5 Jenis Makanan yang Khas dengan Perayaan Imlek

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

5 Jenis Makanan yang Khas dengan Perayaan Imlek

5 Jenis Makanan yang Khas dengan Perayaan Imlek

KEPONEWS.COM - 5 Jenis Makanan yang Khas dengan Perayaan Imlek ADA banyak hidangan spesial yang disajikan selama Perayaan Imlek. Setiap hidangan memiliki makna tersendiri yang dipercaya dapat memberikan aura positif di tahun yang akan datang.Dilansir dari La Week...

ADA banyak hidangan spesial yang disajikan selama Perayaan Imlek. Setiap hidangan memiliki makna tersendiri yang dipercaya dapat memberikan aura positif di tahun yang akan datang.

Dilansir dari La Weekly, Selasa (25/1/2017), berikut 5 jenis makanan perayaan Imlek dengan maknanya masing-masing.

Kudapan manis beras (nian gao)

Tradisi menyantap kudapan manis beras sebetulnya sudah berlangsung semenjak 3000 tahun silam. Kudapan manis beras atau nian gao, memiliki makna peningkatan kesejahteraan dari tahun ke tahun. Selain itu, kudapan manis beras juga menandakan awal panen padi di musim semi. Kudapan manis ini tersedia dalam dua varian rasa yakni, gurih dan manis.

Daging ayam (jia qin)

Selain kudapan manis beras, daging ayam juga merupakan salah satu hidangan yang wajib disajikan ketika Perayaan Imlek. Teknik pengolahannya pun tidak sembarangan, daging ayam harus disajikan secara utuh dari kepala hingga kaki. Hidangan ini biasanya diolah melalui proses marinasi selama tiga jam, lalu digoreng sebelum dibaluri bumbu rempah-rempah.

Buah-buahan (shui guo)

Perayaan Imlek ternyata juga identik dengan buah-buahan segar, khususnya jeruk mandarin. Dalam dialek Teochew, 'jeruk' atau 'ju' berbunyi 'ji' yang berarti beruntung. Jadi jangan heran jikalau Anda melihat begitu banyak jeruk mandarin di banyak sekali toko swalayan.

Mi panjang (mian tiao)

Dalam tradisi Tionghoa, menyantap mi atau miswa di Hari Raya Imlek, dipercaya dapat memberikan umur yang panjang. Di Taiwan, hidangan ini biasanya diolah menggunakan adonan gandum tipis, lalu direbus berbarengan dengan kaldu ayam.

Pangsit (jiao zhi)

Hidangan ini biasanya disantap menjelang tengah malam. Menyantap pangsit merupakan tradisi yang telah dilakukan semenjak Dinasti Ming dan Qing. Ada sebuah kepercayaan yang mengatakan bahwa, semakin banyak pangsit yang Anda santap, semakin banyak pula rezeki yang akan mendatangi Anda.

5 Jenis Makanan yang Khas dengan Perayaan Imlek

Comments