5 Media Tanam Anggrek Paling Ampuh, Bikin Tanaman Bunga Semakin Subur

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

5 Media Tanam Anggrek Paling Ampuh, Bikin Tanaman Bunga Semakin Subur

5 Media Tanam Anggrek Paling Ampuh, Bikin Tanaman Bunga Semakin Subur

KEPONEWS.COM - 5 Media Tanam Anggrek Paling Ampuh, Bikin Tanaman Bunga Semakin Subur Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan saat ingin memulai budidaya tanaman merupakan pemilihan media tanam yang tepat, tidak terkecuali untuk tanaman anggrek. Apa media tanam anggrek yang terb...

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan saat ingin memulai budidaya tanaman merupakan pemilihan media tanam yang tepat, tidak terkecuali untuk tanaman anggrek. Apa media tanam anggrek yang terbaik?

Anggrek menjadi salah satu tanaman bunga yang cukup populer untuk dijadikan menghias area taman di rumah, salah satunya karena warnanya yang cantik.

Tertarik untuk menanam anggrek? Yuk, cari tahu lebih dulu 5 media tanam yang tepat untuk tanaman hias bunga anggrek yang telah dilansir dari laman The Spruce.

Tanaman anggrek bulan. (Pixabay/hartono subagio)Tanaman anggrek bulan. (Pixabay/hartono subagio)

Batu Bata

Cara Menanam Kangkung di Polybag dari Bibit sampai Panen, Cocok untuk Pemula

Potongan batu-bata diketahui mempunyai berat yang bagus untuk dijadikan media tanam anggrek dan menambah keseimbangan. Selain itu, batu bata dapat menjaga kelembaban anggrek karena cukup tahan air.

Potongan batu bata baik untuk menjaga bentuk anggrek tetap tegak, khususnya pada beberapa jenis anggrek seperti Dendrobium.

Batu Kobel

Media tanam yang baik untuk anggrek selanjutnya ialah batu kobel atau cobblestone. Sama halnya dengan bata yang menyangga bagian bawah pot anggrek sebagai pemberat, hanya saja batu kobel tidak terlalu bisa menahan air.

Oleh karena itu, campurkan batu kobel dengan media tanam lain untuk memperbaiki drainase anggrek.

Bisa Hilangkan Stres, Ini Manfaat Tanaman Hias di Ruang Kerja

Kulit Kayu Parut

Kulit kayu parut dari pohon cemara atau cedar juga dapat digunakan untuk menjadi media tanam anggrek.

Bahan ini bagus digunakan untuk penanaman anggrek bagi pemula. Namun, jangan lupa untuk memindahkan tanaman anggrek yang sudah tumbuh besar atau repotting setidaknya satu tahun sekali.

Pekerja merawat Anggrek (Orchidaceacea) hasil budidaya di Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (2/3). [Arief Hermawan P]Pekerja merawat Anggrek (Orchidaceacea) hasil budidaya di Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (2/3). [Arief Hermawan P]

Batu Lava

Media tanam anorganik satu ini biasa digunakan untuk bunga anggrek yang diimpor dari Hawaii. Selain tidak mudah pecah, seperti media tanam batu lainnya, batu lava juga bagus untuk menjaga kelembapan anggrek dan menjadi campuran yang pas untuk anggrek yang akarnya tidak suka diganggu.

Batu Apung

Media tanam anggrek selanjutnya ialah batu apung. Dengan banyaknya pori-pori pada batu apung, media tanam ini bisa menahan hingga 50% dari beratnya di dalam air. Berbeda dengan jenis media tanam batu lainnya, batu apung tidak akan membebani tanaman anggrek.

Demikian berita media tanam yang cocok untuk digunakan menanam anggrek. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Comments