5 Makanan Tertua Temuan Arkeolog, Bentuknya Mengerikan

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

5 Makanan Tertua Temuan Arkeolog, Bentuknya Mengerikan

5 Makanan Tertua Temuan Arkeolog, Bentuknya Mengerikan

KEPONEWS.COM - 5 Makanan Tertua Temuan Arkeolog, Bentuknya Mengerikan Arkeolog menemukan makanan yang dikonsumsi manusia dari zaman dahulu kala. Makanan dari ribuan tahun lalu ini terdiri dari beragam jenis. Dikarenakan telah berusia ribuan tahun, tak heran kalau bentuk...

Arkeolog menemukan makanan yang dikonsumsi manusia dari zaman dahulu kala. Makanan dari ribuan tahun lalu ini terdiri dari beragam jenis.

Dikarenakan telah berusia ribuan tahun, tak heran kalau bentuk makanan tersebut telah berubah menjadi terlihat menjijikan dan mengerikan. Dilansir dari Ranker, berikut lima makanan kuno yang ditemukan para arkeolog.

1. Sup tulang

Beberpa makan ditemukan oleh arkeolog dari kuburan, di mana orang dikubur dengan perbekalan untuk kehidupan di alam baka. Arkeolog yang bekerja di China menemukan persembahan makanan di salah satu kuburan, dan menemukan panci perunggu. Saat dibuka, mereka menemukan sup tulang berusia 2.400 tahun.

Karena proses oksidasi, sup itu kini telah berubah menjadi berwarna hijau, namun masih berbentuk cair, dengan tulang-tulang masih mengambang di atasnya.

Makanan tertua

2. Mentega

Mentega telah ada semenjak dahulu kala, dan yang mengejutkan ialah sebuah mentega dengan berat sekitar hampir 35 kilogram yang ditemukan di Irlandia. Mentega itu berusia 3.000 tahun lalu dan terkubur dalam sebuah rawa. Sepertinya mereka telah lupa pernah menyimpannya di sana.

Alasan orang zaman dahulu menyimpan mentega di rawa karena mentega saat itu merupakan komoditi yang sangat berharga, bahkan mereka menggunakannya untuk membayar pajak. Mereka menyembunyikan mentega sama seperti orang menyimpan uangnya di bawah bantal atau kasur.

Makanan tertua

3. Wine

Renovasi Rumah, Penghuni Temukan Pesan Mengejutkan di Kamar Mandi

Merasa Bersalah, Denda Parkir 44 Tahun Akhirnya Dibayar

Niat Cari Istri, Pria Ini Klaim Ditolak 80 Ribu Wanita

Wine tertua di dunia ini hampir berusia 1.700 tahun. Berasal dari makam Romawi, dekat Speyer, Jerman. Botol wine tersebut ditemukan saat dilakukan penggalian pada kuburan bangsawan Romawi dengan tanggal antara 325-359 masehi. Saat ini, wine tersebut disimpan di sebuah Museum Sejarah Palatinate di Speyer.

Wine tertua

4. Roti

Petani di Inggris membuat roti 5.500 tahun lalu, dengan membakarnya. Para arkeolog menemukan roti terbuat dari gandum di sebuah lubang dekat Oxford.

Roti tersebut dibuang ke lubang sampah karena gosong atau mungkin dimaksudkan sebagai persembahan religius. Penampakan roti itu sendiri sudah menyerupai arang yang awalnya dikira arang oleh para ilmuwan yang menemukannya. Tapi setelah menelitinya memakai mikroskop, ditemukan adanya butiran gandum kuno.

Roti tertua

5. Mi

Mi merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan sepanjang waktu dan pasti dicari. Tapi tidak dengan mi yang telah berusia 4.000 tahun ini. Arkeolog menemukan semangkuk mi di China, di mana mi panjang berwarna kuning itu berada di dalamnya dan terkubur di kedalaman tiga meter dalam kondisi kotor.

Mi tersebut mungkin diawetkan setelah gempa bumi disertai banjir di Sungai Kuning. Terlepas dari itu, mi ini menjadi bukti bahwa China seharusnya diakui sebagai penemu mi pertama kali sebelum Italia.

Mi tertua

Comments