5 Manfaat Makan Rebung, Baik untuk Kesehatan Jantung

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

5 Manfaat Makan Rebung, Baik untuk Kesehatan Jantung

5 Manfaat Makan Rebung, Baik untuk Kesehatan Jantung

KEPONEWS.COM - 5 Manfaat Makan Rebung, Baik untuk Kesehatan Jantung Tak sedikit dari Kamu yang sudah pernah makan rebung. Jenis sayuran yang berasal dari tunas bambu muda ini cukup populer untuk banyak sekali olahan masakan, salah satunya jadi isian lumpia....

Tak sedikit dari Kamu yang sudah pernah makan rebung. Jenis sayuran yang berasal dari tunas bambu muda ini cukup populer untuk banyak sekali olahan masakan, salah satunya jadi isian lumpia.

Rasa dan aromanya yang khas selalu mudah dikenali oleh penggemar rebung. Ternyata sederet nutrisi yang ada di dalam rebung terbilang kaya dan lengkap. Tak heran, manfaat makan rebung juga banyak.

Kandungan Nutrisi Rebung

Kandungan utama yang dimiliki rebung merupakan serat, tembaga, vitamin B6, dan juga vitamin E. Namun di luar itu, rebung juga mengandung lebih banyak nutrisi dan manfaat kesehatan lainnya.

Dimas The Meat Guy Gak Bisa Lagi Makan Steak Banyak-banyak, Kolesterol Jahat Jadi Biang Keroknya

Dikutip dari Halodoc, dalam secangkir rebung atau sekitar 155 gram yang sudah dimasak terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut.

Kalori sebanyak 64 kalProtein sebanyak 2,5 gramLemak sebanyak 4,5 gramKarbohidrat sebanyak 5 gramSerat sebanyak 2 gramTembaga sebanyak 19% dari kebutuhan harianVitamin B6 sebanyak 14% dari kebutuhan harianRiboflavin sebanyak 3% dari kebutuhan harianVitamin K sebanyak 3% dari kebutuhan harianVitamin E sebanyak 9% dari kebutuhan harianTiamin sebanyak 3% dari kebutuhan harianFosfor sebanyak 3% dari kebutuhan harianKalium sebanyak 3% dari kebutuhan harianZat besi sebanyak 3% dari kebutuhan harian

Lalu dengan Nutrisi yang Ada, Apa Manfaat Makan Rebung?

Nah, melihat sekian banyak nutrisi yang dimiliki oleh rebung, tentu manfaatnya juga akan cukup banyak, kan? Beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat makan rebung antara lain ialah sebagai berikut.

1. Membantu melancarkan dan menyehatkan pencernaan

Menjadi sumber serat yang baik, rebung bisa membantu Kamu menjaga kesehatan pencernaan. Adanya efek prebiotik dan serat yang kaya membuatnya memberikan manfaat ini.

3 Buah dan 2 Sayuran Bisa Menambah Jumlah Sperma, Tokcer untuk Promil

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Konsumsi juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Jelas, hal ini bisa membantu mencegah adanya penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menjaga berat badan ideal

Rebung termasuk makanan rendah kalori dan rendah lemak sehingga dapat membantu Kamu untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Toko Lumpia Cik Meme sajikan Lumpia khas kota Semarang. (Ambar Adi Winarso)Toko Lumpia Cik Meme sajikan Lumpia khas kota Semarang. (Ambar Adi Winarso)

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Rebung juga termasuk sumber makanan yang baik untuk imunitas. Ini berkat kandungan protein, antioksidan, dan vitamin serta mineral yang ada di dalamnya.

5. Mencegah penyakit kardiovaskular

Karena konsumsi rebung dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah adanya penumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah, artinya juga bisa mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

Manfaat makan rebung cukup banyak, kan? Maka dari itu, Kamu bisa memasukkan rebung ke dalam menu makanan sehat sehari-hari.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Comments