5 Fakta Menarik Sunat Perempuan, Nomor 3 Bikin Ngilu

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

5 Fakta Menarik Sunat Perempuan, Nomor 3 Bikin Ngilu

5 Fakta Menarik Sunat Perempuan, Nomor 3 Bikin Ngilu

KEPONEWS.COM - 5 Fakta Menarik Sunat Perempuan, Nomor 3 Bikin Ngilu Masih galau untuk melakukan sunat pada anak perempuan, terlepas dari agama yang memang mengatakan bahwa itu merupakan hal baik untuk dilakukan? Perlu Anda ketahui bahwa sunat memiliki beberapa manfaat...

Masih galau untuk melakukan sunat pada anak perempuan, terlepas dari agama yang memang mengatakan bahwa itu merupakan hal baik untuk dilakukan?

Perlu Anda ketahui bahwa sunat memiliki beberapa manfaat, salah satunya merupakan ketika anak sudah menikah nanti. Ada pula beberapa fakta menarik perihal sunat perempuan yang banyak belum diketahui orang . Berikut ini lima di antaranya.

Usia

Ada orang yang mengatakan, waktu sunat anak perempuan ialah di usia mumayyiz (7-10 tahun). Tapi sebagian ulama berpendapat bahwa sunat sebaiknya dilakukan sedini mungkin, dari bayi hingga sebelum baligh.

"Karena aurat vital dan aurat wanita hanya boleh dilihat orang lain dalam keadaan darurat. Kalau masih kecil boleh," kata Ustz Aini Aryani, LC saat ditemui baru-baru ini.

Singkat

Hanya lima menit waktu yang diharapkan untuk melakukan sunat pada perempuan. Metodenya juga sangat mudah tanpa pendarahan.

Ilustrasi bayi menangis.

Digunting

"Ada sebagian kulit penutup klitoris agak gondrong, digunting sedikit, habis itu jaringan terluka sedikit, tidak perlu penjahitan, hanya ditekan kasa, pendarahan berhenti," kata dr. Valleria, SpOG ditemui di kesempatan yang sama.

Dilakukan profesional

Sunat perempuan tidak akan menyakiti kalau dilakukan oleh profesional. Salah satunya yang dipercaya merupakan rumah sunat dr. Mahdian, selain petugas yang melakukan sunat profesional, tapi juga dilakukan oleh perempuan juga.

Selain itu, beberapa rumah sakit biasanya atas permintaan orangtua bayi, juga melakukan sunat perempuan yang dilakukan oleh perawat atau bidan.

Pernah masuk kurikulum

Percaya atau tidak, ternyata sunat perempuan pernah masuk ke dalam kurikulum keperawatan di era tahun 1970. Kini tidak diketahui secara pasti apakah hal tersebut masih diajarkan atau tidak. (ren)

Comments