5 Keuntungan Timnas Indonesia Setelah Shayne Pattynama Resmi Dinaturalisasi, No.1 Bisa Perkaya Strategi

Sepakbola

Sports / Sepakbola

5 Keuntungan Timnas Indonesia Setelah Shayne Pattynama Resmi Dinaturalisasi, No.1 Bisa Perkaya Strategi

5 Keuntungan Timnas Indonesia Setelah Shayne Pattynama Resmi Dinaturalisasi, No.1 Bisa Perkaya Strategi

KEPONEWS.COM - 5 Keuntungan Timnas Indonesia Setelah Shayne Pattynama Resmi Dinaturalisasi, No.1 Bisa Perkaya Strategi Shayne Pattynama resmi dinaturalisasi setelah menjalani sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI) pada Selasa (24/1/2023). Kehadiran pemain berdarah Belanda itu dinilai bakal menguntungkan Timnas In...

Shayne Pattynama resmi dinaturalisasi setelah menjalani sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI) pada Selasa (24/1/2023). Kehadiran pemain berdarah Belanda itu dinilai bakal menguntungkan Timnas Indonesia.

Shayne Pattynama menjalani sumpah sebagai WNI di kantor wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), Jakarta. Tahap itu sekaligus menandai rampungnya proses naturalisasi yang telah berjalan semenjak tahun lalu.

Pemain Viking FK berusia 24 tahun itu kini menyusul dua pemain keturunan lain yang sudah merampungkan naturalisasi di era kepelatihan Shin Tae-yong.

Pesepak bola Shayne Pattynama (kiri) menjabat tangan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta, Selasa (24/1/2023). Atlet berdarah Maluku yang kini bermain di klub di Liga Norwegia, Viking FK tersebut diharapkan PSSI dapat menjadi andalan baru Timnas Indonesia dalam Piala Asia 2023. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.Pesepak bola Shayne Pattynama (kiri) menjabat tangan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta, Selasa (24/1/2023). Atlet berdarah Maluku yang kini bermain di klub di Liga Norwegia, Viking FK tersebut diharapkan PSSI dapat menjadi andalan baru Timnas Indonesia dalam Piala Asia 2023. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Sebelumnya, dua pemain keturunan adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah merampungkan proses naturalisasinya semenjak tahun lalu. Nama terakhir bahkan sudah menjalani debut bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Ini Alasan Shayne Pattynama Berani Ambil Sumpah Masuk Warga Negara Indonesia, Impian Piala Dunia

Terkini, Shayne masih harus mengurus beberapa berkas dan persyaratan sebelum bisa memperkuat Timnas Indonesia. Selain pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), bek yang mempunyai darah Indonesia dari ayahnya itu harus menjalani pemindahan federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Setidaknya, terdapat lima keuntungan yang akan didapat Timnas Indonesia selepas resminya Shayne Pattynama menjadi WNI. Apa saja? Simak selengkapnya.

1. Multiposisi

Pemain naturalisasi, Shayne Pattynama saat unjuk skill. (Twitter/@Amrullah_acho)Pemain naturalisasi, Shayne Pattynama saat unjuk skill. (Twitter/@Amrullah_acho)

Shayne Pattynama merupakan pesepak bola yang bisa bermain di lebih dari satu posisi. Selain bek sayap kiri, dia juga bisa ditempatkan sebagai gelandang tengah sebagaimana data Transfermarkt.

Sepanjang kariernya, Shayne tercatat telah menempati delapan posisi berbeda dengan bek kiri dan gelandang tengah jadi yang terbanyak dia mainkan.

Sah Jadi WNI, Shayne Pattynama Mau Bikin Tato Bendera Indonesia

Di luar itu, dia juga bisa ditempatkan sebagai gelandang kiri, gelandang bertahan, gelandang serang, winger kiri bahkan bek kanan.

Comments