5 Keunikan Penggunaan Twitter di Indonesia

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

5 Keunikan Penggunaan Twitter di Indonesia

5 Keunikan Penggunaan Twitter di Indonesia

KEPONEWS.COM - 5 Keunikan Penggunaan Twitter di Indonesia 1. Twitter sebagai sumber inspirasi Dengan sifat pengguna Twitter yang influensial dan reseptif terhadap hal baru, konten bermanfaat dan unik akan selalu menarik untuk disimak. Keberanian seseorang...

1. Twitter sebagai sumber inspirasi

Dengan sifat pengguna Twitter yang influensial dan reseptif terhadap hal baru, konten bermanfaat dan unik akan selalu menarik untuk disimak. Keberanian seseorang untuk memulai wirausaha yang akhirnya berbuah kesuksesan, misalnya, menjadi sumber inspirasi bagi pengguna Twitter lainnya. Salah satu konten inspirasional yang terdapat di Twitter merupakan kisah usaha Dara Prayoga (@daraprayoga) dari zero to hero yang ia ceritakan dengan membuat sebuah utas atau thread.

berawal dari jadi waiter cafe

sekarang alhamdulillah CEO perusahaan sendiri

a thread -

oka (@daraprayoga_) June 10, 2020

2. Sebagai tempat membuatkan perihal keahlian tertentu dan melakukan edukasi

Wahyu Ichwandardi (@pinotski), yang lebih akrab dengan panggilan Pinot , seorang ilustrator Indonesia yang telah terkenal diseluruh dunia, memakai Twitter untuk mengedukasi pengikutnya. Selain menunjukkan karya seni terbarunya, Pinot juga sering membuatkan ilmu dan tips terkait desain grafis dan animasi serta menyemangati audiens untuk berani menciptakan sebuah karya seni. Baru-baru ini, misalnya, ia menyebarkan ilmu perihal banyak sekali teknik tracing memakai proyektor video.

Tracing pakai proyektor video yg ditembakkan dari atas. Nggambar frame by frame pakai china marker di atas plastik OHP pic.twitter.com/JAotlB7NJq

Pinot (@pinotski) June 23, 2020

3. Tempat menemukan kegemaran baru

Sebagai sosmed berbasis minat, pengguna Twitter selalu mengikuti perkembangan terkini untuk hal-hal yang menjadi kegemaran mereka. Bagi mereka yang hobi memasak, Tastemade Indonesia (@tastemadeid) mengunggah banyak sekali resep praktis mulai dari comfort food hingga resep eksperimental. Pengguna dapat selalu menemukan inspirasi terkait hidangan sehari-hari yang bisa dimasak dengan mudah.

Makanan berkuah gini paling enak disantap pas masih hangat. Setuju kan? pic.twitter.com/Vth1PoxrlG

Tastemade Indonesia (@tastemadeid) June 23, 2020

Bagi pengguna Twitter yang mempunyai minat khusus terhadap gaming, Abuget (@abugetdotcom) merupakan salah satu akun yang bisa dijadikan sumber referensi. Selain menemukan gosip terbaru wacana game yang akan dirilis, pengguna juga bisa membuatkan keseruan dengan audiens gaming lainnya.

Tony Hawk s Pro Skater 1 and 2 announcement trailerpic.twitter.com/Vb9b07Ko7c

+P = #ABUGET (@abugetdotcom) May 13, 2020

Selain memasak dan gaming, pengguna Twitter juga dapat menemukan minat baru lainnya melalui konten-konten menarik sesuai preferensi mereka dengan memakai fasilitas Topik untuk topik-topik percakapan terkini. Fasilitas Topik dapat dipelajari lebih lanjut melalui Pusat Bantuan Twitter.

4. Mewujudkan inisiatif sosial virtual menjadi nyata

Pandemi COVID-19 memunculkan banyak inisiatif sosial di Twitter dan tidak sedikit pula yang kemudian berujung pada aksi nyata. Beberapa waktu lalu, Budhi Hermanto (@budhihermanto), seorang Direktur di Klinik Adhiwarga PKBI di D.I. Yogyakarta, berinisiatif mengumpulkan para penjahit rumahan secara sukarela untuk membuat Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis. Inisiatif ini dilakukan untuk menghadapi masalah kekurangan ADP yang sempat dihadapi D.I. Yogyakarta.

Ada 4 kelompok penjahit yg siap bikin APD untuk paramedis, ada 5 kelompok pengrajin yg sdg dan siap bikin pelindung wajah. Semoga dimudahkan. Pagi ini saya agak melo, dikabari byk hal baik begini.

Budhi Hermanto (@budhihermanto) March 23, 2020

5. Twitter sebagai referensi audiens untuk beragam topik

Selain keempat hal di atas, Twitter juga menjadi tempat audiens untuk mencari referensi soal film, wisata, dan konten-konten lucu. Beberapa akun yang membahas film dan serial TV antara lain merupakan Cenayang Film (@CenayangFilm) dan Netflix Indonesia (@NetflixID). Keduanya menjadi favorit karena cara interaksi yang unik dan kreatif dengan pengikut mereka dan juga rekomendasi tepercaya berupa sinopsis film dan serial, hingga meme yang mengundang gelak tawa.

Series yang penggemar barunya berasa paling pinter dan suka nyelain series lain ini akan tayang sabtu depan pic.twitter.com/92BDVu3Zol

Cenayang Film (@CenayangFilm) June 21, 2020

Melihat foto-foto pemain It's Okay to Not Be Okay ini. Lalu aku ngaca. Lalu aku tau kenapa aku ialah seorang admin sosmed, bukannya aktor K-Drama pic.twitter.com/4dVtObzHjW

Netflix Indonesia (@NetflixID) June 23, 2020

Selain membahas film, topik wisata juga ramai dibicarakan di Twitter dengan semakin antusiasnya audiens merancang perjalanan mereka ketika sudah tiba saatnya bepergian. Sebagai referensi, salah satu e-commerce terbesar Indonesia, Traveloka (@traveloka), selalu memberikan konten-konten sahih yang menginspirasi untuk mempersiapkan bucket list destinasi perjalanan yang dapat dikunjungi di masa yang akan datang.

Beach club paling wajib dikunjungi saat bisa jalan-jalan lagi ke Bali, suasana greece dengan view pantai yang cantik bikin chill abis!

Caf del Mar, Bali. pic.twitter.com/uoFWcdkiat

Traveloka Indonesia (@traveloka) June 6, 2020 5 Keunikan Penggunaan Twitter di Indonesia

Comments