5 Fakta Menarik Pulau Natal, Letaknya Dekat Indonesia tapi Milik Australia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

5 Fakta Menarik Pulau Natal, Letaknya Dekat Indonesia tapi Milik Australia

5 Fakta Menarik Pulau Natal, Letaknya Dekat Indonesia tapi Milik Australia

KEPONEWS.COM - 5 Fakta Menarik Pulau Natal, Letaknya Dekat Indonesia tapi Milik Australia PULAU Natal atau Christmas Islands letaknya sangat dekat dengan Indonesia, tapi sesungguhnya pulau ini milik Australia. Saking dekatnya, Pulau Natal bisa diakses dalam 1 jam penerbangan dengan pesawat...

PULAU Natal atau Christmas Islands letaknya sangat dekat dengan Indonesia, tapi sesungguhnya pulau ini milik Australia. Saking dekatnya, Pulau Natal bisa diakses dalam 1 jam penerbangan dengan pesawat dari Jakarta.

Secara geografis, Pulau Natal berada di Samudera Hindia, sekitar 224 mil atau 360 kilometer arah selatan Pulau Jawa dan 1.400 kilometer barat laut Australia. Meski dekat dengan Jawa, Pulau Natal masuk wilayah teritorial Australia.

Daftar Pelanggaran Kristen Gray hingga Diusir dari Indonesia

Ini karena sebelum Indonesia merdeka, Pulau Natal dikuasai Jepang. Kemudian setelah Jepang takluk dari pasukan Sekutu, pulau ini dikuasai Inggris. Usai Perang Dunia II, Inggris menyerahkan Pulau Natal ke Australia sebagai negara persemakmuran (Commonwealth Country) untuk menjaga.

Populasi masyarakat Pulau Christmas banyak etnis Melayu, Tionghoa dan Australia. Jadi, tak heran kalau di sini juga banyak ditemui orang Indonesia.

Berikut fakta-fakta menarik Pulau Natal dirangkum dari laman christmas.net.au :

1. Sejarah Jadi Milik Australia

Semasa Perang Dunia I dan II, Pulau Natal dijadikan sebagai pangkalan militer tentara sekutu terutama Inggris, untuk menghadapi Jepang yang semakin luas mengekspansi wilayah jajahannya.

Jepang kemudian takluk dari tentara sekutu setelah bom atom meluluhlantakkan Kota Hiroshima dan Nagasaki pada 1945.

ilustrasi

Pulau Natal (Instagram @christmasisland)

Setelah Perang Dunia II, Inggris kemudian menyerahkan pulau ini ke Australia untuk menjaganya. Australia merupakan bekas wilayah jajahan Inggris atau dikenal sebagai negara persemakmurannya.

Saat ini, Australia masih menggunakannya untuk kepentingan militer, yang di dalamnya terdapat Inggris dan AS yang bisa memakai akses pulau ini dengan leluasa.

2. Tempat Migrasi Kepiting Merah Terbesar

Kepiting merah Pulau Natal yang paling menonjol dari 14 spesies kepiting darat yang ditemukan di Pulau Christmas. Diperkirakan 40-50 juta dari kepiting darat berwarna merah cerah hidup di tempat teduh pilihan mereka di seluruh pulau omo.

5 Patung Buddha Tidur Punya Indonesia, Nomor 4 Terbesar Ketiga di Dunia

Pengunjung bisa melihat migrasi kepiting merah ini di akhir bulan November dan Desember. Untuk tanggalnya sekitar tanggal 28-30.

ilustrasi

Kepiting merah di Pulau Natal (Instagram @christmasisland)

Pemijahan bisa terjadi pada hari di kedua sisi tanggal ini juga. Migrasi biasanya akan dimulai sekitar 4-5 minggu sebelum tanggal pemijahan ini dan dipicu oleh hujan yang sesuai. Tulis laman pariwisata Pulau Natal

3. Spot Scuba Diving Terbaik

Pulau Christmas memberikan pengalaman scuba diving atau selam skuba terbaik di Australia. Pulau ini punya beberapa spot diving dan termasuk yang terpanjang di dunia.

Pengalaman scuba diving di Pulau Natal terasa sangat spektakuler karena mempunyai karang tinggi yang menjulang belum tersentuh, ratusan spesies ikan tropis, lumba-lumba, whaleshark, air jernih yang hangat.

Pesisir utara menunjukkan beberapa karang yang paling murni di dunia seperti Acropora dan karang lempeng yang menjadi tuan rumah bagi banyak sekali spesies tropis kecil seperti ikan ahli bedah, wrasse, ikan kupu-kupu, ikan gobi, anemon, belut, dan banyak lainnya.

Comments