5 Perusahaan Beri Peluang Penyandang Disabilitas untuk Berkarir

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Perusahaan Beri Peluang Penyandang Disabilitas untuk Berkarir

5 Perusahaan Beri Peluang Penyandang Disabilitas untuk Berkarir

KEPONEWS.COM - 5 Perusahaan Beri Peluang Penyandang Disabilitas untuk Berkarir Bertepatan dengan peringatan Kesadaran Disabilitas pada bulan Desember ini, lima perusahaan bersepakat untuk menandatangani komitmen dan membentuk Jejaring Bisnis danDisabilitas Indonesia (JBDI).Berda...

Bertepatan dengan peringatan Kesadaran Disabilitas pada bulan Desember ini, lima perusahaan bersepakat untuk menandatangani komitmen dan membentuk Jejaring Bisnis danDisabilitas Indonesia (JBDI).

Berdasarkan data hasil riset dari Universitas Indonesia mengenai penyandang disabilitas, dari 12.15 persen penyandang disabilitas di Indonesia, hanya 51,12 persen yang turut berpartisipasi dalam pasar kerja Indonesia, lebih rendah dari non-penyandang disabilitas yang berada pada angka 70,40 persen.

Selain itu, lebih banyak penyandang disabilitas yang berkerja di sektor informal (65,55 persen) dibandingkan sektor formal (34,45 persen). Rendahnya jumlah penyandang disabilitas yang bekerja di sektor formal menjadi salah satu perhatian utama yang diharapkan dapat diatasi melalui jejaring ini.

Francesco dOvidio, ILO Country Director untuk Indonesia, menyampaikan bahwa penyandang disabilitas memiliki potensi yang sangat besar yang dapat dieksplorasi oleh perusahaan dalam mencapai target mereka. Namun, masing-masing perusahaan masih bertindak sendiri tanpa adanya satu basis pelaksanaan yang dapat menguntungkan baik pihak pemberi kerja maupun pekerja.

Adanya jejaring ini diharapkan dapat menjadi sebuah wadah untuk berbagi dan belajar antara pemberi kerja untuk membangun sebuah lingkungan kerja yang inklusif, kondusif dan adil. Di samping itu, penyandang disabilitas juga dapat menjadi lebih sadar akan kesempatan yang ada bagi mereka untuk mengembangkan karir mereka di bidang korporasi atau sektor formal yang sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat mereka, jelas Francesco, seperti dimuat dalam keterangan pers, Selasa (20/12/2016).

Lima perusahaan yang bergabung untuk membentuk Jejaring Bisnis & Disabilitas Indonesia (JBDI) tersebut adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT L'Oral Indonesia, Standard Chartered Bank, Indonesia, PT TetraPak Stainless Engineering dan PT Trans Retail Indonesia.

Bersama dengan para mitra, seperti Disabled Person Organizations (DPO), Kementerian Ketenagakerjaan, International Labour Organization (ILO) dan BPJS Ketenagakerjaan, jejaring tersebut didirikan secara sukarela dan diresmikan dengan penandatanganan komitmen yang bersifat terbuka, terinspirasi dari inisiatif yang sudah ada di masing-masing perusahaan serta Global Business and Disability Network dari ILO.

JBDI memiliki misi untuk mendorong komunitas bisnis di Indonesia untuk menjadi lebih inklusif dan kondusif, baik melalui pertukaran informasi dan pengalaman maupun melalui kerjasama kegiatan antara perusahaan dengan berbagai pihak terkait yang saling menguntungkan dan berkelanjutan.

Selain misi tersebut, terdapat empat komitmen yang telah menjadi dasar jejaring ini, sebagai berikut:

1) Mempersiapkan sektor usaha menuju lingkungan kerja yang lebih inklusif (termasuk di bidang infrastruktur, pola pikir & kebijakan, aksesibilitas, penyediaan akomodasi layak, pendidikan & pelatihan, serta membangun kesadaran melalui pertukaran informasi)

2) Mendukung peran aktif penyandang disabilitas agar siap untuk memasuki dunia kerja (termasuk pola pikir, ketrampilan, komunikasi, akomodasi layak, pendidikan & pelatihan, membangun kesadaran)

3) Melakukan rekrutmen penyandang disabilitas berbasis potensi dengan cara yang setara dan bersahabat dengan keragaman

4) Mendorong program-program kreatif yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan sekaligus meningkatkan peran aktif dan kemandirian dari para penyandang disabilitas.

Kami mendukung sepenuhnya inisiatif gabungan yang positif ini karena ini adalah kesempatan baik bukan saja bagi perusahaan namun juga bagi para penyandang disabilitas yang memiliki banyak potensi dan bakat. Kami percaya bahwa JBDI dapat membuka pintu bagi para penyandang disabilitas untuk lebih berani mengejar karir impian mereka. Mungkin di awal tidak akan mudah, namun kita harus memulainya, ungkap Gufron Sakaril, Ketua Umum Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia.

Francesco menambahkan, memperkerjakan penyandang disabilitas bukanlah sebuah tindakan amal. Ini adalah sebuah kesempatan untuk mengembangkan perusahaan maupun para penyandang disabilitas menuju jalur karir yang lebih baik. Ia jugamengajak perusahaan lain untuk mengikuti langkah dari lima perusahaan ini karena merupakan hal yang patut dilakukan.

5 Perusahaan Beri Peluang Penyandang Disabilitas untuk Berkarir

Comments