5 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Berat Badan Bertambah

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Berat Badan Bertambah

5 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Berat Badan Bertambah

KEPONEWS.COM - 5 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Berat Badan Bertambah Diet akan gagal kalau beberapa kebiasaan ini masih Anda lakukan sehari - hari (Depositphotos) Ketika Anda berencana menurunkan berat badan, kebanyakan akan lebih fokus menyingkirkan beberapa jenis mak...

Diet akan gagal kalau beberapa kebiasaan ini masih Anda lakukan sehari - hari (Depositphotos)

Ketika Anda berencana menurunkan berat badan, kebanyakan akan lebih fokus menyingkirkan beberapa jenis makanan yang biasa dikonsumsi. Namun ternyata ini saja tidak cukup, bila beberapa kebiasaan masih Anda lakukan.

Seperti dikatakan Susan Peirce Thompson, Ph.D, Presiden Institute for Sustainable Weight Loss, bahwa kesalahan umum yang cenderung dilakukan ialah memulai hari dengan kebiasaan yang salah.

"Kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat mereka mencoba menurunkan berat badan merupakan memulai hari mereka dengan awal yang salah," kata Susan Peirce Thompson, Ph.D.

Berikut beberapa kebiasaan harian yang berpengaruh pada program penurunan berat badan Anda, seperti dilansir Womenshealthmagazine, Rabu (8/11).

1. Kurang tidur

Kita semua pernah mendengar bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan, ini karena kadar hormon perangsang nafsu makan kortisol di tubuh bertambah. Sebaliknya, jikalau terlalu banyak tidur mungkin tidak akan lebih baik juga.

Sebuah studi pada jurnal PLOS One menemukan bahwa tidur lebih dari 10 jam semalam dapat meningkatkan risiko berat badan ideal lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidur tujuh sampai sembilan jam semalam.

2. Tidak membiarkan sinar matahari masuk

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, jikalau Anda membiarkan kerai ditutup setelah bangun, Anda bisa kehilangan manfaat penurunan berat badan dari sinar matahari.

Penulis penelitian menyarankan bahwa orang yang mendapat sinar matahari di pagi hari memiliki berat tubuh ideal yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak mendapatkan sinar matahari, terlepas dari seberapa banyak mereka makan.

Menurut penelitian, hanya 20 sampai 30 menit sinar matahari masuk untuk mempengaruhi berat tubuh ideal Anda, bahkan saat mendung.

Itu karena tubuh anda menyinkronkan jam internal anda termasuk metabolisme serta pembakaran kalori dengan menggunakan gelombang cahaya biru dari matahari pagi.

3. Tidak merapikan tempat tidur

Survei National Sleep Foundation menemukan bahwa merapikan tempat tidur, dapat membuat Anda lebih nyenyak tidur dibandingkan mereka yang tidak merapikan tempat tidurnya.

Tidur nyenyak berkaitan dengan berat badan yang lebih rendah. Menurut Charles Duhigg, penulis The Power of Habit, merapikan tempat tidur di pagi hari dapat menelurkan perilaku baik lainnya, seperti mengemas makan siang sehat.

4. Tidak menimbang berat badan

Riset di Universitas Cornell melacak 162 wanita dan pria yang kelebihan berat badan selama dua tahun. Mereka menemukan bahwa orang yang menimbang berat badan mereka setiap hari lebih berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Menurut Lisa Jones, R.D., juru bicara Akademi Nutrisi dan Dietetics Pennsylvania, waktu terbaik untuk menimbang berat badan ialah di pagi hari, saat berat badan Anda berada pada titik terendah.

5. Sarapan sedikit

Riset dari Universitas Tel Aviv menemukan bahwa pelaku diet rendah kalori mengonsumsi sarapan seimbang dengan kandungan 600 kalori yang terdiri dari protein tanpa lemak, karbohidrat, dan sedikit makanan manis. Sarapan seimbang, dapat mengurangi tingkat kelaparan dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan rendah kalori atau sarapan dengan kandungan 300 kalori.

(ki / wida)

Comments