5 Film Aamir Khan paling inspiratif, telah mengubah hidup banyak orang

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

5 Film Aamir Khan paling inspiratif, telah mengubah hidup banyak orang

5 Film Aamir Khan paling inspiratif, telah mengubah hidup banyak orang

KEPONEWS.COM - 5 Film Aamir Khan paling inspiratif, telah mengubah hidup banyak orang Bagi penikmat sinema Bollywood, tentu nama Aamir Khan bukan lah hal yang asing lagi. Aktor senior Bollywood ini memang telah banyak menorehkan prestasinya lewat film, baik yang dimainkan maupun yang d...

Bagi penikmat sinema Bollywood, tentu nama Aamir Khan bukan lah hal yang asing lagi. Aktor senior Bollywood ini memang telah banyak menorehkan prestasinya lewat film, baik yang dimainkan maupun yang dibuatnya.

Pemilik nama asli Mohammed Aamir Hussain Khan ini tak cuma menjadi aktor, ia bahkan seorang produser, sutradara dan juga host acara televisi.

Berbicara wacana akting, tak perlu diragukan lagi bagaimana aktor 52 tahun ini memukau para penonton. Suami dari Kiran Rao ini bahkan menjadi satu-satunya aktor yang dikenal di Taiwan berkat film-filmnya yang menginspirasi.

Ya, Aamir Khan memang lebih sering membintangi film yang tetap mempertahankan budaya India daripada ala Hollywood. Bahkan film-filmnya itu banyak yang menyentil isu sosial yang tumbuh di India.

Penasaran film apa saja? Berikut 5 film Aamir Khan paling inspiratif yang rangkum dari banyak sekali sumber, Sabtu (30/12). Kamu wajib nonton nih!

1. Lagaan

foto: theasiancinemablog.com

Film yang dirilis pada tahun 2002 silam ini menuai tanggapan bagus dari kritikus film luar negeri. Bahkan, film ini juga ikut bersaing di Piala Oscar. Ya, meskipun Lagaan gagal membawa pulang piala namun film ini tetap memenangkan hati para penonton.

Film ini berkisah wacana sekelompok anak India pada tahun 1863 yang tengah memperjuangkan tanah mereka dari penjajahan Inggris. Saat itu, Kerajaan Inggris mematok pajak tanah di India dengan nilai yang mahal. Kondisi tanah tersebut yang mengalami kekeringan, tentu saja warga sulit menghasilkan uang.

Seorang perwira Inggris pun menantang anak-anak muda India yang salah satunya ada Aamir Khan untuk bertanding kriket. Jikalau pihak Inggris kalah, maka pajak seluruh wilayah akan dihapuskan. Ya, demi memperjuangkan tanahnya, anak-anak muda ini berani melawan penjajah dengan bermain kriket.

2. 3 Idiots

foto: pinterest.com

Film satu ini memang benar-benar terkenal diseluruh dunia dan tentu saja menandakan kalau karier Aamir Khan di Bollywood semakin melejit. Meski saat bermain di 3 Idiots usianya sudah menginjak 44 tahun, namun aktor satu ini masih terlihat pantas menjadi anak kuliahan lho.

Film ini memang mengkritik budaya pendidikan yang kacau di India. Bercerita perihal 3 mahasiswa teknik di salah satu universitas ternama di India. Tiga mahasiswa ini ternyata memiliki cerita tersendiri mengapa memilih menempuh pendidikan di kampus itu.

Ada yang karena paksaan orangtua, ada yang karena himpitan ekonomi keluarga dan ingin memperbaiki serta ada yang karena memang suka belajar. Dari kisah 3 mahasiswa ini ternyata bisa membuat hati penonton ikut berkecamuk bagaimana pendidikan telah mengubah sudut pandang kita.

3. Taare Zameen Par

foto: gaana.com

Selain 3 Idiots, film ini juga akan membuat kamu banjir air mata setelah menontonnya. Film yang juga berjudul 'Like Stars on Earth' dalam bahasa Inggris ini menceritakan Aamir Khan sebagai guru. Aamir Khan yang berprofesi sebagai guru mencari cara agara salah satu muridnya yang terlihat nakal, pemalas dan bodoh serta seperti tak memiliki masa depan menjadi berubah.

Ternyata, muridnya itu bukan seperti yang orang-orang pikir. Murid yang dikira pemalas, nakal dan bodoh itu ternyata mengidap Disleksia, susah mengenali dan membedakan huruf. Padahal anak tersebut harus mendapatkan pendidikan yang berbeda pula, tak bisa disamakan dengan memasukkannya ke sekolah biasa.

Dari situlah Aamir Khan sadar untuk membantu muridnya tersebut. Usaha Aamir Khan sebagai guru di film ini, lagi-lagi menyentil sistem pendidikan di India yang dinilai kacau. Selain itu film ini sarat akan pesan moral untuk banyak orang, terutama orangtua dalam memperhatikan anak-anaknya yang memiliki kemampuan dan bakatnya masing-masing.

4. PK

foto: laraibmusic.com

Film Aamir Khan selanjutnya yang sukses masuk dalam nominasi Best Actor ialah PK. PK ialah film yang mengandung nilai filosofis tinggi, namun menuai banyak protes dari kelompok-kelompok gama yang disinggung dalam film. Munculnya kontroversi ternyata tak bisa menahan laju kesuksesan film ini. Bahkan PK dinobatkan sebagai film India terlaris sepanjang masa.

Film ini memiliki kisah yang unik di mana wacana alien yang tersesat di Bumi dan tanpa sengaja menghilangkan alat komunikasinya dengan bangsanya. Yang akan terjadi kehilangan alat tersebut, alien yang diperankan oleh Aamir Khan ini tak bisa kembali ke planetnya dan mau tak mau tersesat di Bumi.

Alien tersebut lalu mencari alat komunikasinya kepada setiap orang yang ditemui, dan semua orang menjawab tanyakan pada Tuhan. Ia pun mencari sosok Tuhan yang disebut orang-orang dengan cara yang lucu, unik dan menyentil. Alien itu bahkan mengikuti prosesi ibadah dari agama apapun demi menemukan alat komunikasinya.

5. Dangal

foto: Twitter/@aamir_khan

Dalam film ini, Aamir Khan berperan sebagai pegulat bernama Mahavir Singh Phogat. Cerita film ini sebenarnya sangat sederhana namun dibalut dengan akting yang juara. Dangal menceritakan wacana keputusan anak dari Mahavir yang ingin menjadi pegulat seperti ayahnya.

Tentu saja film ini menyuarakan keperkasaan seorang pegulat berjenis kelamin perempuan di tengah kultur India di mana perempuan merupakan manusia kelas dua yang kerap disalahkan. Dalam film ini juga, Aamir Khan menyentil budaya India yang kerap memandang lemah seorang perempuan dengan menunjukkan keperkasaannya sebagai pegulat yang biasanya dilakukan oleh laki-laki.

(ton)

Comments