5 Penemuan hewan besar gegerkan publik, terbaru kelelawar besar

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

5 Penemuan hewan besar gegerkan publik, terbaru kelelawar besar

5 Penemuan hewan besar gegerkan publik, terbaru kelelawar besar

KEPONEWS.COM - 5 Penemuan hewan besar gegerkan publik, terbaru kelelawar besar Bumi mempunyai keanekaragaman flora dan fauna yang tak terhitung jumlahnya. Hewan dan tumbuhan yang selama ini kamu lihat sehari-hari, masih sebagian kecil jenis flora dan fauna yang ada di muka bumi....

Bumi mempunyai keanekaragaman flora dan fauna yang tak terhitung jumlahnya. Hewan dan tumbuhan yang selama ini kamu lihat sehari-hari, masih sebagian kecil jenis flora dan fauna yang ada di muka bumi. Apalagi permukaan laut yang belum semuanya tereksplorasi, tentu hal ini menyimpan banyak misteri wacana hewan dan tumbuhan yang terdapat di dalamnya.

Oleh karena itu ketika sebuah hewan muncul di pemukiman atau di dekat manusia, tak jarang keberadaannya membuat kaget. Belum lagi bila hewan yang ditemukan mempunyai ukuran dan bobot yang cukup besar, tentunya itu membuat orang terkejut sekaligus penasaran.

Kayak penemuan hewan dengan ukuran besar yang beberapa hari ini viral di jagad maya. Seekor kelelawar seukuran manusia ditemukan di Filipina. Penemuan ini lantas membuat orang penasaran benarkah ada kelelawar dengan ukuran sebesar itu.

Ternyata bukan hanya penemuan kelelawar besar saja yang mengejutkan publik, beberapa hewan di bawah ini juga sempat membuat publik gempar. Berikut rangkum dari banyak sekali sumber, Kamis (9/7).

-1. Kelelawar raksasa.

Remember when I told y'all about the Philippines having human-sized bats? Yeah, this was what I was talking about pic.twitter.com/nTVIMzidbC

Alex (@AlexJoestar622) June 24, 2020

Seekor kelelawar raksasa yang menggantung pada besi di atap rumah salah seorang warga di Filipina menggemparkan dunia maya. Keberadaan hewan ini diposting oleh warganet pada akun Twitter @AlexJoestar622, Rabu (24/6).

Kelelawar raksasa yang dikenal sebagai kelelawar buah berjubah emas itu merupakan spesies kelelawar terbesar di dunia. Panjang sayapnya saja bisa mencapai 1,7 meter.

Keberadaan hewan nokturnal itu dikonfirmasi oleh salah seorang warganet yang berasal dari Filipina. Dia mengatakan bahwa keberadaan hewan itu benar adanya. Kelelawar tersebut mempunyai sayap yang lebar, namun tubuhnya tidak terlalu besar. Ukurannya pun hanya sebesar seekor anjing. Mereka hanya memakan buah-buahan terutama jambu biji.

Heya, from the Philippines here. I can confirm this, they have a huuuuuge wingspan but the bodies are not really that big, more or less like the same body as a medium (bit smaller) sized dog. And yeah they only eat fruits, guavas most particularly. They're really gentle too.

inbox ghost. (@louistenantIV) June 25, 2020

Akun @louistenantIV juga memberikan bahwa, ada juga kelelawar sejenis dengan ukuran yang lebih kecil. Biasanya kelelawar kecil singgah di pohon atau di bawah atap rumah. Sedangkan kelelawar dengan ukuran besar seperti ini, mereka akan menggantungkan dirinya di pohon yang lebih besar.

Banyak warga yang penasaran apakah hewan tersebut betul-betul merupakan hewan pemakan buah. Ada juga yang penasaran apakah kelelawar tersebut menghisap darah. Akun @louistenantIV menegaskan bahwa kelelawar tersebut benar-benar vegetarian. Dia hanya memakan banyak sekali jenis buah yang berada di pekarangan rumah.

Hingga saat ini tweet tersebut sudah di-retweet lebih dari 111 ribu pengguna Twitter, dan 270 ribu lebih likes. Apakah kamu pernah bertemu dengan kelelawar jenis ini?

2. Burung Harpy Eagle.

El guila arp a es una de las cuatro aves m s grandes del mundo. Mide hasta 1,10 metros de alto y 2 metros de...

Dikirim oleh Maestros, Profesores, Docentes (Experiencia Docente) pada Sabtu, 02 Maret 2019

Burung berukuran tak biasa ini sempat meramaikan Facebook pada kisaran bulan awal Maret tahun 2019 lalu. Penampakan burung yang lebih terlihat seperti seorang pria memakai kostum burung ini sempat membuat warganet kebingungan sekaligus penasaran.

