5 Manfaat Mengonsumsi Cabai untuk Kesehatan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Manfaat Mengonsumsi Cabai untuk Kesehatan

5 Manfaat Mengonsumsi Cabai untuk Kesehatan

KEPONEWS.COM - 5 Manfaat Mengonsumsi Cabai untuk Kesehatan SEMUA orang di dunia tentu sudah tidak asing lagi dengan cabai. Seringkali cabai digunakan untuk memberikan efek pedas pada makanan yang dapat meningkatkan selera makan. Alhasil, saat ini banyak orang...

SEMUA orang di dunia tentu sudah tidak asing lagi dengan cabai. Seringkali cabai digunakan untuk memberikan efek pedas pada makanan yang dapat meningkatkan selera makan. Alhasil, saat ini banyak orang yang memodifikasi sambal dengan beberapa jenis bahan makanan lainnya sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat.

Berbicara mengenai cabai, selain memberikan efek pedas pada lidah yang mengonsumsinya, tanaman yang satu ini juga bisa memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh Kamu. Di balik rasa pedas yang menusuk, terdapat beberapa zat yang sangat baik bagi kesehatan.

Sebagaimana diketahui, zat utama yang terdapat dalam cabai ialah capcaisin, yang bertanggung jawab untuk menghasilkan sensasi panas yang hebat. Di balik rasa panas tersebut, ternyata mereka dapat meringankan dan mencegah banyak kondisi buruk bagi tubuh.

(5 Penampilan Sederhana Namun Menawan Rikako Ikee, Atlet Terbaik Asian Games 2018)

Penasaran dengan segudang manfaatnya? Menyadur dari Chilly Willy, Senin (3/9/2018), Okezone akan membahas mengenai manfaat cabai bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi cabai mempunyai dampak yang sangat positif pada orang-orang yang kelebihan berat badan atau menderita diabetes. Tim peneliti di The University of Tasmania, yang menerbitkan American Journal of Clinical Nutrition, pada bulan Juli 2006, menemukan bahwa makan cabai dapat membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan setelah makan.

2. Menjaga kesehatan hati

Cabai dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan bertindak sebagai pengencer darah untuk membantu melindungi manusia terhadap stroke. Mengonsumsi makanan dengan cabai setiap hari akan bermanfaat bagi kesehatan hati Kamu.

(Festival Cabai di China)

3. Mengurangi peradangan

Capsaicin dikenal mengandung Neuropeptida yang terkait dengan proses inflamasi. Perubahan cabai terkait dalam protein plasma telah dilaporkan pada pasien dengan penyakit auto-inflamasi seperti rheumatoid dan arthritis.

Asupan cabai secara teratur dapat membantu meminimalkan efek penyakit ini pada tubuh. Capsaicin juga berfungsi sebagai pereda nyeri yang efektif tanpa efek mati rasa yang biasanya dikaitkan dengan anestesi.

(Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya)

4. Memberikan efek terapi pada tubuh

Banyak penelitian sekarang mengungkapkan bahwa cabai dapat mempunyai efek terapi pada tubuh, memungkinkan seseorang untuk lebih mudah rileks. Capsaicin memblokir bahan kimia alami yang disebut Substance P, yang menimbulkan persepsi rasa sakit.

Akibatnya, cabai dapat bermanfaat dalam meredakan dan mencegah masalah umum seperti sakit kepala, migrain dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh masalah sinus. Efek ini juga memungkinkan seseorang untuk bersantai dengan lebih mudah.

5. Melancarkan saluran pernapasan

Cabai sangat bagus, cepat dan efektif memperlancar saluran hidung Kamu. Hal ini memungkinkan Kamu untuk bernapas lebih mudah. Meski demikian, Kamu mungkin akan terengah-engah setelah mendapatkan efek ini ketika cuaca sedang panas.

(tam)

Comments