5 Kuliner Lezat Ini Hanya Bisa Ditemui di Bulan Ramadan

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

5 Kuliner Lezat Ini Hanya Bisa Ditemui di Bulan Ramadan

5 Kuliner Lezat Ini Hanya Bisa Ditemui di Bulan Ramadan

KEPONEWS.COM - 5 Kuliner Lezat Ini Hanya Bisa Ditemui di Bulan Ramadan Waktu berburu takjil dan makanan berbuka menjadi salah satu hal yang ditunggu saat bulan Ramadan tiba. Beberapa daerah bahkan memiliki makanan khas yang hanya bisa ditemui saat bulan Ramadan. Dirangku...

Waktu berburu takjil dan makanan berbuka menjadi salah satu hal yang ditunggu saat bulan Ramadan tiba. Beberapa daerah bahkan memiliki makanan khas yang hanya bisa ditemui saat bulan Ramadan.

Dirangkum dari banyak sekali sumber, berikut ini lima makanan pilihan yang hanya hadir saat bulan Ramadan.

Kerupuk Ojay

Beken di Bumi Parahyangan, makanan yang dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai kerupuk berenang ini biasanya diburu menjelang berbuka puasa.

Kerupuk kuning dengan diameter 10 hingga 15 sentimeter ini ini disajikan dengan kuah sambal oncom. Kerupuk dicelupkan atau direndam dalam kuah pedas oncom sampai lembek dan kuah meresap.

Kicak

Ini ialah salah satu makanan yang cukup populer saat Ramadan tiba. Makanan yang berasal dari kota Yogyakarta ini bisa dijumpai di daerah Kauman, yang merupakan asal muasal makanan ini dibuat. Kicak dibuat dari bahan beras ketan dan ketan yang sudah ditanak dihaluskan hingga mirip jadah atau gemblong. Kemudian dicampur kelapa parut dan potongan buah nangka.

Makanan ini disajikan dengan dibungkus daun pisang yang membuat wangi nangka semakin menarik hati.

Pakat

Masakan tradisi khas masyarakat Tapanuli ini selalu muncul di bulan Ramadan. Makanan ini terbuat dari rotan atau disebut pakat yang hanya bisa dijumpai selama bulan Ramadan.

Rotan yang digunakan merupakan rotan berusia muda yang dipotong-potong berukuran satu sentimeter, kemudian dibakar di atas tungku selama satu jam. Setelah dimasak, rotan muda dikupas dan diambil bagian dalamnya yang berwarna putih. Daging rotan lalu dipotong berukuran lima sentimeter.

Penjual ketan bintul di Serang, Banten.

Ketan Bintul

Masakan khas Ramadan dari kota Serang, Banten ini berbahan baku nasi ketan yang dihaluskan dan disajikan bersama sepotong daging sapi beserta gulai.

Mie Glosor

Mie khas Bogor ini biasa dikonsumsi di bulan Ramadan. Menggunakan adonan tepung sagu atau aci dan ditambah kunyit, mie ini disajikan dengan sambal kacang pedas yang disiram di atas mie. Biasanya makanan ini dikonsumsi bersama gorengan. (ch)



Comments