5 Makanan Penuh Warna Khas Indonesia yang Menarik Dicoba

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

5 Makanan Penuh Warna Khas Indonesia yang Menarik Dicoba

5 Makanan Penuh Warna Khas Indonesia yang Menarik Dicoba

KEPONEWS.COM - 5 Makanan Penuh Warna Khas Indonesia yang Menarik Dicoba SEBAGAI negara yang beragam, Indonesia mempunyai banyak sekali jenis masakan, mulai makanan pokok, lauk-pauk, jajanan hingga minuman. Hidangan khas Nusantara pun mempunyai ciri berbeda di setiap daera...

SEBAGAI negara yang beragam, Indonesia mempunyai banyak sekali jenis masakan, mulai makanan pokok, lauk-pauk, jajanan hingga minuman. Hidangan khas Nusantara pun mempunyai ciri berbeda di setiap daerahnya. Tidak hanya jenisnya, cita rasa, bentuk, dan warnanya juga bermacam-macam.

Salah satu yang membuat menarik merupakan warna pada makanan. Warna makanan bisa menggugah selera para penikmatnya. Tidak hanya makanan kekinian yang penuh warna, banyak makanan khas Indonesia yang berwarna-warni.

5 Makanan untuk Menjaga Imunitas di Tengah Pandemi

Berikut lima makanan khas Indonesia yang mempunyai tampilan penuh warna, sebagaimana telah Okezone rangkum.

1. Cenil

Cenil merupakan jajanan tradisional berbahan dasar singkong dan tepung ketan atau kanji yang masih eksis hingga saat ini. Makanan ini biasa dibentuk bulat-bulat, kotak bahkan lonjong. Bertekstur kenyal dan penuh warna, umumnya warna hijau, merah muda dan putih.

Memasaknya cukup mudah, cukup merebus adonan, campuran tepung, parutan singkong, garam dan air panas, saja sampai matang. Cenil disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir atau disiram dengan gula merah cair.

Cenil. (Foto: Wikipedia)

2. Kalua jeruk

Camilan khas Ciwidey ini terbuat dari kulit jeruk bali yang dicampur dengan gula kawulang alias gula merah sehingga menjadi manisan. Rasanya tidak kalah dengan jenis manisan lainnya. Makanan ini mempunyai rasa khas yang unik. Tekstur kalua jeruk ini keras diluar dan lembut di dalam, sedangkan rasanya manis.

Masakannya Dilepeh Chef Juna, 4 Peserta MasterChef Harus Masuk Pressure Test

3. Geplak

Makanan khas Kabupaten Bantul, Yogyakarta, ini terbuat dari kelapa parut dan gula pasir atau gula jawa. Rasanya yang manis menjadikan makanan ini cocok sebagai camilan dan sahabat minum teh. Teksturnya keras namun akan lumer saat sudah di dalam mulut.

Biasanya dikemas dalam besek, kemasan tradisional yang terbuat dari anyaman bambu. Bentuknya yang unik dan rasanya yang khas membuat geplak sangat di gemari oleh masyarakat, sehingga sering dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan.

Geplak. (Foto: Cookpad)

Comments