5 Khasiat Temulawak Herbal Indonesia yang Sudah Go Internasional, Bisa Cegah Kanker!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Khasiat Temulawak Herbal Indonesia yang Sudah Go Internasional, Bisa Cegah Kanker!

5 Khasiat Temulawak Herbal Indonesia yang Sudah Go Internasional, Bisa Cegah Kanker!

KEPONEWS.COM - 5 Khasiat Temulawak Herbal Indonesia yang Sudah Go Internasional, Bisa Cegah Kanker! Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam. Tak heran apabila banyak obat-obatan herbal yang tercipta di Tanah Air bahkan hingga diekspor ke luar negeri. Salah satu herbal t...

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam. Tak heran apabila banyak obat-obatan herbal yang tercipta di Tanah Air bahkan hingga diekspor ke luar negeri. Salah satu herbal terkenal yang laris di pasar internasional merupakan temulawak.

Presiden Komisaris PT Soho Global Health, Eng Liang Tan, memaparkan saat ini Indonesia telah mengekspor banyak sekali produk herbal temulawak ke banyak negara. Beberapa diantaranya merupakan Brunei, Kamboja, Kamerun, Mauritius, Mongolia, Myanmar, Filipina, Sri Lanka, Timor Leste dan Vietnam.

Produk yang diekspor ialah herbal yang berbahan dasar temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) yang merupakan tanaman asli Indonesia. Terakhir kami mengirim sebanyak 49.187 boks dengan tujuan Kamboja. Kami berharap di masa depan temulawak ini bisa masuk ke China, terang Eng Lian saat ditemui Okezone di Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP, turut bangga dengan keberhasilan Indonesia dalam memperkenalkan herbal temulawak ke kancah internasional. Ia berharap Indonesia bisa lebih banyak mengeluarkan produk-produk yang value added (nilai tambah) dari keanekaragaman hayati Tanah Air seperti aneka herbal lainnya.

Produk-produk herbal atau berbahan dari alam sekarang menjadi prioritas utama pemerintah Indonesia. Kami mendorong produk-produk herbal untuk tidak hanya menjadi self care preventif (pencegahan secara alami), tapi juga bisa menjadi pengobatan, terang Penny.

Ketua BPOM

Sebagaimana diketahui, temulawak merupakan tanaman yang menghasilkan rimpang atau umbi akar. Tumbuhan ini mempunyai khasiat sebagai tumbuhan herbal atau obat. Tanaman asli Indonesia ini banyak hidup di dataran Maluku, Jawa, dan Kalimantan dan masuk ke dalam keluarga jahe-jahean.

Tentunya tanaman obat yang satu ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Merangkum dari banyak sekali sumber, Okezone akan membahasnya satu per satu. Berikut ulasannnya :

1. Membantu masalah pencernaan

Temulawak bisa merangsang kinerja empedu untuk membantu meningkatkan sistem pencernaan. Herbal ini bisa mengatasi gangguan pencernaan, kembung serta timbunan gas dan dispepsia.

Selanjutnya

Comments