5 Fakta Sains Sederhana Ini Bisa Mengejutkan Banyak Siswa Sekolah

Unik

Ragam / Unik

5 Fakta Sains Sederhana Ini Bisa Mengejutkan Banyak Siswa Sekolah

5 Fakta Sains Sederhana Ini Bisa Mengejutkan Banyak Siswa Sekolah

KEPONEWS.COM - 5 Fakta Sains Sederhana Ini Bisa Mengejutkan Banyak Siswa Sekolah Ada banyak fakta di dunia ini yang para siswa sekolah belum tahu bila hanya belajar dari buku sesuai kurikulum mereka. Kadang infomasi-informasi seperti itu sebenarnya ada, tapi cukup tersembunyi dan...


Ada banyak fakta di dunia ini yang para siswa sekolah belum tahu bila hanya belajar dari buku sesuai kurikulum mereka. Kadang infomasi-informasi seperti itu sebenarnya ada, tapi cukup tersembunyi dan gak dibahas mendalam. Sehingga ketika dilihat ulang, cukup bisa mengejutkan. Berikut merupakan 5 fakta sains sederhana yang bisa mengejutkan kamu bahkan anak yang masih sekolah!

1. Dilema di luar angkasa.


Selama bertahun-tahun, banyak film fiksi sains Hollywood meyakinkan kita bahwa keluar dari kapal luar angkasa tanpa baju khusus akan membuat tubuh kita rusan dan meledak . Namun kenyataannya gak seperti itu. Kamu mungkin memang akan merasa gak nyaman dengan mengembangnya udara di dalam tubuhmu secara tiba-tiba, tapi bukan berarti kamu akan meledak menjadi beberapa bagian. Memang benar bahwa cairan akan bergemuruh di dalam ruang kedap udara, tapi sistem sirkulasi di dalam tubuh kita akan menjaga darah kita tetap di bawah tekanan. Luar angkasa memang dinginnya ekstrim, tapi bukan berarti kamu akan kehilangan panas tubuh dengan sangat cepat. Sebenarnya yang membuatmu terbunuh di luar angkasa terkait reaksi tubuh itu hanya karena kekurangan oksigen.

2. Bayi punya jumlah tulang lebih banyak dari kita yang sedang membaca ini.


Gak banyak orang yang tahu wacana fakta ini. Ukuran bayi memang lebih kecil dari kita, tapi yang perlu kamu tahu ialah bayi dilahirkan dengan 300 tulang lebih banyak daripada kita, tulang-tulang tersebut dibatasi tulang rawan di antaranya. Ini akan membuat bayi dengan lebih mudah dilahirkan karena tulangnya lebih fleksibel. Tulang-tulang tambahan ini membuat bayi bertumbuh besar dalam kecepatan luar biasa. Seiring bertambah besar, tulang-tulang tersebut bergabung menjadi satu, jadi hanya berjumlah 206 macam yang membentuk kerangka manusia dewasa.

3. Menara Eiffel bisa menjadi lebih tinggi sepanjang 15cm di musim panas.


Berlokasi di salah satu kota paling romantis di dunia, menara Eiffel ialah simbol Perancis dan menjadi salah satu struktur buatan manusia paling ikonik di dunia. Menara ini juga merupakan monumen paling banyak dikunjungi di dunia. Namun tahukah kamu bahwa menara ini bisa bertambah tinggi 15cm di musim pana? Ya, fenomena ini nyata dan bisa dijelaskan secara ilmiah. Ketika logam dipanaskan, partikel-partikelnya akan menjadi lebih besar dan berpindah tempat. Situasi ini disebut ekspansi thermal (thermal expansion). Sama halnya ketika temperaturnya menurun, maka partikel-partikelnya akan kembali seperti semula. Inilah alasan kenapa struktur besar seperti jembatan atau menara Eiffel bisa mengembang dan menyusut kembali karena perubahan temperatur.

4. Kamera inframerah hampir gak bisa mendeteksi beruang kutub.


Beruang kutub ialah salah satu daftar hewan di daftar terancam punah di bumi. Mamalia besar ini mulai menghilang dari tempat asal alaminya yang akan terjadi konflik dengan manusia. Beruang kutub memiliki kemampuan untuk mengatur panas tubuhnya dan menjadikannya gak terdeteksi oleh kamera-kamera thermal (kamera penangkap suhu). Mamalia ini bisa tetap hangat karena lapisan tebal lemak yang melapisi di bawah kulitnya beserta bulu yang tebal. Beruang kutub bisa bertahan hidup bahkan di cuaca yang paling dingin di bumi.

5. Asam lambung di dalam tubuh kita bisa melarutkan besi.


Tubuh manusia memang didesain kompleks untuk bisa menyelesaikan masalah tiap individu. Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk melakukan proses yang gak terpikirkan, seperti bagaimana lambung kita bisa mencerna makanan karena asam hydrochloric-nya sangat sangat korosif dengan level pH 2-3. Asam ini juga bisa menyerang perbatasan lambungmu, karenanya lambung akan melindungi dirinya sendiri dengan memproduksi cairan alkali bikarbornat. Dinding dan batasan lambung akan selalu berganti secara kontinyu, ia akan memperbarui dirinya sendiri setiap 4 hari sekali.
week.watch

Masih banyak lagi fakta-fakta ilmiah yang gak mendalam diajarkan di bangku sekolah. Apakah kamu tahu fakta ilmiah lain yang kebanyakan orang gak tahu? Share di kolom komentar ya. Hitung-hitung termasuk membuatkan ilmu dengan pembaca yang lain.

Comments