5 Panduan Berumah Tangga Sesuai Anjuran Alquran

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

5 Panduan Berumah Tangga Sesuai Anjuran Alquran

5 Panduan Berumah Tangga Sesuai Anjuran Alquran

KEPONEWS.COM - 5 Panduan Berumah Tangga Sesuai Anjuran Alquran Mempunyai keluarga yang sakinah mawaddah warahmah merupakan impian seluruh umat Muslim yang sudah berpasangan....

Mempunyai keluarga yang sakinah mawaddah warahmah merupakan impian seluruh umat Muslim yang sudah berpasangan.

Bukan hanya mencintai pasangan secara halal dan mempunyai anak, ilmu rumah tangga serta parenting juga dibutuhkan, agar hubungan rumah tangga berjalan matang.

Menikah juga bukan berarti menyelesaikan masalah. Dalam pernikahan sangat dibutuhkan komitmen agar godaan maupun bencana rumah tangga bisa diselesaikan.

Melansir dari Islami.co, berikut lima tips berumah tangga sesuai ajaran Alquran yang bisa kamu terapkan!

Tak Ada yang Mau Merawat, Seorang Kakek Dikirm Anak ke Panti Jompo

1. Menyadari komitmen sebagai amanah dari Allah SWT
Di dalam Alquan disebut mitsaqan ghalizhan yaitu janji suci. Jadi, pernikahan yang didasari dengan komitmen sebagai amanah dari Allah SWT, Insyallah tidak diganggu oleh perusak rumah tangga maupun godaan yang lain. Komitmen yang dijalankan merupakan bagian dari amanah, sehingga perjalanan pernikahan merupakan bagian dari ibadah.

2. Memberi kehangatan
Dalam Alquran surat Al-Baqarah dan Ar-Ruum disebut dengan zawaj. Setiap pasangan mesti memberikan kehangatan, memelihara, rasa saling, menutupi, dan memuliakan satu sama lain. Alquran menggambarkan ibarat pakaian yang saling menutupi aurat, dan menutupi kekurangan dan memperindahnya, dengan saling menyempurnakan satu sama lain.

3. Memperlakukan satu sama lain dengan baik
Dalam Alquran surat An-Nisaa, disebut mu asyaroh bil ma ruf. Memperlakukan pasangan dengan cara yang baik, yaitu meminta izin untuk berjima. Juga sebelum melakukannya, berkenan untuk berbicara dulu dengan pasangan. Apakah kondisinya sedang baik atau tidak, dan jangan memaksa satu sama lain, meski pernikahan sudah sah. Jikalau memperlakukan pasangan secara baik, maka Allah meridai untuk memberikan keturunan yang berkah.

4. Bermusyawarah
Dalam pernikahan, perlunya bermusyawarah untuk mencapai suatu kesepakatan atau memutuskan sesuatu. Seperti nafkah istri, kebutuhan anak, tempat tinggal, dan lain-lain agar tidak ada pertengkaran bahkan perceraian, perlunya bermusyawarah dengan pasangan satu sama lain, agar tujuan rumah tangga tercapai.

5. Memberi rasa nyaman kepada pasangan
Dalam bahasa Alquran taraadhin min huma, yaitu masing-masing saling rida memberi rasa nyaman kepada pasangan satu sama lain. Rasa nyaman tak hanya secara materi, namun juga batin agar rumah tangga tetap tenang, juga sebagai penyejuk rumah agar menjadi surga dunia yang diridai Allah SWT.

Terungkap! Najwa Shihab Sering Baca Selawat dan Surah Alquran Ini

Comments