5 Potret ledakan di Beirut Lebanon, disebut mirip bom Hiroshima

Nasional

News / Nasional

5 Potret ledakan di Beirut Lebanon, disebut mirip bom Hiroshima

5 Potret ledakan di Beirut Lebanon, disebut mirip bom Hiroshima

KEPONEWS.COM - 5 Potret ledakan di Beirut Lebanon, disebut mirip bom Hiroshima Ledakan besar mengguncang Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8). Kejadian berlangsung sekitar sore hari sekitar pukul 18.00 waktu Lebanon. Karena ledakan hebat ini ribuan orang menjadi korban. Jumlah korb...

Ledakan besar mengguncang Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8). Kejadian berlangsung sekitar sore hari sekitar pukul 18.00 waktu Lebanon. Karena ledakan hebat ini ribuan orang menjadi korban.

Jumlah korban ledakan Beirut, Lebanon dilaporkan terus bertambah. Dilaporkan awalnya hanya 10 orang menjadi korban, kini data sementara menyebutkan korban mencapai 73 orang. Untuk korban luka-luka sendiri sudah disebutkan mencapai 2.700 orang.

Dilansir dari Sky News melalui liputan6, Rabu (5/8), saksi mata mengatakan sejumlah orang terluka selama ledakan besar di seluruh kota. Penduduk sekitar juga melaporkan langit-langit bangunan runtuh dan jendela-jendela hancur.

Stunning video shows explosions just minutes ago at Beirut port pic.twitter.com/ZjltF0VcTr

Borzou Daragahi (@borzou) August 4, 2020

Pihak otoritas setempat masih mendalami penyebab ledakan yang terjadi di Beirut. Sementara itu, sangkaan awal ledakan besar di Beirut itu disebabkan oleh bahan peledak yang disita bertahun-tahun lalu dan disimpan di pelabuhan kota seperti diungkapkan Kepala Keamanan Umum Abbas Ibrahim.

"Tampaknya ada gudang yang berisi material yang disita bertahun-tahun lalu dan tampaknya itu merupakan material yang mudah meledak," katanya sembari menambahkan akan melakukan penyelidikan mendalam atas peristiwa itu.

Gubernur Beirut, Marwan Abboud, mengatakan ledakan besar yang terjadi di ibu kota Lebanon pada Selasa (4/8) mengingatkannya pada peristiwa bom atom Hiroshima dan Nagasaki di Jepang saat Perang Dunia II.

"Peristiwa ini mirip dengan apa yang terjadi di Jepang, di Hiroshima dan Nagasaki. Dalam hidup saya, saya belum pernah melihat kehancuran dengan skala besar seperti ini. Ini merupakan bencana nasional," ujar Abboud dikutip dari CNN.

telah menghimpun potret dan detik-detik ledakan yang terjadi di Beirut Lebanon dari banyak sekali sumber, Rabu (5/8).

1. Ledakan di Beirut memunculkan asap yang membumbung tinggi.

ledakan beirut berbagai sumber

foto: Twitter/@borzou

2. Pasca ledakan, bangunan di sekitar lokasi kejadian hangus dan menjadi reruntuhan.

ledakan beirut berbagai sumber

foto: Twitter/@jenzhuscott

Menurut seorang fotografer di tempat kejadian, orang-orang yang terluka terlihat bergeletakan di tanah dekat pelabuhan Beirut.

Editor Sky News, Zein Ja'far, yang berada di pusat kota Beirut pada ledakan yang terjadi Selasa 4 Agustus, mengatakan ledakan besar itu menyebabkan jendela runtuh dan membentuk seperti gua.

"Ledakan ini merobek fasad bangunan tempat kami berada, dan begitu debu mereda, kami dan orang lain di blok ini bergegas ke luar. Benar-benar pemandangan yang mengkhawatirkan," ucap Zein Ja'far.

"Suara sirene brigade pemadam kebakaran, ambulans, polisi dan juga militer telah cukup gencar selama 45 menit terakhir dan sejumlah besar layanan darurat dan pasukan keamanan bergegas ke daerah itu sekarang," ungkap Zein Ja'far.

3. Keadaan dan kondisi usai ledakan di Beirut.

#Beirut now. pic.twitter.com/0Ur4LZLs0Y

Dominik Tarczyski MEP (@D_Tarczynski) August 4, 2020

Media lokal juga melaporkan satu rumah sakit telah menyatakan tidak dapat mendapatkan pasien lagi karena sudah penuh, bukan hanya itu bahkan rumah sakit juga menyatakan telah kehabisan stok darah.

Rekaman yang diposting di sosmed menunjukkan sebuah bangunan bertingkat tinggi meledak, mengirimkan gelombang kejut yang luas di seluruh kota. Terdengar dan terasa sejauh Siprus - lebih dari 200 km (180 mil) jauhnya.

4. Ledakan dilaporkan berpusat di sekitar area pelabuhan kota yang berisi gudang-gudang, dan terasa hingga beberapa area di ibu kota.

ledakan beirut berbagai sumber

foto: Instagram/@beirutpg

Menurut kantor isu NNA dikutip dari Kepala Keamanan Internal Lebanon, Abbas Ibrahim, ledakan di Beirut itu terjadi di sebuah gedung yang berisi bahan-bahan yang sangat eksplosif. Laporan sebelumnya menyatakan bangunan itu ialah gudang penyimpanan kembang api.

Penyebab ledakan, yang terjadi tepat setelah pukul 18.00 waktu setempat (15:00 GMT), hingga kini belum diketahui secara pasti.

Setelah ledakan besar hari Selasa di daerah pelabuhan Beirut, dilaporkan PM telah menyatakan hari Rabu 5 Agustus sebagai Hari berkabung nasional.

5. Ledakan itu menyebabkan kerusakan besar pada daerah sekitarnya dan mengakibatkan kolom asap besar di ibu kota Beirut.

Recommended By Editor

Comments