5 Risiko Kerusakaan jika Mobil Lama Tak Dipakai Akibat PPKM Darurat

Otomotif

News / Otomotif

5 Risiko Kerusakaan jika Mobil Lama Tak Dipakai Akibat PPKM Darurat

5 Risiko Kerusakaan jika Mobil Lama Tak Dipakai Akibat PPKM Darurat

KEPONEWS.COM - 5 Risiko Kerusakaan jika Mobil Lama Tak Dipakai Akibat PPKM Darurat PPKM Darurat yang diterapkan di sebagian wilayah Indonesia untuk menekan lonjakan kasus COVID-19 membuat aktivitas masyarakat berkurang di luar rumah. Otomatis mobil lebih banyak terparkir di garasi....

PPKM Darurat yang diterapkan di sebagian wilayah Indonesia untuk menekan lonjakan kasus COVID-19 membuat aktivitas masyarakat berkurang di luar rumah. Otomatis mobil lebih banyak terparkir di garasi.

Mobil yang diparkir lama tanpa digunakan ternyata berisiko rusak, bahkan bisa tak bisa distater. Jadi panaskan secara rajin mobil Kamu, dan pakailah sesekali berjalan sekitar lingkungan tempat tinggal serta rawat interior dan eksteriornya.

9 Tips Perawatan Mobil yang Lama Terparkir di Rumah Karena PPKM

Berikut sejumlah risiko dialami mobil kalau terlalu lama tak digunakan :

1. Tekanan angin mobil berkurang dan berpotensi kempis

Risiko pertama bermula dari ban, ban yang didiamkan terlalu lama maka tekanan angin pada ban pastinya akan berkurang perlahan-lahan. Hal itu disebabkan karena perbedaan suhu yang dapat menyebabkan angin menyusut.

Ilustrasi

2. Aki tekor

Ini yang umumnya menjadi permasalahan utama pada kendaraan bila terparkir terlalu lama dalam garasi dan sering membuat masyarakat panik. Hal ini disebabkan karena tegangan arus pada aki mengalami penurunan daya dengan sendirinya.

Jangan Terkecoh Harga Murah, Ini 8 Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas

Ini bisa diakibatkan oleh umur aki dan, arus listrik yang tidak stabil dan juga kualitas aki tersebut. Maka dari itu selama mobil berdiam di dalam garasi tipsnya ialah panaskan mesin secara bersiklus untuk menjaga aki mempunyai tegangan arus yang stabil sehingga mesin dapat dinyalakan dengan mudah.

3. BBM basi

Bahan bakar minyak atau BBM juga bisa memicu terjadi resiko kerusakan pada mobil. Pasalnya BBM akan bercampur dengan embun di dalam tangki bahan bakar. Hal ini beresiko terjadi endapan kotoran dan deposit yang dapat menurunkan kualitas BBM.

Parahnya lagi dapat membuat tangki bahan bakar kamu menjadi korosi/karat yang beresiko terjadi kebocoran bahan bakar yang tentunya sangat berbahaya.

Comments