5 Mitos atau Fakta Seputar Bunuh Diri yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Mitos atau Fakta Seputar Bunuh Diri yang Mungkin Belum Anda Ketahui

5 Mitos atau Fakta Seputar Bunuh Diri yang Mungkin Belum Anda Ketahui

KEPONEWS.COM - 5 Mitos atau Fakta Seputar Bunuh Diri yang Mungkin Belum Anda Ketahui Bunuh diri bukanlah suatu hal yang dapat dianggap remeh. Oleh karena itu, ketika ada sesuatu yang berkaitan dengan bunuh diri, patut untuk dilihat tingkat keseriusan orang tersebut untuk mencegahnya....

Bunuh diri bukanlah suatu hal yang dapat dianggap remeh. Oleh karena itu, ketika ada sesuatu yang berkaitan dengan bunuh diri, patut untuk dilihat tingkat keseriusan orang tersebut untuk mencegahnya.

Terkait bunuh diri, masih ada mitos atau fakta yang beredar di masyarakat. Beberapa masyarakat mengatakan sebelum seseorang bunuh diri, biasanya dapat terlihat beberapa tanda-tanda yang diberikan. Ada juga yang mengatakan orang dengan niat bunuh diri tidak akan melakukan. Benarkah demikian?

Lalu apa saja sih mitos-mitos yang muncul terkait bunuh diri dan bagaimana kebenarannya? Melansir laman News18, berikut beberapa mitos yang beredar mengenai bunuh diri.

Ilustrasi bunuh diri (Unsplash.com/ Eva Blue)Ilustrasi bunuh diri (Unsplash.com/ Eva Blue)

1. Orang yang berbicara perihal bunuh diri tidak pernah melakukannya (mitos)

Jung Joong Ji eks Kontestan Produce 101 Bunuh Diri Usai Rayakan Ulang Tahun Ke-30

Dikatakan orang yang berbicara ingin melakukan bunuh diri tidak pernah melakukan dan sering dianggap hanya mencari perhatian. Itu ialah mitos. Padahal, itu bisa saja menjadi tanda kalau orang tersebut memang membutuhkan pertolongan. Hal ini juga mempunyai kemungkinan ia akan melakukan suatu waktu.

2. Orang yang membicarakan bunuh diri mendorong untuk melakukannya (fakta)

Ketika seseorang membahas terkait bunuh diri, itu akan mendorongnya untuk melakukannya. Orang tersebut justru akan mempertimbangkan untuk melakukan bunuh diri tersebut. Oleh karena itu, ketika ada hal-hal yang terkait dengan bunuh diri, usahakan lakukan pembicaraan yang justru membuat perasaan menjadi lebih baik.

3. Seseorang bunuh diri hingga meninggal tanpa ada peringatan (mitos)

Seringkali seseorang yang melakukan bunuh diri disebut secara tiba-tiba atau tanpa ada ada peringatan atau tanda-tanda yang diberikan. Padahal, kalau digali lebih dalam, orang yang bunuh diri tersebut biasanya telah memberikan tanda-tanda peringatan jikalau dirinya akan melakukan hal itu.

Istri Minggat usai Bertengkar, Suami Tewas Gantung Diri di Mengwi, Didahului Ancaman Bunuh Diri

4. Mencoba melawan rasa ingin bunuh diri akan memperkecil peluang itu terjadi (mitos)

Comments