5 Kelebihan Samboja Kaltim yang Jadi Kandidat Kuat Calon Ibu Kota Baru

Nasional

News / Nasional

5 Kelebihan Samboja Kaltim yang Jadi Kandidat Kuat Calon Ibu Kota Baru

5 Kelebihan Samboja Kaltim yang Jadi Kandidat Kuat Calon Ibu Kota Baru

KEPONEWS.COM - 5 Kelebihan Samboja Kaltim yang Jadi Kandidat Kuat Calon Ibu Kota Baru TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN Sebuah penanda milik Badan Berita Geospasial (BIG) Republik Indonesia berada di daerah RT 5 Kampung Sinjai, Kelurahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara,...
5 Kelebihan Samboja Kaltim yang Jadi Kandidat Kuat Calon Ibu Kota Baru

TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN

Sebuah penanda milik Badan Berita Geospasial (BIG) Republik Indonesia berada di daerah RT 5 Kampung Sinjai, Kelurahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Rabu (31/7). Penanda untuk foto udara yang biasa digunakan BIG RI untuk pemetaan sebuah daerah ini sempat diyakini oleh warga daerah tersebut sebagai patok wilayah pembangunan Pusat Pemerintah RI yang akan diputuskan oleh Presiden Jokowi pada Agustus mendatang TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN

Nama Kecamatan Samboja mendadak populer karena dikaitkan dengan lokasi ibu kota baru Indonesia.

Namun sebenarnya apa saja kelebihan Kecamatan Samboja yang terletak di Kalimatan Timur sehingga masuk dalam daftar calon kandidat ibu kota baru.

Berikut TribunWow.com rangkum pada Jumat (23/8/2019), lima kelebihan Kecamatan Samboja, sebagai ibu kota baru Indonesia.

1. Aman dari Bencana Alam

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro pernah menuturkan bahwa wilayah Kalimantan Timur aman karena bukan merupakan jalur bencana, dikutip dari Kompas.com.

Dari peta potensi bencana, wilayah Kalimantan sendiri berada di warna hijau yang relatif aman dari bencana.

Berbeda dengan Pulau Jawa, Sulawesi bahkan Papua yang masuk ke dalam zona merah.

"Akhirnya kita memutuskan dari peta strategis merupakan Kalimantan, karena risiko gempa kecil yang ada bencana asap kebakaran hutan, itu pun hanya beberapa area lahan gambut," kata Bambang di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

2. Mempunyai wilayah yang Luas

Kalimatan Timur mempunyai lahan deliniasi yang luas adalah 180.000 hektar, dengan lahan potensial mencapai 85.000 hektar, seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Comments