Rasa penasaran warganet terjawab setelah salah seorang pengguna Twitter membagikan potret seorang pria bersama dengan burung viral tersebut. Melansir dari indiatoday.com, postingan itu dibagikan oleh akun @nonsuch_girl pada Selasa (1/10) 2019.

I thought this was fake... Harpy Eagle incredible bird!! How have I never seen this before!? pic.twitter.com/1JZoBRCazC

Girl (@nonsuch_girl) September 30, 2019

Burung tersebut disebut juga sebagai Burung Harpy Eagle. Penemuan burung besar ini membuat takjub sekaligus tercengang karena warganet belum pernah menemukan burung Harpy Eagle sebelumnya.

Burung yang mempunyai tinggi hingga 1,10 meter dan lebar sayap sekitar 2 meter ini menjadikan burung tersebut sebagai burung satu dari empat burung terbesar di dunia.

3. Buaya Lolong.

penemuan hewan besar gegerkan publik Berbagai Sumber

foto: Twitter/@SeriousStrange

Seekor buaya memang cukup dikenal banyak orang. Hewan reptil ini memang dikenal buas dan mempunyai ukuran cukup besar. Hewan berdarah dingin tersebut cukup diwaspadai oleh manusia, karena bila terganggu mereka bisa menerkam.

Tapi bagaimana bila buaya yang selama ini kamu lihat, bukanlah buaya terbesar di dunia. Melansir dari sebuah buaya air asin berukuran besar ditemukan sekitar bulan September 2011. Buaya tersebut ditemukan di desa terpencil Kota Bunawan, Filipina. Buaya ini sempat ditakuti manusia karena kerap memangsa manusia.

Saat ditemukan oleh warga, buaya yang dikenal juga sebagai buaya Lolong ini mempunyai panjang 6 meter ini beratnya mencapai lebih dari 1 ton, dan berusia 50 tahun. Namun sayangnya buaya terbesar di dunia ini akhirnya mati tanpa karena pasti.

Wali kota Bunawan Edwin Cox Elorde menyatakan, awalnya buaya yang diberi nama Lolong ini ditemukan dalam keadaan telentang dengan perut yang kembung di tempat penangkaran. Buaya tersebut masih hidup. Seorang dokter hewan, Alex Collantes langsung datang untuk memeriksa keadaan Lolong.

"Tapi Lolong tak terselamatkan. Beberapa jam kemudian, ia dinyatakan meninggal," kata Edwin, seperti dilansir News.com.au, Senin (11/2/2013).

4. Cumi-cumi raksasa.

penemuan hewan besar gegerkan publik Berbagai Sumber

foto: Liputan6.com

Penemuan hewan berukuran besar lainnya juga terjadi di Laut Bering, Rusia pada Oktober 2014 silam. Melansir dari dailymail.co.uk, seekor cumi-cumi raksasa menyerang kapal selam milik organisasi pembela lingkungan hidup, Greenpeace dengan menabrakkan tubuhnya dan menyemprotkan cairan tinta pada kapal tersebut. Penemuan hewan besar ini tertangkap oleh kamera dari kapal selam tersebut.

Kejadian berlangsung di laut Bering, wilayah perairan antara Rusia dan Alaska. Untungnya cumi-cumi yang menyerang kapal tersebut segera menjauh dan tanpa mengalami cedera apapun. Melansir dari cumi-cumi tersebut ditaksir mempunyai panjang mencapai 1,9 meter dengan bobot 350 kilogram.

5. Ubur-ubur besar.

foto: Liputan6.com

Penemuan hewan laut dengan ukuran besar juga terjadi di pantai Selatan Hobart, Tasmania, Australia, pada bulan Februari tahun 2014 silam. Seekor ubur-ubur ditemukan terdampar di tepian pantai dengan ukuran diameter mencapai 1,5 meter. Ubur-ubur ini ditemukan oleh Jose Lim dan keluarganya saat berada di pantai.

Melansir dari para ilmuwan di Australia langsung meneliti dan mengklasifikasikan spesies hewan laut itu.

Dr Lisa-ann Gershwin dari lembaga riset Pemerintah Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) mengatakan, para ilmuwan sudah menentukan spesiesnya, namun belum diklasifikasikan.

Ia mendefinisikan spesimen ubur-ubur itu sebagai "hewan yang benar-benar luar biasa".

Ternyata ubur-ubur yang ditemukan di pantai Selatan Hobart tersebut masuk kelompok Lion's Mane (Cyanea capillata). Munculnya hewan ubur-ubur dengan ukuran besar ini membuat sejumlah ilmuwan bersemangat.

Diberitakan data menyebut, ubur-ubur terbesar yang diketahui mempunyai genus serupa dengan Lion's Mane adalah Cyanea. Ubur-ubur itu ditemukan di Atlantik Utara dan Kutub Utara. "Cyanea arctica dapat tumbuh sampai sepanjang 3 meter," kata Dr Gershwin.

Recommended By Editor

Comments