5 Gaya Hidup yang Menurunkan Kualitas Sperma

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Gaya Hidup yang Menurunkan Kualitas Sperma

5 Gaya Hidup yang Menurunkan Kualitas Sperma

KEPONEWS.COM - 5 Gaya Hidup yang Menurunkan Kualitas Sperma Jakarta, Kualitas sperma merupakan salah satu faktor penting bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki anak. Kualitas sperma jelek bisa membuat peluang kehamilan turun, dan risiko infertilitas men...
Jakarta, Kualitas sperma merupakan salah satu faktor penting bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki anak. Kualitas sperma jelek bisa membuat peluang kehamilan turun, dan risiko infertilitas meningkat.

Pakar mengatakan setidaknya ada 5 gaya hidup pria modern yang tanpa disadari dapat menurunkan kualitas sperma. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Berat badan berlebih

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Endocrine Society menyebut pria dengan berat badan berlebih memiliki kualitas sperma yang lebih rendah. Hal ini karena kadar lemak dalam tubuh seseorang memengaruhi proses pembentukan sperma yang menurunkan kualitasnya.

2. Sering lembur

Sebuah penelitian yang dilakukan National Institutes of Health (NIH) dan Stanford University mengungkapkan pria yang sering kerja lembur memiliki kualitas sperma yang buruk. Pria yang sering lembur memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi dan menurunkan kualitas sperma.

3. Jarang makan buah dan sayur

Pola makan dengan diet yang tidak seimbang, dengan sedikit buah dan sayur membuat sperma kekurangan kandungan nutrisi baik yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitasnya.

Pola makan yang tidak sehat juga berpengaruh pada kualitas sperma.Pola makan yang tidak sehat juga berpengaruh pada kualitas sperma. Foto: Ilustrasi/thinkstock

4. Konsumsi daging olahan

Studi yang dilakukan oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan adanya hubungan antara konsumsi daging olahan seperti sosis, bacon dan daging kalengan dengan infertilitas pada pria. Pria yang doyan mengonsumsi makanan-makanan tersebut lebih sulit mendapatkan kehamilan.

5. Merokok

Merokok dapat merusak konsentrasi sperma dan membuatnya lebih encer. Konsentrasi sperma sendiri merupakan sperma yang ditemukan dalam sejumlah air mani. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang merokok mengalami penurunan konsentrasi sperma sebanyak 23 persen.

(mrs/up)


Comments

loading...