5 Kisah misterius kota kuno bawah laut, suasananya mencekam

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

5 Kisah misterius kota kuno bawah laut, suasananya mencekam

5 Kisah misterius kota kuno bawah laut, suasananya mencekam

KEPONEWS.COM - 5 Kisah misterius kota kuno bawah laut, suasananya mencekam Apakah kamu pernah mendengar kata Atlantis? Atlantis merupakan pulau legendaris pertama yang disebut oleh Plato dalam bukunya. Menurut mitos pulau ini tenggelam hanya dalam satu hari satu malam. Hingg...

Apakah kamu pernah mendengar kata Atlantis? Atlantis merupakan pulau legendaris pertama yang disebut oleh Plato dalam bukunya. Menurut mitos pulau ini tenggelam hanya dalam satu hari satu malam. Hingga kini keberadaannya pun masih menjadi misteri. Populernya Atlantis sampai-sampai Disney membuat film animasinya pada tahun 2001 lalu.

Mirip kisah Atlantis yang misterius, ternyata di dunia ini memang benar-benar terdapat kota yang lokasinya ada di bawah laut. Kota bawah laut ini sudah berdiri semenjak ratusan hingga ribuan tahun yang lalu. Tentu saja awalnya kota-kota ini terletak di daratan seperti kota pada umumnya.

Namun karena suatu kejadian atau letaknya yang memungkinkan, kota-kota ini akhirnya lenyap ditelan air. Beberapa ada yang dijadikan wisata bawah laut. Para turis lokal maupun mancanegara bisa mengunjungi kota ini dengan cara menyelam atau melihatnya dari perahu. Ada juga yang dijadikan situs kuno dilindungi oleh UNESCO.

Berikut ini 5 kisah misterius kota kuno bawah laut. Seperti rangkum dari banyak sekali sumber pada Minggu (25/3).

1. Dwarka, India.

foto: daily.bhaskar.com

Pada tahun 2000, arkeolog menemukan reruntuhan di bawah laut lepas pantai Kota Dwarka, India. Kota bawah laut ini ditemukan pada kedalaman 40 meter. Menurut legenda, Dewa Krishna pernah tinggal di kota yang tenggelam ini. Karena pada kisah Mahabarata, disebutkan kalau Sri Krishna ialah raja di Dwarka.

2. Port Royal, Jamaika.

foto: gounesco.com

Kota Port Royal ditemukan pada tahun 1518. Kota ini sering dijuluki 'kota paling jahat dan berdosa di dunia'. Alasannya adalah, Port Royal jadi tempat persinggahan para bajak laut. Pada tahun 1692, terjadi gempa bumi dahsyat di kota ini disusul dengan bencana tsunami yang menewaskan 2000 orang. Oleh karena bencana tersebut, Port Royal akhirnya runtuh dan tenggelam di dasar lautan.

3. Pavlopetri, Yunani.

foto: greece.greekreporter.com

Diperkirakan kota bawah laut yang terletak di Yunani ini berusia 5000 tahun. Meskipun tenggelam, kota ini bentuknya masih sedikit utuh. Di sana masih bisa terlihat bangunan serta jalan raya. Namun sayangnya, kota yang berada di bawah laut Laconia ini terancam punah.

Hal itu disebabkan oleh banyaknya wisatawan jahil yang mengambil puing-puing reruntuhan untuk dibawa pulang. Untuk itu, UNESCO melindungi kota ini dan dijadikan situs kuno yang dilindungi.

4. Baia, Italia.

foto: dailystar.co.uk

Pada masanya, kota ini merupakan resort dan tempat rekreasi kaum elit Romawi. Jikalau dibandingkan dengan sekarang, setara dengan Las Vegas. Namun karena serangan dari tentara Saracen, kota ini kemudian banyak ditinggalkan penghuninya. Lokasinya yang berada di bawah gunung api Vesuvius membuat kota ini lama-lama tenggelam yang akan terjadi dari aktivitas gunung tersebut. Kini, kota Baia dijadikan sebagai taman arkeologi bawah laut.

5. Olous, Yunani.

foto: urbanghostsmedia.com

Jikalau kota bawa laut lain harus menyelam beberapa meter untuk mencapai lokasinya. Namun kota Olous ini bisa dilihat tanpa harus menyelam jikalau air laut sedang surut. Oleh karena memang air pantainya yang bening. Sebuah dinding bangunan kuno juga kadang muncul ke permukaan bila air pantai surut.

(del)

Comments