5 Jalur kereta api terindah di Indonesia, ada yang di tepi danau

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

5 Jalur kereta api terindah di Indonesia, ada yang di tepi danau

5 Jalur kereta api terindah di Indonesia, ada yang di tepi danau

KEPONEWS.COM - 5 Jalur kereta api terindah di Indonesia, ada yang di tepi danau Kereta api merupakan salah satu alat transportasi yang digemari masyarakat, tak terkecuali di Indonesia. Harga tiketnya yang cukup terjangkau dan bebas macet menjadi alasan kereta api selalu menjadi p...

Kereta api merupakan salah satu alat transportasi yang digemari masyarakat, tak terkecuali di Indonesia. Harga tiketnya yang cukup terjangkau dan bebas macet menjadi alasan kereta api selalu menjadi pilihan kala bepergian ke suatu tempat. Indonesia sendiri telah mempunyai jaringan jalur kereta api semenjak zaman kolonial yang mengitari Pulau Jawa dan Sumatera.

Selain karena bebas macet dan tiketnya cukup terjangkau, ada alasan lain yang membuat mereka lebih memilih naik kereta api daripada harus naik transportasi lainnya, adalah pengalaman yang bisa didapat selama perjalanan. Salah satu pengalaman yang didapat ketika naik kereta api ialah dapat menikmati pemandangan di sepanjang jalur kereta. Di Indonesia, pemandangan jalur kereta api sangat beragam, mulai dari area persawahan, perbukitan, sungai, area pantai, hingga pemandangan tepi danau.

Dihimpun dari banyak sekali sumber, merangkum jalur kereta api terindah di Indonesia pada Sabtu (20/4) berikut ini.

1. Jalur kereta api Danau Singkarak.

jalur kereta api terindah © 2019

foto: wikipedia.org

Jalur kereta api Danau Singkarak di Sumatera Barat ialah jalur yang diperuntukkan untuk kereta api wisata dengan rute Solok-Sawahlunto-Batubabal dan sebaliknya. Berada di tepi danau, jalur kereta api ini menunjukkan pemandangan Danau Singkarak dan hamparan perbukitan yang indah. Namun, kereta api wisata di sana tidak beroperasi secara reguler. Pengoperasiannya kini hanya dilakukan apabila bila disewa secara khusus.

2. Jalur kereta api Ambarawa.

jalur kereta api terindah © 2019

foto: Instagram/@yosefdianpr

Sama seperti jalur Danau Singkarak, jalur kereta api Ambarawa di Ungaran, Jawa Tengah juga merupakan jalur kereta api wisata. Dengan menaiki kereta api uap jadul, kamu akan disuguhi pemandangan hamparan rawa pening yang luas. Selain itu, sampan-sampan para petani eceng gondok menambah syahdu pemandangan di sepanjang perjalanan. Hingga kini, kereta api wisata ini masih beroperasi di tiap akhir pekan atau hari libur.

3. Jalur kereta api Jakarta-Bandung.

jalur kereta api terindah © 2019

foto: Instagram/@railfans_padalarang1415

Jalur kereta api di Jawa Barat memberikan pemandangan yang eksotis. Bagaimana tidak, jalur seperti Jakarta-Bandung membelah perbukitan dan dataran tinggi di tanah Sunda. Di jalur ini kamu bakal sering melewati jembatan-jembatan panjang nan tinggi, memasuki terowongan, hingga membelah lembah di sela-sela perbukitan. Tentunya, pemandangan itu akan bisa kamu nikmati di pagi, siang atau sore hari. Untuk mendapatkan pemandangan jalur kereta api di Jawa Barat, kamu bisa menaiki kereta api Argo Parahyangan rute Jakarta-Bandung.

4. Jalur kereta api pantai utara Jawa.

jalur kereta api terindah © 2019

foto: Instagram/@anjarwicaksono

Jalur kereta api di sepanjang pantai utara Jawa memberikan pemandangan pesisir pantai yang indah. Jalur ini melintasi melintasi tepi pantai dengan jarak yang sangat dekat sehingga deburan ombak bisa terlihat dalam perjalanan. Kereta yang melintasi jalur ini antara lain ialah kereta Argo Anggrek yang melayani rute Surabaya Pasar Turi-Jakarta. Karena keindahannya, jalur kereta api pantai utara Jawa sering dijadikan tempat hunting foto para pecinta kereta api.

5. Jalur kereta api Kutoarjo-Solo.

jalur kereta api terindah © 2019

foto: Instagram/@wisnu_adika

Jalur kereta api sepanjang Kutoarjo Jawa Tengah menuju Solo melewati Yogyakarta menunjukkan pemandangan hamparan sawah yang asri nan indah. Selain itu kamu akan melewati beberapa jembatan yang melintasi sungai besar seperi jembatan Progo dan Bogowonto. Jalur ini bisa kamu nikmati dengan kereta api Prambanan Ekspress.

Recommended By Editor

Comments