5 Investasi Raksasa China di Amerika Serikat

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

5 Investasi Raksasa China di Amerika Serikat

5 Investasi Raksasa China di Amerika Serikat

KEPONEWS.COM - 5 Investasi Raksasa China di Amerika Serikat JAKARTA - Perlambatan ekonomi global memaksa para investor untuk mencari tempat berinvestasi baru. Salah satu investor yang saat ini gencar berinvestasi di berbagai negara adalah China.Di lansir oleh...
Loading...

JAKARTA - Perlambatan ekonomi global memaksa para investor untuk mencari tempat berinvestasi baru. Salah satu investor yang saat ini gencar berinvestasi di berbagai negara adalah China.

Di lansir oleh Mergermarket, total investasi China ke Amerika Serikat (AS) tahun ini sebesar USD51,09 miliar melalui 65 tempat. Kenaikan investasi ini mencapai 360% dibandingkan tahun lalu ketika China berinvestasi USD11,7 miliar. Dari semua investasi China yang masuk akuisisi di AS tahun ini naik 12% dibanding 2015 lalu yang hanya 2%.

BERITA REKOMENDASI


Peningkatan pesat yang dicapai oleh China membuat beberapa anggota Parlemen khawatir. Tahun lalu, 150 anggota kongres dari partai Republik dan Demokrat telah menulis surat kepada Departemen Keuangan dan mendesaknya untuk meningkatkan kewenangan Komite Investasi Asing di AS.

Forbes merilis daftar lima perusahaan China yang telah melakukan kesepakatan bisnis dengan Amerika pada tahun ini.

1. Anbang Insurance dengan Strategic Hotels and Resort seharga USD6,5 Miliar

Salah satu perusahaan asuransi terbesar di China, Anbang Insurance Group melakukan akuisisi dengan Strategic Hotels and Resort dengan harga USD6,5 miliar pada September lalu. Transaksi yang dilakukan termasuk 15 properti dan JW Marriot Essex House di New York dan Four Seasons di Washington.

2. HNA Tourism Group dengan Hilton Worldwide seharga USD6,49 Miliar

Konglomerat HNA China setuju untuk membayar ekuitas perusahaan swasta Blackstone Group dengan harga USD6,49 Miliar untuk 25% saham di Hilton. Langkah ini merupakan bagian dari upaya HNA untuk meningkatkan posisinya menjadi bisnis pariwisata global.

Kesepakatan ini membantu baik untuk HNA dan Hilton untuk mengembangkan bisnis pariwisata yang berkembang pesat baik di China maupun di seluruh dunia.

Berbasis di Hainan, HNA dibangun pada 1993 sebagai sebuah maskapai penerbangan regional, dan saat ini menjadi salah satu perusahaan pariwisata terbesar di China dengan hampir 2.000 hotel.

Selain pariwisata, HNA juga memiliki kepentingan dalam bidang logistik dan jasa keuangan. Saat ini, HNA Menguasai 550 pesawat, 13 bandara dan sekitar 60 kapal.

3. Tianjin Tianhai dengan Ingram Micro seharga USD6,07 Miliar

Kesepakatan antara Tiangjin Tianhai dengan Ingram Micro menandai pengambilan alih terbesar perusahaan teknologi AS oleh China. Kesepakatan yang pertama kali diumumkan pada Februari lalu akhirnya selesai dan membuahkan hasil yang manis bagi China pada Desember ini setelah melalui hambatan regulasi baik di AS dan China sendiri.

4. Qingdao Haier Co dengan GE Appliance seharga USD5,6 Miliar

Haier resmi menjadi bagian dari GE Appliance sejak Juni 2016. GE memberikan kesempatan bagi China untuk meningkatkan kehadirannya di pasar bisnis AS. Meskipun di China Haier sebuah perusahaan besar tetapi ia membutuhkan perjuangan besar untuk masuk ke pasar dagang AS.

Haier sebelumnya telah mencoba untuk membeli GE Appliance pada 2008 lalu tetapi gagal karena tidak mencapai kesepakatan harga. Haier juga pernah membuat tawaran untuk Maytag pada 2004 tapi gagal karena kalah dari Whirlpool.

5.Dalian Wanda Group dengan Legendary Entertainment seharga USD3,5 Miliar

Konglomerat asal China Dahlian Wanda telah mengakuisisi perusahaan Legendary Entertainment AS sebesar USD3,5 miliar. Kesepakatan itu memberikan hak kepada Wanda Group untuk film-film populer mereka seperti, Dark Knight, Inception, Jurassic World dan Straight Outta Compton.

Film pertama hasil kaloborasi mereka adalah film The Great Wall yang dibintangi oleh Matt Damon baru-baru ini telah dirilis di China dan akan dirilis Februari 2017 di AS.

Loading...
5 Investasi Raksasa China di Amerika Serikat
Loading...

Comments