagalan Multi Organ Bisa Kembali Pulih, Asalkan..

2. Labu

Sayuran yang satu ini mempunyai warna terang dan kaya akan serat. Labu dianggap pangan sehat untuk pengaturan gula darah. Orang Meksiko dan Iran memakai labu sebagai obat alami diabetes.

"Labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida yang telah terbukti bisa mengatur kadar gula dalam darah. Studi membuktikan bahwa labu dapat signifikan menurunkan kadar gula dalam darah pada penelitian manusia maupun hewan," jelas laporan itu.

Labu air. (Foto: Boldsky)

Comments