5 Penjara paling unik di dunia, ada yang mewah kayak hotel

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

5 Penjara paling unik di dunia, ada yang mewah kayak hotel

5 Penjara paling unik di dunia, ada yang mewah kayak hotel

KEPONEWS.COM - 5 Penjara paling unik di dunia, ada yang mewah kayak hotel Penjara merupakan salah satu tempat rehabilitasi untuk para pelanggar hukum. Pembatasan ruang gerak manusia ini ialah suatu cara untuk memberikan efek jera terhadap siapa saja yang melakukan kejahatan...

Penjara merupakan salah satu tempat rehabilitasi untuk para pelanggar hukum. Pembatasan ruang gerak manusia ini ialah suatu cara untuk memberikan efek jera terhadap siapa saja yang melakukan kejahatan. Selain itu penjara juga merupakan alat untuk menangkal kejahatan dimana ancaman penjara diharapkan bisa menangkal pikiran seseorang untuk melakukan tindakan kejahatan.

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Begitu pula hukum pidana dan keadaan penjara. Ada beda pemahaman mengenai definisi penjara dan apa yang seharusnya dilakukan narapidana di dalam penjara di tiap negara.

Tidak semua penjara seperti apa yang kita pikirkan. Di beberapa tempat, para napi bukanlah manusia dalam terali yang meringkuk dan menunggu selesainya masa tahanan. Setiap penjara di dunia mempunyai hal-hal unik yang membuat kita mengernyitkan dahi.

Berikut berita yang dihimpun dari Boredpanda.com dan listverse.com, Selasa (17/7) perihal penjara-penjara unik di dunia

1. San Piedro, La Paz, Bolivia.

Di penjara ini, narapidana bisa membeli dengan harga sekitar USD 1.500-1.800 untuk membeli kasur privat serta layanan hot tub dan ruangan hingga tiga tingkat. Di penjara ini para narapidana memproduksi kokain dan menjualnya ke turis. Walaupun turisme merupakan hal ilegal di sana, namun pengunjung bisa mendapat akses dengan menyuap penjaga

2. Cebu Provincial Detention and Rehabilitation Center (CPDRC), Cebu, Filipina.

Di penjara ini, para narapidana diajari menari sebagai bagian dari rehabilitasi dan dirilis secara online.

3. Penjara perempuan San Diego, Cartagena, Columbia.

Di penjara ini, para perempuan bisa bebas dan tidak di dalam sel ketika malam. Mereka menjadi waitress kafe hingga koki di restoran "interno", sebuah restoran yang merupakan fasilitas indoor dari penjara tersebut.

4. Penjara Bastoy, Horton, Norwegia.

Penjara ini seperti kota. Di sana terdiri dari 80 bangunan, jalan raya, pantai, kantor berita, rumah sakit, gereja, sekolah, pelabuhan dan lapangan sepak bola.

5. Penjara Canto Grande, Peru.

Penjara ini dijalankan oleh narapidana sendiri. Walaupun ada sipir di sana, namun pamor penjaga tidak setinggi narapidana sendiri. Segala kegiatan penjara diambil alih oleh narapidana dan program-program di dalam penjara ditentukan oleh narapidana sendiri.

(mgg/hendra noor)

(pep)

Comments