5 Hewan Endemik Papua yang Hampir Punah! Yuk Dilestarikan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

5 Hewan Endemik Papua yang Hampir Punah! Yuk Dilestarikan

5 Hewan Endemik Papua yang Hampir Punah! Yuk Dilestarikan

KEPONEWS.COM - 5 Hewan Endemik Papua yang Hampir Punah! Yuk Dilestarikan Kalo kita ngomongin hewan endemik yang unik-unik di Indonesia ya gak salah lagi cuma di Papua tempatnya. Endemik merupakan salah satu istilah untuk sebutan peristiwa yang menjadi unik pada salah satu...

Kalo kita ngomongin hewan endemik yang unik-unik di Indonesia ya gak salah lagi cuma di Papua tempatnya. Endemik merupakan salah satu istilah untuk sebutan peristiwa yang menjadi unik pada salah satu lokasi geografi tertentu, seperti pulau, negara, atau zona ekologi tertentu. Bisa dikatakan Endemik suatu organisme harus ditemukan hanya di suatu tempat dan ngga ada di tempat manapun.

1. Kasuari Gelambir Satu

hewan endemik papua

Sumber: ikrami-nuruliman.blogspot.com

Kasuari Gelambir Satu (Casarius Unappendiculatus) yang cuma hidup di Timur Indonesia yaitu Papua. Hewan ini termasuk ke dalam golongan Fruktifora atau hewan pemakan buah-buahan. Burung ini memiliki paruh dan sepasang indera pendengaran, dan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur.

2. Cendrawasih Merah

hewan endemik papua

Sumber: mahessa83.blogspot.com

Endemik Cendrawasih Merah ini juga cuma bisa lo temuin di hutan dataran rendah pulau Waigeo dan Batanta di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Adanya Cendrawasih Merah ini bermula dari poligami spesies. Burung jantan memikat pasangan dengan ritual tarian yang memamerkan bulu-bulu hiasanya. Setelah kopulasi, burung jantan meninggalkan betina dan mulai mencari pasangan lain. sedih yaaa.

3. Hiu Karpet Berbintik

hewan endemik papua

Sumber: ennymamito.com

Hiu ini memiliki tempat asal di laut dangkal dengan terumbu karang, pasir dan rumput laut yang lebat dan kondisi itu biasanya digunakan oleh Hiu Karpet Berbintik sebagai tempat untuk berkamuflase atau melindungi diri.

Kekayaan bawah laut Raja Ampat bersembunyi suatu spesies yang disebut "Penguasa Bayangan" perairan Raja Ampat, yaa itu ialah Hiu Karpet (Hemiscyllium Freycineti).

4. Nuri Sayap Hitam

hewan endemik papua

Sumber: manug-abang.blogspot.com

Burung ini mempunyai bulu berwarna merah cerah, bercak ungu di sekitar indera pendengaran, paruh merah kekuningan, punggung hitam dan mempunyai iris mata berwarma merah.

Nuri sayap hitam atau Nuri merah-biak, dalam nama ilmiah disebut Eos Cyanogenia. Nuri sayap hitam cuma bisa ditemuin di tempat asal hutan pesisier pulau Biak dan pulau-pulau di Teluk Cendrawasih.

5. Kangguru Pohon Mantel Emas

hewan endemik papua

Sumber: dampangsalenrang.blogspot.com

Jenis bintang ini memiliki rambut-rambut halusnya yang pendek berwarna coklat muda dan leher, pipi, kakinya berwarna kekuningan.

Kangguru Pohon Mantel Emas atau Dendrolagus Pulcherrimus ialah sejenis kangguru pohon yang bisa di dapat cuma di hutan pegunungan pulau Irian.

Itu belom seberapa dari Hewan Endemik yang Papua miliki, karena masih banyak lagi. Ini sebagian dari endemik yang sudah punah dan hampir punah.

Maka dari itu kita kudu melestarikan nya, dengan apa? yaa lo share di Media Sosial kalian kalo hewan-hewan endemik ini udah hampir punah. Jadi gak cuma warga Papua yang melestarikannya, tapi kita juga ikut serta, karena kita bagian dari mereka.

Comments